Tips Ampuh Menyimpan Paprika agar Tetap Segar

Paprika Hijau

Informasi mengenai bagaimana cara menyimpan paprika agar tetap segar dalam waktu yang cukup lama tentu dicari banyak orang. Mengingat tidak ada satupun yang suka melihat bahan makanannya terbuang sia-sia.

Paprika yang tidak tersimpan dengan baik akan berujung pada pembusukan secara alami. Mau tak mau, kamu pun terpaksa membuangnya begitu saja. Tentu ini sangat mubazir.

Nah, menyimpan paprika dengan benar tentu akan memperpanjang umurnya berhari-hari, bahkan bertahun-tahun. Itulah sebabnya kamu perlu mengetahui cara menyimpan paprika agar tetap segar, silakan simak di bawah ini, ya!

Memilih Paprika Terbaik

Sebelum mulai menyimpan paprika, pastikan kamu sudah memilih paprika yang tepat, yakni masih segar, tidak ada bintik hitam di permukaannya, dan memiliki tekstur yang keras.

Jika bingung bagaimana cara mendapatkan paprika terbaik, cobalah menengok ke situs Tanihub di tanihub.com. Di situ tersedia paprika segar dan bersih, yang diperoleh langsung dari petani Indonesia. Sehingga kamu pun tidak perlu lagi mengkhawatirkan kondisi paprika sebelum dan sesudah penyimpanan.

Bagaimana Cara Menyimpan Paprika?

Cara terbaik untuk menyimpan paprika agar tetap segar adalah dengan meletakkannya dalam lemari es. Masukkan saja paprika ke dalam kantong plastik lalu simpan di laci sayuran kulkasmu. Pastikan suhu laci tersebut terjaga antara 40-45 °F.

Kamu tidak perlu membersihkan paprika sebelum disimpan. Karena yang terpenting adalah menjaganya dalam kondisi air, mengingat air dapat mempercepat proses pembusukan.

Berapa Lama Paprika Bisa Bertahan?

Jika kamu menyimpan paprika pada suhu yang tepat, paprika akan bertahan selama 2 hingga 3 minggu. Paprika dengan tubuh ideal, di mana berdinding tebal dan masih utuh, dapat bertahan lebih lama ketimbang paprika berdinding tipis atau sudah dalam bentuk irisan atau potongan.

Apabila kamu menemukan ada tanda-tanda pembusukan pada paprika, entah itu bintik-bintik, noda, ataupun lainnya, bersegeralah untuk membuangnya. Lantaran paprika terbaik untuk memasak ialah yang masih segar.

Apa saja tanda paprika masih segar? Melansir Chili Pepper Madness, paprika segar ditunjukkan dari tubuh mengkilapnya dengan struktur yang kuat. Ditambah pula tidak ada kerutan atau perubahan warna sebelum disimpan.

Metode Acar

Cara menyimpan paprika lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan metode acar. Dengan cara ini, kamu akan mengawetkan paprika dalam toples atau wadah tertutup rapat lainnya, tentunya dengan merendamnya dalam air garam.

Potonglah paprika menjadi dua bagian lalu memasukkannya ke dalam toples. Tambahkan air secukupnya kemudian taburi dengan 1 sendok makan garam. Aduklah air tersebut hingga rata.

Tutup toples, lalu dinginkan.Saat siap digunakan, angkat paprika dan hilangkan garam.

Membekukan Paprika

Seperti tomat, paprika pun termasuk salah satu sayuran yang bisa kamu simpan dengan cara membekukannya. Caranya sangat sederhana, cukup memotong paprika hingga menjadi beberapa bagian, lalu taruh semuanya di dalam wadah.

Masukkan saja wadah tersebut ke dalam freezer. Tunggu hingga beberapa lama lalu keluarkanlah paprika dari dalam kulkas.

Bagaimana Cara Menyimpan Paprika yang Sudah Digoreng?

Mau tahu cara menyimpan paprika tanpa perlu menunggu lama? Cobalah memasak paprika setengah jadi lalu bekukan. Dengan catatan minyak yang digunakan tidak banyak, dan paprika dimasak hanya beberapa menit.

Berikutnya, taruhlah paprika sudah setengah jadi itu ke atas piring, tak lupa membungkusnya dalam kantong penyegel vakum. Lalu bekukan kurang lebih 1 jam atau sesuka hatimu.

Itulah beberapa cara menyimpan paprika agar tetap segar. Setelah dilihat-lihat, ternyata banyak sekali cara menyimpan paprika, yang bisa disesuaikan dengan preferensi seleramu. Semoga dengan ini kamu bisa membuat masakan untuk keluarga tanpa perlu ketakutan lagi, ya!