Mon. Feb 6th, 2023

Pergi ke suatu acara atau tempat-tempat tertentu biasanya kurang seru kalau enggak ada temannya. Atau malah kamu tipe orang yang takut kalau harus pergi sendirian? Langka emang ada orang yang berani pergi sendirian bahkan untuk sekedar healing buat diri sendiri. Padahal yang perlu refreshing adalah diri sendiri eh malah milih enggak jadi healing kalau enggak ada temennya.

Pergi rame-rame bareng temen emang seru, tapi kalian tau nggak sih kalau semakin banyak orang maka akan semakin berat juga beban kita buat sabar menghadapi berbagai drama yang harus terjadi sebelum sampai di tempat tujuan? Sejauh pengamatanku sih orang-orang yang mau pergi rame-rame kalau diminta on time itu sulit banget, karena pasti selalu ada aja drama yang terjadi sampai bikin mereka enggak bisa on time, mulai dari bingung milih baju, masih nyari makan, masih di toilet, masih nyari barang yang hilang dan segala macam. Entah bagaimana semua drama itu bisa terjadi, semua seakan kebetulan dan hampir setiap janjian pasti kayak gini dramanya.

Kalau mau pergi bareng temen emang harus punya stok kesabaran yang banyak sih. Apalagi saat nunggu otw nya temen, janjian jam berapa eh sejam udah berlalu dianya baru muncul. Datang-datang cuma bilang “maaf telat, lama ya? tadi ini…. itu…” Kalau dia udah nyampain alasannya kita sebagai temen mau enggak bilang “iya gapapa kok” berasa berdosa banget karena seakan enggak bisa ngertiin keadaan dia. Padahal kita udah capek-capek nunggu, udah susah payah nepatin janji buat on time malah dia yang telat kayak enggak merasa bersalah sama sekali.

Hal yang paling di benci sebagian besar orang menunggu teman yang bilang On The Way atau biasa disingkat dengan otw alias di jalan. Kita sebagai orang yang menunggu si otw, berharapnya sih dia otw-nya enggak lebih dari lima menit. Akan tetapi yang sering terjadi adalah katanya otw tapi sejam kemudian dia baru sampai. Berasa di tipu nggak sih kalau kayak gini. Nah, makanya biar kalian enggak mudah lagi dikibulin sama temen yang bilang otw, yuk simak tulisan di bawah biar tahu sebenarnya apa yang terjadi di balik otw-nya si bestie

1. Bilang udah pergi padahal baru mandi

Niatnya sih sebelum mandi cek hp dulu bentaran siapa tahu ada info penting eh malah kebablasan scrol-scrol sosmed sampai lupa mandi. Giliran si temen udah chat “Lu dimana? Gue udah sampai nih” baru nyadar deh kalau ternyata udah jam segini. Biar si temen enggak sebel sama kita ya udah di jawab aja “Iya ini udah jalan” padahal mandi aja belum.

Pengennya sih juga mandi cepet-cepet, tapi namanya cewek paling cepet berapa menit sih kalau mandi? Belum sikat giginya, belum lulurannya, habis mandi belum pakai skincare, makeup, bingung pilih bajunya, dan segala macam. Itu semua enggak bisa kalau dilakukan hanya dalam waktu 30 menit.

*Jasa Pembuatan Kitchen Set Pekalongan

2. Ngomongnya siap-siap

Diajakin janjian pagi agak susah emang anak muda jaman sekarang, apalagi kalau di bawah jam 8 pagi, yang ngajak janjian harus benar-benar ekstra sabar nungguin temen yang bilangnya otw. Karena ternyata dibalik kata “iya, ini siap-siap” dia bukan siap-siap otw pergi ke tempat kalian janjian, tapi siap-siap buat otw bangun tidur.
Nah, kan kalau baru bangun tidur pasti masih banyak aktivitas lain yang bakal dia lakukan, enggak mungkin dong langsung otw ke tempat kamu, pasti mandi dulu, makan, dandan. Makanya kalau kamu dapat kata “siap-siap” mending pastikan ke orangnya, maksudnya siap-siap ngapain, siap-siap otw ke tempat janjian atau siap-siap yang lain. Biar kamu enggak capek nungguin dia.

3. Nyuruh orang buat cepet

Tipe yang satu ini ala-ala leadership banget, nyuruh semua orang enggak boleh telat, harus on time giliran yang lain udah di tempat eh malah dianya yang ngaret sampai 2 jam.

Mengingatkan temen buat on time, menepati janji itu boleh-boleh aja, cuma kalau kalian sendiri enggak yakin bahkan enggak pernah bisa menepati janji buat on time, enggak usah berlebihan deh nyuruh-nyuruh orang buat on time, apalagi kalau ngomongnya sampai dengan nada-nada emosi. Kalau mau nyuruh dan semua orang nurut sama perintah kamu, ya kamu harus bisa kasih contoh duluan.

4. Si paling enggak mau nunggu

Tiap janjian pasti datangnya paling akhir, katanya sih malas nunggu “Halah paling belum ada yang datang, mending nonton drakor dulu”. Dia enggak sadar tuh kalau temennya yang lain udah nungguin dia sedari 2 jam yang lalu. Datang-datang “Kok belum mulai?” “Iya masih nungguin kamu” “Woilah, makasih udah nungguin, hehe”

Emang enak sih kalau datang paling akhir tuh, enggak perlu ikut nungguin temen-temen yang lain kumpul dulu. Tapi kalau ini dibiasakan bisa jadi contoh buruk buat yang lain “Si A aja datangnya selalu molor 2 jam, ngapain gue harus berangkat sekarang, mending ikut nelat kayak si A aja”. Kalau udah gini kan siapa yang mau bertangungjawab?

5. Sekalinya datang cepet, ngomel-ngomel

Biasanya si paling ngaret kalau kebetulan datang duluan pasti langsung ngomel-ngomel “Loh, yang lain mana nih kok enggak ada orang. Cepetan woi lama banget, pada ngapain sih, capek nih dari tadi nungguin lu”.
Padahal kemarin-kemarin kalau dia yang telat yang lain mah sebenarnya juga kesel nungguin dia, cuma mereka masih biss sabar. Giliran dia yang harus nunggu eh malah langsung ngomel-ngomel, enggak bisa menghargai temennya yang lain.

Niatnya sih bilang otw tuh biar yang nungguin enggak kesel-kesel amat sama kita kalau mereka tau ternyata kita belum di jalan, masih ribet di rumah. Kalau emang enggak bisa menepati janji buat datang on time mending kalian jujur sama temen kalian yang udah nungguin, kasian tau dia capek badan capek hati nunggu kalian datang. Jangan lupa untuk selalu belajar menghargai waktu dan orang lain, jangan maunya dihargai mulu.

Baca tulisan-tulisan esai menarik di media esai kotomono.co

By roket