Wed. Jan 19th, 2022

Apakah Anda mengendarai truk besar atau SUV?

Jenis kendaraan ini seringkali membutuhkan ban yang lebih besar dan lebih mahal. Sementara gaya yang lebih kecil mungkin lebih ekonomis, tampilan kendaraan Anda akan kurang sporty dan kasar.

Pada kendaraan yang lebih berat ini, penting untuk mengikuti spesifikasi pabrikan saat menentukan ukuran ban yang tepat untuk dibeli. Ada jenis ban khusus yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar truk dan SUV jika Anda khawatir dengan anggaran bahan bakar Anda.

Beberapa waktu lalu Halohonda.com juga membahas hal yang sama seputar ban mobil untuk kendaraan SUV dan beberapa juga kendaraan City Car

Jika Anda memiliki truk atau SUV, Anda mungkin ingin mempertimbangkan poin-poin berikut saat memilih set ban berikutnya.

  1. Ban yang Lebih Besar Memiliki Radius Rolling yang Lebih Besar Salah satu fitur terpenting dari ban yang lebih besar adalah diameternya yang meningkat.

Rata-rata diameter ban truk dan SUV 30% lebih besar dari ban penumpang standar. Apa signifikansi kenaikan 30% ini? Anda akan memiliki radius bergulir yang lebih besar.

Ban besar dengan diameter lebih besar memiliki luas permukaan yang lebih besar, yang berarti bahwa ban akan membutuhkan jarak yang lebih jauh untuk berhenti total.

  1. Lembut di Jalan Selalu pegang kemudi dengan kuat saat Anda mengemudi dengan ban yang lebih besar. Ini karena ban yang lebih besar cenderung lebih lembut di jalan, yang berarti ban tersebut tidak memberikan bantalan sebanyak ban kecil.

Akibatnya, kendaraan yang lebih besar terasa lebih berat bagi pengemudi dan penumpang. Anda juga harus memeriksa keselarasan kendaraan Anda secara teratur, karena ban yang lebih besar akan menyebabkan pelurusan Anda melayang. Saat keselarasan Anda mati, kendaraan Anda akan lebih bergetar, terutama saat Anda berbelok.

  1. Peningkatan Konsumsi Gas Saat Anda berkendara dengan ban yang lebih besar, mobil Anda akan menggunakan lebih banyak bahan bakar. Ini karena ban yang lebih besar memiliki diameter yang lebih besar, yang berarti lebih banyak energi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu putaran dan bergerak maju.

Ini akan menghasilkan jarak tempuh gas yang lebih rendah. Jika Anda harus berkendara dengan ban yang lebih besar, pastikan untuk menjaga interval servis secara teratur untuk memastikan bahwa semua komponen berfungsi dengan baik.

Mungkin juga membantu untuk mengemudi lebih lambat, karena ini akan mengurangi efek ban berdiameter lebih besar pada jarak tempuh bensin Anda.

  1. Pertahankan Tekanan yang Tepat Ban yang lebih besar ini perlu dipompa pada tekanan yang lebih tinggi. Direkomendasikan bahwa ban yang lebih besar harus dipompa ke tingkat tekanan yang direkomendasikan pabrikan.

Jika Anda tidak yakin dengan apa yang direkomendasikan oleh pabrikan, Anda harus membaca dinding samping ban Anda. Informasi ini akan dicantumkan di dinding samping. Anda tidak boleh memompa ban Anda di bawah tingkat tekanan yang disarankan

Sumber: https://www.halohonda.com/kelebihan-dan-kekurangan-ban-achilles

By Mister Jago

Anda akan belajar banyak hal melalui postingan kami ini. Jika ingin belajar lebih banyak, silahkan kunjungi https://medium.com/@seoelite