Thu. Sep 29th, 2022

Saat ini aplikasi bencana alam termasuk salah satu teknologi yang dibutuhkan masyarakat. Khususnya yang tinggal di daerah rawan bencana. Termasuk di Indonesia yang sudah memiliki banyak potensi kecelakaan. Pembuatan platform khusus semacam ini sebetulnya sudah diatasi oleh badan khusus pemerintah yang bergerak pada bidang alam dan sejenisnya. Dijamin akan membantu dalam kondisi kurang menguntungkan.

Bagi orang Indonesia, rupanya sudah diuntungkan dengan banyaknya platform penunjang aktivitas ketika bencana sedang melanda. Misalnya untuk melihat informasi, pertolongan dan lain sebagainya. Masing-masing fungsinya juga sudah detail.

1. Radio

Rekomendasi platform penolong ketika bencana alam pertama adalah radio. Yang bertujuan untuk menerima informasi dari pemerintah. Kini terdapat banyak aplikasi khusus menyediakan radio di Play Store. Dalam memilih aplikasi radio, disarankan selalu menyediakan jaringan dari lokal. Contohnya RRI atau radio lokal daerah kamu sendiri. Sehingga informasi diperoleh secara real time.

2. BMKG

BMKG memiliki aplikasi khusus yang ditujukan bagi rakyat Indonesia yang didalamnya berisi informasi yang lebih luas. Kamu dapat mengecek bagaimana cuaca dekat bandara atau pelabuhan. Begitu juga ketika mencari mana titik gempa atau tsunami terbaru. Apabila mau mengetahui kualitas udara suatu daerah juga bisa diketahui.

3. Walkie-Talkie Online

Walkie-Talkie Online sangat dibutuhkan ketika cuaca sedang memburuk. Selain itu sinyal internet yang tersedia rupanya kurang baik. Salah satu aplikasi Walkie-Talkie Online terbaik untuk kamu adalah Zallo. Platform menolong ketika bencana alam sudah digunakan di beberapa negara Amerika atau Eropa. Sangat unggul sebab dengan sinyal 2G saja sudah cukup. Dapat melakukan komunikasi radio dua arah juga dengan orang lain.

4. Siaga Bencana PMI

Siaga Bencana dari PMI sudah dikenal bisa digunakan sebagai pencegahan ketika atau setelah bencana melanda. Ada banyak langkah diajarkan agar kondisi tidak memburuk. Banyak juga tutorial supaya tidak panik. Siaga Bencana ini memang digunakan untuk merencanakan pertolongan sebelum melandanya kondisi alam yang buruk. Didalamnya berisi informasi menghadapi kebakaran tsunami, gempa bumi dan lain sebagainya.

5. Pertolongan Pertama

Aplikasi pertolongan pertama sudah pasti selalu dibutuhkan oleh penyintas bencana. Kalau untuk orang Indonesia, disarankan unduh First Aid dari Palang Merah Indonesia. Ada banyak panduan pertolongan pertama di dalamnya. First Aid yang diajarkan disini sangat banyak, bukan cuma merawat luka luar saja. Namun luka kecelakaan seperti patah tulang juga diajarkan. Begitu juga dengan kondisi negatif seperti serangan panik, pingsan dan lain sebagainya.

6. Maps

Terakhir adalah rekomendasi platform penolong ketika bencana alam berupa Maps. Pilihan terbaiknya ada dua macam yaitu Google Maps atau Waze. Khusus Google Maps keunggulannya bisa unduh peta menjadi offline.

Sedangkan untuk Waze sebenarnya sama-sama mengakses peta seperti Google Maps. Namun kelebihannya bisa menghubungkan ketika membutuhkan penumpang. Sangat cocok untuk kondisi alam seperti badai ekstrim. Dan akhirnya aplikasi bencana alam ini selalu membantu manusia.

Sumber referensi: https://www.haris.web.id/