Mon. Dec 5th, 2022

Mengembangkan diri adalah hal yang mutlak dilakukan jika menginginkan masa depan yang cerah. Tak bisa dipungkiri bahwa zaman terus berubah dan kita harus terus beradaptasi mengikutinya. Sinonim mengembangkan adalah meningkatkan. Jadi, dengan mengembangkan diri, kita sedang meningkatkan kualitas diri kita.  

Berlatih berbicara di depan umum

  • Latih diri untuk berkomunikasi dengan orang lain, termasuk di depan umum. Saat ini, banyak diskusi dan berbagai seminar yang dilaksanakan lewat media online. Tingkatkan kemampuan mempresentasikan ide-ide Anda melalui seminar atau diskusi secara virtual.

  • Berkonsultasi dengan teman atau keluarga Anda mengenai hal-hal penting yang perlu dipikirkan sebelum bertemu dengan orang lain (misalnya jika Anda akan bertemu dengan klien). Hal ini dapat mempermudah Anda menempatkan diri pada posisi terbaik dan menciptakan komitmen terhadap kontribusi yang Anda miliki

Kunjungi perpustakaan

Perpustakaan adalah tempat yang terbuka dan terbuka untuk menemukan apa yang anda butuhkan. Jika Anda sedang mencari informasi tentang kultur, masyarakat atau budaya, perpustakaan adalah tempat terbaik bagi Anda untuk mendapatkan panduan dan pengetahuan. Baca buku sebelum Anda ke sana!

Cari komunitas sesuai hobi

Hobi adalah salah satu cara untuk mengembangkan diri. Hobi bisa membuat kita menjadi lebih baik secara mental, fisik dan juga kerja sama. Contoh hobi yang bisa mengembangkan diri: sepakbola, dansa, lomba caleg dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara mendapatkan komunitasnya? Cukup dengan mencari di google misalnya “sepakbola Jakarta” atau bisa langsung ke lapangan pembelajaran seperti Academy Selebrity.

Kursus online

Kursus-kursus yang bisa ditempuh secara online juga akan membantu anda untuk mengembangkan diri. Cobalah untuk mengambil kursus dari perguruan tinggi terbaik di dunia.

Perbaiki kualitas hidup

  • Mengikuti seminar dan training yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, jagalah kesehatan, berolahraga secara rutin dan menjaga mental anda.

  • Jangan sekali-kali melakukan kegiatan membahayakan diri sendiri atau orang lain, seperti membakar diri atau menghancurkan fisiknya dengan cara tak terduga.

Cari pengalaman kerja

Cari pengalaman kerja yang sesuai kemampuanmu. Lalu ikuti wawancara kerja dengan baik dan benar. Wawancara kerja adalah cara untuk menunjukkan kepada perusahaan bahwa kita memiliki kompetensi yang diperlukan. Di sisi lain, siapkan pula surat lamaran kerja dan CV yang baik dengan melihat contoh CV di internet.

Konklusi

Tidak ada kata terlambat untuk mengembangkan diri. Ikuti tips di atas untuk mengembangkan diri demi masa depan.   

By roket