Thu. Sep 29th, 2022

Berdasarkan ketersediaannya, energi dibedakan menjadi sumber energi baru terbarukan dan sumber energi non-terbarukan. Sumber energi terbarukan merupakan sumber energi yang bisa di daur ulang dan sangat ramah lingkungan, sementara sumber energi non-terbarukan adalah sumber energi yang dapat habis dan membutuhkan waktu yang sangat lama agar bisa terbentuk kembali.

 

Jenis Sumber Energi Non-Terbarukan 

Terdapat beberapa jenis sumber energi non-terbarukan yang banyak dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia diantaranya :

 

1.        Minyak bumi  

Minyak bumi merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui dan berasal dari bebatuan serta organisme hewan yang telah mati selama jutaan tahun dan terkubur di dalam tanah atau di dasar laut. Minyak bumi umumnya digunakan sebagai bahan bakar industri, pembangkit listrik, hingga sektor transportasi. 

 

2.           Batu bara 

Batu bara terbentuk dari tumbuhan yang mati sejak ratusan juta tahun yang lalu. Sumber energi ini dimanfaatkan sebagai bahan bakar pembangkit listrik tenaga air dan pembangkit listrik tenaga uap di berbagai negara.

 

3.           Nuklir 

Nuklir adalah teknologi yang melibatkan reaksi dari inti atom dimana proses penambangannya membutuhkan banyak waktu dan usaha. Berbeda dengan energi baru terbarukan yang hampir tidak memiliki efek buruk terhadap manusia dan lingkungan. Penggunaan nuklir sebagai sumber energi berpotensi untuk menyebabkan radiasi yang sangat berbahaya bagi makhluk hidup, Radiasi ini bisa timbul dari limbah zat radioaktif yang dihasilkan nuklir.

 

Karena ketersediaan energi non-terbarukan sangat terbatas dan memiliki resiko pencemaran lingkungan yang tinggi, energi alternatif terbarukan kini mulai banyak digunakan untuk menjaga alam agar tetap asri dan lestari, misalnya dengan memanfaatkan tenaga panas bumi atau tenaga sinar matahari. Jenis sumber energi ini juga relatif lebih murah dan mudah jika dibandingkan dengan teknologi pemanfaatan sumber energi non-terbarukan. 

Sebagai perusahaan produsen listrik terbaik di Indonesia, PT PJB (Pembangkitan Jawa-Bali) menyediakan jasa pembangkit listrik dengan memanfaatkan energi baru terbarukan yang bermutu tinggi dan ramah lingkungan. Dengan didukung oleh kompetensi dan penghargaan yang dimiliki, Kami telah berkontribusi dalam mengembangkan perekonomian nasional dan menjaga kelestarian alam. Untuk pertanyaan seputar bisnis hubungi nomor +62318282180 atau kunjungi website https://www.ptpjb.com/.