Tips Memilih Gitar Akustik Bagi Pemula

Mau bisa memainkan gitar? Sebaiknya Anda gunakan gitar akustik yang lebih mudah dimainkan. Gitar Akustik sendiri memiliki banyak jenis, Anda bisa gunakan tips dibawah ini untuk pemilihan gitar akustik yang benar bagi Anda pemula.

Tips Memilih Gitar Akustik Bagi Pemula

1. Tentukan Model Gitar Akustik yang Dipilih

Gitar akustik memiliki 2 tipe yaitu gitar klasik dan gitar biasa. Gitar akustik klasik memiliki senar dari nilon dengan ukuran yang besar. Sedangkan gitar akustik biasa memiliki senar string dengan suara yang dihasilkan lebih panjang dan nyaring.

Buat Anda pemula sebaiknya pilih gitar dengan senar string karena lebih mudah dimainkan, meskipun awalnya jari-jari anda akan terasa sakit saat memainkannya.

2. Tentukan Ukuran Gitar Akustik dengan Besar Tubuh Anda

Pilihlah gitar sesuai dengan tubuh Anda. Misalnya bila Anda memiliki tubuh yang kecil atau sedang sebaiknya pilih ukuran gitar yang tidak terlalu besar, begitupun sebaliknya. Produsen gitar membuat pilihan gitar sampai ukuran jumbo.

Baca Juga: chord gitar

3. Sesuaikan Harga dan Kualitas Gitar

Gitar yang berkualitas bukan berarti ditawarkan dengan harga yang mahal, pilihlah gitar yang memiliki spesifikasi mumpuni dan berkualitas namun ditawarkan dengan harga yang terjangkau.

4. Cobalah Mainkan Sebelum Membayar dan Dengarkan Suaranya

Sebelum Anda membayar gitar cobalah untuk mainkan dulu gitar akustik yang akan dibeli. Nilai utama sebuah alat musik adalah dari suaranya. Bila Anda merasa suara yang dihasilkan sudah pas, maka Anda tidak perlu khawatir lagi untuk membelinya.