Unsur-Unsur Website

Website merupakan sekumpulan halaman yang terdiri dari beberapa laman yang berisi informasi dalam bentuk digital baik itu teks, gambar, animasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga dapat diakses dari seluruh dunia yang memiliki koneksi internet bagi jasa website bandung.

Berikut ini terdapat beberapa unsur-unsur website , yakni sebagai berikut:

 

1. Nama Domain

Domain merupakan alamat permanen situs di dunia internet untuk menandai situs atau dengan kata lain alamat yang dipakai untuk mendeteksi situs kita pada dunia internet.

Berikut beberapa bagain dari nama domain, antara lain:

 

Domain Generik

Domain Generik merupakan domain yang berakhiran dengan .Com .Net .Org .Edu .Mil atau .Gov. Sering disebut top level domain dan tidak berafiliasi berdasarkan negara, sehingga siapapun dapat mendaftar. Berikut contoh dari domain generik, antara lain:

.com: top level domain untuk kebutuhan komersil (commercial)

.mil: domain untuk kebutuhan militer (military)

.gov: domain untuk pemerintahan (government)

.edu: domain yang ditujukan untuk dunia pendidikan (education)

 

  • Domain Khusus Negara

Domain Khusus Negara merupakan domain yang berhubungan dengan dua huruf ekstensi dan sering juga disebut second level domain. Berikut contoh dari domain khusus negara, antara lain:

.co.id: Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah.

.ac.id: Untuk Lembaga Pendidikan

.or.id: Untuk segala macam organisasi yand tidak termasuk dalam kategori “ac.id”, “co.id”, “go.id”, “mil.id” dan lain

.go.id: Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia

.mil.id: Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia

.war.net.id: untuk industri warung internet di Indonesia

.sch.id: khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan seperti SD, SMP dan atau SMU

.web.id: Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di World Wide Web..org: domain untuk organisasi atau lembaga non profit (Organization).

 

  • Hosting

Hosting merupakan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di situs. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung besarnya hosting yang disewa atau dipunyai, semakin besar hosting semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dalam situs. Besarnya hosting ditentukan ruangan harddisk dengan ukuran MB (Mega Byte) atau GB (Giga Byte). Lama penyewaan hosting rata-rata dihitung per tahun. Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan-perusahaan penyewa web hosting yang banyak dijumpai baik di Indonesia maupun Luar Negeri.

 

  • Bahasa Program (Scripts)

Bahasa Program (Scripts) merupakan ahasa yang digunakan untuk menerjemahkan tiap perintah dalam situs ketika diakses. Jenis scripts sangat menentukan statis, dinamis atau interaktifnya sebuah situs. Semakin banyak ragam scripts yang digunakan maka akan terlihat situs semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus. Bagusnya situs dapat terlihat dengan tanggapan pengunjung serta frekwensi kunjungan.

 

  • Design Web

Sesudah melakukan penyewaan domain dan hosting serta penguasaan scripts, unsur situs yang paling penting dan utama adalah design. Design web sangat menentukan kualitas dan keindahan dan sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah website.

 

  • Konten Website

Konten Website adalah isi dari sebuah website. Tidak terdapatnya konten website, tentu tidak ada yang dipromosikan kepada pengguna dari website yang kita punya. Ibarat toko, website adalah toko yang kita punya dan konten website merupakan barang yang akan kita promo kepada konsumen.

 

2. Tahapan dalam Membangun Situs Website

 

Berikut ini terdapat empat tahapan dalam membangun sebuah situs website, yakni sebagai berikut:

 

1. Perancangan (Web Design)

Untuk membuat suatu website yang baik anda memerlukan perencanaan yang matang. Hal yang pertama anda lakukan adalah menentukan model perancangan Software. Ada baiknya jika anda sudah mengetahui cakupan website anda dan berapa lama waktu yang akan digunakan.

Sebelum anda membuat file HTML atau mendesign front-end anda membuat desain di kertas terlebih dahulu(Sketching). Hal ini akan memberikan gambaran semetara untuk anda bentuk website anda karena jika anda membuat langsung di HTML dikhawatirkan akan memakan waktu yang lama jika anda ingin mengubahnya.

Tentukanlah anda ingin membuat dengan front-end framework apa,dan dibangun berdasarkan php-framework atau javascript-framework. Ada baiknya anda menggunakan management software agar project anda berjalan dengan lancar.

 

2. Pemerograman Website (Web Programming)

Pemerograman website bisa dibilang proses yang sulit disini anda akan membuat website sesuai dengan desain dan jika anda diminta untuk membuat website yang responsive maka anda harus membuat beberapa desain. Sebagai programmer anda harus berhati-hati agar tidak melakukan kesalahan yang fatal lihat juga Kesalahan-kesalahan programmer.

3. Website Admin (Web Administration)

Website Admin sebenarnya banyak bagiannnya. Sebagai developer biasanya anda juga disuruh untuk menaruh atau mendaftarkan website anda di google analitik. namun ada juga yang meminta anda menambahkan widget facebook, baik itu fan page, like button,atau login menggunakan facebook. tidak hanya terbatas di facebook ada juga yang meminta menaruh link twitter, google+ dan sosial media lain.

4. Keamanan Website (Web Security)

Pada bagian ini adalah bagian yang bisa disebut tidak mudah namun tidak sulit juga. Pada bagian ini anda harus mengetahui hal-hal yang bisa merusak dan mensabotase website anda. Karena jika terjadi hal ini sangat membuat frustasi. Ada baiknya anda membackup website anda di harddisk atau didalam komputer lain secara berkala. Hal ini untuk meminimalisir kerusakan yang dihasilkan. Jadi anda dapat langsung menroll-back website anda.