Tata Krama Menikmati Wisata Kuliner di Jepang, Awas Jangan Salah !!

Menikmati kuliner Jepang seringkali jadi tidak benar satu agenda bagi mereka yang tengah berlibur ke Jepang. Nah, sebelum bersantap di restoran Jepang, tahukah kalian andaikata penduduk Jepang punyai etika makan yang dijunjung tinggi? Bila belum tahu, ada baiknya kalian laksanakan riset terutama dahulu jika tak menghendaki dianggap sebagai orang yang tidak sopan karena tidak menerapkan etika bersama benar. Berikut 4 aturan makan ala orang Jepang yang sanggup kalian praktikkan.

  1. Mulai bersama “Itadakimasu” dan Akhiri bersama “Gochisosama Deshita”

Di Jepang, sebelum seseorang mengawali makan, mereka akan mengucapkan kata “itadakimasu” yang artinya “selamat makan” sambil menangkupkan ke dua telapak tangan di dada.

 

Bagi penduduk Jepang, tradisi selanjutnya dijalankan sebagai wujud menerima kasih atau penghargaan kepada orang-orang yang udah menghidangkan makanan. Selesai makan, tak lupa mereka mengucapkan kata “Gochisosama” sebagai ucapan menerima kasih. Kalau kalian melakukannya di restoran Jepang, kalian akan menyaksikan senyuman ramah dari para staf.

 

  1. Gunakan Sumpit bersama Benar

Apakah kalian punyai tradisi menggosok sumpit saat akan menyantap makanan khas Jepang? Itu artinya kalian belum jelas bagaimana langkah gunakan sumpit bersama benar. Sebaiknya jauhi menggosok sumpit saat kalian singgah ke restoran Jepang karena hal selanjutnya berarti bahwa restoran selanjutnya punyai mutu yang buruk.

 

Selain itu, hati-hati saat menempatkan sumpit. Jangan dulu menempatkan sumpit di atas mangkok nasi karena hal selanjutnya dianggap tabu lantaran mengingatkan orang Jepang bersama kematian. Selesai makan, kalian sanggup menempatkan sumpit secara melintang di atas piring atau mangkuk.

 

  1. Budaya Saling Menuangkan Minuman dan Meneriakkan “Kanpai!” Sebelum Minum

Kalau kalian singgah bersama rekan atau rekan kerja ke sebuah restoran di Jepang untuk nikmati sake, usahakan untuk tidak menuangkan minuman ke gelas sendiri. Ya, penduduk Jepang punyai tradisi saling menuangkan minuman kepada lawan bicara.

 

Setelah memperoleh bagian minuman, tunggulah sampai rekan minum kalian memperoleh jatahnya supaya sanggup mengawali bersama-sama. Selanjutnya, kalian sanggup saling menyentuhkan gelas bersama rekan kalian sambil meneriakkan “Kanpai!” yang artinya “Bersulang!”.

 

  1. Habiskan Makanan yang kalian Pesan

kalian kemungkinan dulu pergi ke tempat tinggal makan, sesudah itu tidak sanggup menggunakan makanan karena udah kenyang dan makanan yang dipesan terlampau banyak. Bila kalian pergi ke restoran di Jepang, ada baiknya kalian tidak laksanakan hal selanjutnya karena akan dianggap tidak sopan dan boros. Oleh karena itu, pesanlah secara bijak. Pilih makanan yang andaikata sanggup kalian habiskan.

 

Itulah 4 tradisi makan orang Jepang yang sanggup kalian terapkan saat bersantap di restoran Jepang. Oh iya, selain 4 etika di atas, ada juga aturan makan yang lebih khusus untuk sebagian menu makanan Jepang seperti sushi, sukiyaki, sabu-sabu, apalagi saat makan nasi sekalipun.