Thu. Sep 29th, 2022

Inilah Water Heater Listrik Terbaik

 

 

Electric Storage Water heater adalah sebuah alat yang digunakan untuk memanaskan air yang menggunakan energi listrik sebagai sumber panasnya. Pemanas air listrik jenis ini juga menggunakan tangki sebagai tempat menyimpan air panas sebelum digunakan. Water heater jenis ini biasanya diletakkan pada bagian luar kamar mandi.

Apa aman jika menggunakan Water Heater Listrik?

Dari berbagai bentuk segi untuk keamanan, water heater listrik tentu saja akan memunculkan resiko terjadinya korsleting pada listrik dan itu juga pasti akan membuat para penggunanya tersetrum. Kesalahan teknik yang terjadi pada pemasangan, kerusakan alat, dan sampai keteledoran kita bisa menjadi salah satu pemicunya.

Bagaimanakah cara untuk memilih water heater listrik?

Tips Memilih Water Heater yang Tepat

  1. Jumlah penghuni. hal pertama yang perlu harus dipertimbangkan yaitu dengan memperhatikan jumlah penghuni di dalam rumah.
  2. Pertimbangkan juga daya listrik. Perhatikan dahulu kapasitas listrik pada rumah anda.
  3. Keamanan dan juga perawatan perlu diperhatikan. Masalah sistem pada keamanan harus perlu juga diperhitungkan dengan seksama.

Apakah Pemanas Air Boros Listrik?

Penggunaan water heater ternyata lebih hemat tak semua water heater itu memiliki ukuran watt yang besar dan juga boros listrik. Contohnya saja, water heater yang berkapasitas 30 liter, seperti Ariston Slim, itu saja hanya membutuhkan 350 watt saja. Anda dan sekeluarga pun bisa mandi dengan sepuasnya tanpa perlu khawatir dengan tagihan listrik yang akan membengkak.

Cara Memasang Water Heater yang Benar

Ada dua hal penting yang harus kamu diperhatikan pada saat ingin memasang water heater. Pertama adalah susunan pipa di kamar mandi dan ada juga yang kedua adalah lokasinya. Umumnya pada water heater memang di pasang di sekitar shower atau juga pada kran utama di kamar mandi. Setelah itu, tembok juga harus dibongkar terlebih dahulu untuk melihat susunan pipa tersebut. Dari situ kamu akan bisa lrbih mudah menentukan bagaimana alur yang yang bisa digunakan. Sebab, juga harus ada pipa yang sudah dipotong untuk mengakomodir masuknya air ke dalam water heater. Setelah semua sudah selesai dengan mudah bisa kamu pilih keluaran air yang panas atau tidak panas, seperti kran dan  shower pada umumnya. 

Kenapa Water Heater Bisa Menyetrum?

water heater yang menyetrum bisa jadi faktornya dikarenakan heaternya (pemanas) bocor karena terbuat dari tembaga. Kebocoran yang terjadi biasanya juga karena termakan usia sehingga heater tembaga tersebut jika terkena air akan menyetrum.

Apakah water heater bisa meledak?

Tangki pada air panas atau water heater dengan tangki di tempat anda tanpa adanya perawatan yang tepat akan berpotensi mengalami kerusakkan atau bahkan juga akan meledak jika terjadi kenaikan pada suhu yang tidak terkontrol.

Cara Kerja Water Heater Listrik

  1. Komponen yang paling utama pada alat ini adalah elemen pada pemanas listrik yang terletak di bagian atas danjuga pada bagian bawah tangki.
  2. Saat air dingin masuk ke dalam tangki, elemen pemanasnya akan mulai bekerja dengan  memanaskan air dalam tangki sampai mencapai suhu yang sudah dikehendaki.
  3. Ketika suhu air dalam tangki sudah mulai turun, kedua elemen pemanas ini akan bekerja kembali memanaskan air sampai mencapai suhu yang telah di setting.
  4. Dengan demikian suhu air yang ada di dalam tangki selalu terjaga dan akan selalu tersedia pada setiap dibutuhkan.

Tips Memilih Water Heater

Setelah kamu mengetahui merek apa saja yang sudah direkomendasikan, tentunya kamu juga harus mengetahui bagaimana cara untuk memilih produk yang berkalitas bagus dan tepercaya. Berikut ini cara yang perlu kamu ketahui dalam memilih water heater.

1. Kenali jenisnya terlebih dahulu

Terdapat ada 3 jenis pemanas air yang harus kamu diketahui terlebih dahulu yakni pemanas air gas, listrik, dan surya.

Pada setiap jenisnya tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk pemanas air listrik dan gas tergolong memiliki tingkat konsumsi daya yang cukup tinggi dan sangat merepotkan ketika pada sumber tenaganya tiba-tiba putus atau juga habis.

Sementara itu, untuk pemanas air tenaga surya memiliki harga yang lumayan mahal dan bisa juga terkendala oleh cuaca. Oleh sebab itu, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhanmu saja.

2. Pilih yang sesuai dengan kbutuhanmu terlebih dahulu

Fitur-fitur yang mungkin dapat menunjang pengaturan dengan bebas pada pemanas airmu:

-pengaturan suhu

-tekanan air

-konsumsi daya

Fitur-fitur di atas itu yang wajib ada jika kamu ingin mengatur penggunaan air panas sesuai dengan kebutuhan kamu sendiri.

 

Itulah beberapa informasi mengenai water heater listrik terbaik. Jika Anda tertarik untuk memasang water heater listrik di rumah, Anda dapat memilih Handal Water Heater sebagai pilihan.