Mon. Aug 8th, 2022

Siapa sangka bahwa tekanan darah yang terlalu tinggi maupun terlalu rendah merupakah salah satu penyebab kematian yang cukup banyak di dunia. Berdasarkan data yang terkumpul terdapat lebih dari 1 miliar kasus tentang darah tinggi maupun darah rendah ini. Hal ini disebabkan di berbagi Negara kesadaran masyarakatnya akan pengecekan tekanan darah rutin masih sangat minim, akibatnya sering ditemukan kasus yang tida terdeteksi.

Maka dari itu penting untuk kita mengetahui tentang tekanan darah dan juga keadaan fisik kita. Sudah selayaknya kita melakukan pengecekan rutin terhadap kesehatan tubuh kita, salah satunya rutin mengecek tekanan darah tersebut. Nantinya jika kita rutin melakukan pengecekan darah maka kita bisa terhindar dari penyakit – penyakit serius lainnya.

Selain itu rutin melakukan pengecekan tekanan darah rutin kita pun harus mengetahui tekanan darah normal berdasarkan usia. Sehingga kita bisa menghindari hal – hal yang memicu tekanan darah kita berada diluar batas normal tekanan darah di usian kita. Karena semakin cepat kita mengantisipasinya maka semakin besar pula peluang kita untuk selalu sehat.

Berikut ini standar mengenai tekanan darah normal berdasarkan usia yang bisa dijadikan sebagai acuan.

  1. Tekanan darah normal pada usia anak dibawah 12 tahun

Pada anak berusia dibawah 12 tahun, penggoloan tekanan darah yang normal terbagi lagi menjadi 2 golongan, yaitu :

  • Anak dengan usia 3 – 5 tahun, anak di kisaran usia tersebut memiliki tekanan darah normal 95 – 110 mmHg untuk tekanan sistol dan 56 – 70 mmHG untuk diastol.
  • Anak dengan usia 6 – 12 tahun, anak di kisaran usia tersebut memiliki tekanan darah normal 97 – 112 mmHg untuk tekanan sistol dan 57 – 71 mmHg untuk tekanan diastol.

Biasanya jika terjadi tekanan darah yang abnormal pada anak maka sebaiknya segera menghubungi tenaga medis terdekat karena perawatan yang diberikan pada anak cenderung berbeda.

  1. Tekanan darah normal untuk usia remaja

Untuk remaja di kisaran usia 13 – 18 tahun tekanan darah normalnya berada di angka 112 – 128 mmHg untuk tekanan sistol dan 66 – 80 mmHg untuk tekanan diastol. Biasanya tekanan darah pada remaja lebih bervariasi karena pada remaja tekanan darah juga dipengaruhi dengan beberapa faktor lainnya

  1. Tekanan darah normal untuk usia dewasa

Untuk orang dewasa yang berusia mulai dari 18 tahun keatas memiliki tekanan darah normal yang berada di kisaran 90/60 mmH sampai dengan 120/80 mmHg. Jika tekanan darah orang dewasa masih dalam kisaran seperti itu maka tekanan darah masih dianggap normal.

Tekanan darah pada orang dewasa juga bisa bervariasi tergantung dengan keadaan dan juga yang dilakukan juga tingkat emosional yang sedang dirasakan. Biasanya orang dewasa yang sedang mengandung tekanan darah akan lebih cenderung menurun. Jika hal ini terjadi sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter

  1. Tekanan darah normal untuk usia lanjut

Biasanya pada orang yang berusia lanjut tekanan darahnya akan cenderung lebih tinggi yaitu ada di sekitar 150/90 mmHg. Penyebab mengapa tekanan darah dari lansia cenderung lebih tinggi tersebut karena biasanya darah pada lansia cenderung lebih kaku, sehingga pada lansia kerja jantung dipaksa harus bekerja lebih ekstra untuk bisa memompa darah ke seluruh tubuh.

Itulah penggolan tekanan darah yang normal berdasarkan usia yang harus diperhatikan dan dijadikan acun untuk mengukur tingkat kesehatan tubuh. Jadi untuk anda yang merasa tekanan darahnya berada di atas atau dibawah batas normal maka segera konsultasikan dengan dokter terkait.

 

 

By sartika