Tue. Nov 29th, 2022

Niat, Doa dan Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid Yang Benar

Ketika wanita haid tidak diwajibkan  berpuasa di bulan Ramadhan. Namun, setelah masa haid berakhir, mereka bisa langsung beribadah dengan syarat harus mandi wajib terlebih dahulu. Nah, berikut ini adalah bacaan tentang niat mandi wajib dan tata cara mandi wajib setelah haid yang benar.

 

Apakah Mandi Wajib Itu?

Dalam bahasa Arab, “mandi” berasal dari kata “AlGhuslu” yang berarti menuangkan air ke dalam sesuatu. Dalam terminologi, “AlGhuslu”  menuangkan air ke seluruh tubuh dengan  cara khusus yang  bertujuan menghilangkan naijs.

Mandi hukumnya wajib dalam Islam, dengan tujuan untuk menyucikan diri sekaligus menyucikan diri dari segala kotoran yang ada pada tubuh. Dengan kata lain, mandi wajib adalah tindakan menjaga kebersihan dan kesucian bagi umat Islam dalam kondisi dan keadaan tertentu.

 

Perintah Mandi Wajib

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قُمْتُمْ اِلَى الصَّلٰوةِ فَاغْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَاَيْدِيَكُمْ اِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَاَرْجُلَكُمْ اِلَى الْكَعْبَيْنِۗ وَاِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوْاۗ وَاِنْ كُنْتُمْ مَّرْضٰٓى اَوْ عَلٰى سَفَرٍ اَوْ جَاۤءَ اَحَدٌ مِّنْكُمْ مِّنَ الْغَاۤىِٕطِ اَوْ لٰمَسْتُمُ النِّسَاۤءَ فَلَمْ تَجِدُوْا مَاۤءً فَتَيَمَّمُوْا صَعِيْدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوْا بِوُجُوْهِكُمْ وَاَيْدِيْكُمْ مِّنْهُ ۗمَا يُرِيْدُ اللّٰهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِّنْ حَرَجٍ وَّلٰكِنْ يُّرِيْدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهٗ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ ٦

  1. Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan salat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur.

 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَقْرَبُوا الصَّلٰوةَ وَاَنْتُمْ سُكٰرٰى حَتّٰى تَعْلَمُوْا مَا تَقُوْلُوْنَ وَلَا جُنُبًا اِلَّا عَابِرِيْ سَبِيْلٍ حَتّٰى تَغْتَسِلُوْا ۗوَاِنْ كُنْتُمْ مَّرْضٰٓى اَوْ عَلٰى سَفَرٍ اَوْ جَاۤءَ اَحَدٌ مِّنْكُمْ مِّنَ الْغَاۤىِٕطِ اَوْ لٰمَسْتُمُ النِّسَاۤءَ فَلَمْ تَجِدُوْا مَاۤءً فَتَيَمَّمُوْا صَعِيْدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوْا بِوُجُوْهِكُمْ وَاَيْدِيْكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَفُوًّا غَفُوْرًا ٤٣

  1. Wahai orang yang beriman! Janganlah kamu mendekati salat ketika kamu dalam keadaan mabuk, sampai kamu sadar apa yang kamu ucapkan, dan jangan pula (kamu hampiri masjid ketika kamu) dalam keadaan junub kecuali sekedar melewati jalan saja, sebelum kamu mandi (mandi junub). Adapun jika kamu sakit atau sedang dalam perjalanan atau sehabis buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, sedangkan kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Sungguh, Allah Maha Pemaaf, Maha Pengampun.

 

Alasan Mandi Wajib

  1. Wajib mandi karena masuknya alat kelamin laki-laki ke perempuan. Oleh karena itu, sangat menganjurkan Anda untuk mandi wajib agar  ibadah Anda dalam keadaan bersih.
  2. Keluarnya sperma pria karena mengalami mimpi basah.
  3. Haid wanita setelah baliq. Setelah haid berhenti, wanita diwajibkan mandi.
  4. Postpartum bagi wanita yang melahirkan setelah 40 hari, baik pervaginam maupun dengan seksio sesarea. Mereka harus mandi untuk membersihkan diri.
  5. Mandi wajib setelah melahirkan.
  6. Ketika seseorang meninggal, orang itu harus dimandikan oleh orang yang masih hidup atau keluarganya.

 

Niat Wajib Mandi

Niat dan tata cara mandi wajib setelah haid bagi wanita. Mandi wajib berbeda dengan mandi besar. Karenatermasuk ibadah, sebelum melakukannya harus membaca niatnya terlebih dahulu. Niat wajib renang yang wajib anda baca antara lain :

“ Saya berniat mandi wajib untuk menyucikan hadast besar karena Allah ta’ala “

 

Tata Cara Mandi Wajib

Berikut tata cara mandi wajib yang benar:

  • Baca niat
  • Cuci kedua tangan tiga kali
  • Membersihkan alat kelamin dan bagian tubuh yang kotor dengan tangan kiri
  • Mencuci tangan berulang kali
  • Melakukan cuci kepala dengan niat untuk membersihkan rambut
  • Memisahkan rambut dengan jari
  • Mencuci seluruh body
  • Memberi sabun dan shampo

 

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mandi Wajib

Selain memiliki peraturan saat pelaksanaannya, sebelum wajib mandi juga harus memperhatikan beberapa hal.

  1. Gunakan air yang bersih dan jernih, bebas dari kotoran yang dapat mengubah bau dan sifat.
  2. Mandi adalah wajib sebagai pengganti wudhu.
  3. Seluruh tubuh, tanpa kecuali, terkena air.
  4. Tidak memakai jilbab.

 

Hal-hal yang Diharamkan Saat Haid

1. Shalat

Larangan bagi wanita yang sedang haid untuk shalat, shalat fardu dan sunnah. Ini karena aliran menstruasi wanita. Doa meminta agar pelaku bebas dari hadas besar dan kecil. Seorang wanita yang sedang menstruasi dapat kembali ke shalat setelah dia membasuh dirinya dengan mandi wajib setelah periodenya.

 

2. Puasa

Wanita haid tidak diperbolehkan berpuasa. Jika seorang wanita mendapatkan menstruasinya selama puasa wajib di bulan Ramadhan, maka dia wajib menggantinya di kemudian hari.

 

3. Seks

Menurut Muhammad Mutawwali Sya’rawi, efek seks dengan wanita yang sedang menstruasi dapat menyebabkan infeksi vagina. Saat menstruasi, vagina dan rahim sangat rentan terhadap infeksi bakteri. Selain itu, rahim juga membuang jaringan mati melalui darah yang dikeluarkan.

 

Demikian informasi mengenai bacaan niat, sholat, dan tata cara mandi wajib setelah haid  yang benar. Mengetahui ini semua maka Anda tidak perlu ragu atau khawatir salah dalam melaksanakan mandi wajib. Semoga bermanfaat!

By Drajad