Thu. Sep 29th, 2022

Temukan Manfaat Bekerjasama Dengan Marketplace  Enabler Indonesia  Di era milenial saat ini, mayoritas masyarakat melakukan pembelian secara online. Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), aktivitas belanja online meningkat 400% selama pandemi. Oleh karena itu perlu dilakukan penyesuaian bagi pelaku bisnis offline untuk membuka usaha atau toko online. Namun untuk membangun sebuah bisnis online tidaklah mudah.

Hal-hal yang sering menjadi kendala dalam membuka bisnis online untuk pemula adalah sulitnya mendatangkan pelanggan di media sosial, manajemen stok yang tidak terstruktur, dan minim atau kurang keahlian dalam bidang pemasaran dan teknologi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Marketplace  Enabler hadir menjadi solusi bagi perkembangan bisnis online.

Marketplace  Enabler adalah layanan yang disediakan untuk membantu bisnis atau brand online dengan menggunakan strategi bisnis digital. Marketplace Enabler ini memberikan layanan mulai dari manajemen toko, pemasaran digital, gudang, hingga barang yang diterima pelanggan. Sehingga pemilik bisnis tidak perlu repot lagi untuk mengelola kebutuhan bisnisnya. Dengan demikian bisnis online dapat berkembang dan sesuai dengan target.

Manfaat Bekerjasama Dengan Marketplace Enabler Indonesia

Fokus pada Produksi

Sebagai produsen, kita pasti pernah dipusingkan dengan urusan produksi yang tak kalah banyaknya. Jika harus dipusingkan dengan urusan pemasaran dan penjualan, bisnis produksi malah bisa terabaikan. Kini, dengan menggandeng pihak ketiga yang lebih memahami seluk beluk berjualan melalui marketplace, kami bisa fokus pada urusan produksi. Masalah pemasaran dan penjualan di e-commerce, serahkan pada tim enabler. Bukankah itu lezat?

Peningkatan Branding Produk

Tim enabler merupakan orang-orang yang mempunyai kapasitas di bidangnya. Mereka sudah paham bagaimana alur kinerja di masing-masing marketplace, bagaimana membuat toko online dilirik konsumen dan menarik banyak pembeli. Tim enabler juga pasti tahu pasar seperti apa yang cocok untuk produk kita. Mereka akan menemukan kampanye pemasaran yang paling cocok, alhasil branding produk bisa meroket. Hmm, siap-siap kebanjiran order dan produksi barang lagi sobat.

Duduk Manis, Penjualan Laris

Sambil memantau proses produksi barang, kita bisa duduk manis melihat penjualan produk yang semakin laris. Hal ini karena tim enabler memiliki peran sebagai berikut:

Membuat Daftar Produk

Jika kita melakukannya sendiri, kita pasti lelah, bukan? Harus mengunggah produk satu per satu. Nah, tim enabler sudah memiliki sistem sendiri untuk listing produk. Bahkan tidak hanya ke marketplace, mereka juga akan mencantumkan produk ke webstore dan media sosial.

Membuat Toko Web

Selain memaksimalkan pemasaran dan penjualan melalui marketplace, Marketplace enabler juga biasanya menyediakan jasa pembuatan webstore. Tentunya hal ini sesuai dengan paket layanan yang kita pilih. Namun jika kita bisa memiliki webstore sendiri, tentunya channel penjualan produk bisa lebih beragam bukan?

Point of Sales (POS)

Asyiknya lagi, tim enabler biasanya sudah memiliki sistem Point of Sales (POS) untuk membantu para pelaku usaha dalam mengelola urusan tokonya. Biasanya POS ini disajikan dalam dashboard yang mudah dioperasikan.

Customer Service (CS)

Bagaimana jika ada kendala dalam proses pengelolaan toko online di marketplace? Ya, jangan bingung. Enabler sudah memiliki bagian Customer Service (CS) yang akan membantu menemukan solusi terbaik. Tentunya tidak merugikan kita sebagai pelaku usaha.

Manajemen CEM

CEM adalah Customer Engagement Management, yaitu bisnis yang meliputi;

·       mengingatkan penyelesaian pesanan,

·       mendorong pengikut untuk membeli,

·       menargetkan pelanggan lama.

Perbedaan Marketplace Enabler Enabler Dan Ecommerce

Ecommerce

E-commerce adalah segala jenis transaksi bisnis yang dilakukan secara online. Namun, tidak seperti Marketplace Enabler, e-commerce hanya menjual barang dari situs itu sendiri dan bukan dari berbagai penjual. Keuntungan utama yang dapat diperoleh dari bisnis e-commerce adalah Anda dapat melakukan bisnis secara fleksibel.

Selain itu, Anda juga dapat menjangkau target konsumen Anda secara lebih luas. Untuk sebuah produk, menjalankan e-commerce dapat membantu mengidentifikasi target konsumen dengan lebih mudah. Selain itu, biaya yang dibutuhkan untuk membuat situs e-commerce juga tidak terlalu mahal. Produk tidak perlu bersaing di Enabler Marketplace yang memiliki beragam produk lainnya. Nah, dengan cara ini Anda juga berpotensi mendapatkan margin yang lebih tinggi.

Marketplace Enabler

Sama-sama melakukan transaksi jual beli, ternyata Marketplace Enabler memiliki model bisnis yang berbeda. Dimana Marketplace Enabler adalah sebuah situs atau aplikasi yang menyediakan fasilitas belanja yang barangnya berasal dari penjual yang berbeda. Bisa dikatakan Marketplace Enabler hanyalah tempat para penjual bertemu dengan pembelinya. Selain sebagai tempat jual beli, Marketplace Enabler juga menjadi jembatan dalam hal transaksi.

Pastikan tidak ada unsur penipuan dalam kasus ini. Untuk mencegah unsur penipuan, umumnya Marketplace Enabler tidak akan mengirimkan dana yang sudah ditransfer oleh pembeli jika pembeli belum mengkonfirmasi barang sudah sampai. Jadi jika terjadi sesuatu, Marketplace Enabler akan lebih mudah mengembalikan uang kepada pembeli. Hal ini tentunya membuat Anda merasa aman dan nyaman bukan?

Nah, meski hanya tempat dan penjual tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun saat berjualan di situs atau aplikasi tersebut, Marketplace Enabler tetap bisa diuntungkan. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan memberikan fasilitas iklan berbayar kepada penjual. Dimana jika penjual ingin mengiklankan tokonya harus membayar biaya ke Marketplace Enabler. Marketplace Enabler sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yaitu, horizontal, vertikal, dan global.

Lantas, apa yang membuat ketiganya berbeda? Horizontal adalah jenis Marketplace Enabler yang berfokus pada satu jenis konsumen dan menawarkan banyak produk dari beberapa penjual. Sedangkan vertikal adalah Marketplace Enabler yang hanya menjual satu jenis barang dari beberapa penjual. Misalnya Marketplace Enabler untuk jam dan beberapa hal yang berhubungan dengan jam. Seperti tali jam tangan dan lain sebagainya.

Demikian ulasan tentang, 4 Keuntungan Menggunakan Marketplace Enabler. semoga bermanfaat.