Mon. Feb 6th, 2023

ketika Ramadan, umroh jadi salah satu ibadah ya ng digemari banyak umat muslim di dunia. Lebih lagi 10 hari terakhir, mereka berkeinginan dapat merasakan malam Lailatulqadr di Tanah Suci.

 

Selain fokus beribadah, kita dapat sekalian berekreasi religi, napak tilas perjuangan Islam pada masa nabi. Semacam pada 10 tempat  wisata yang dapat menjadi referensimu berikut ini:

 

1. Jabal Rahmah

Jabal Rahmah sebagai tempat historis bertemunya Nabi Adam dengan Siti Hawa saat pertama kalinya sesudah diusir dari surga. kalian hendak menatap monumen pasir persegi empat setinggi 8 m. Untuk menjangkau puncaknya, kalian harus berjalan menuju  gunung setinggi 70 meter .

 

2. Gunung Uhud

Berada di utara Madinah, Gunung Uhud mempunyai tinggi kurang lebih 350 m. dahulunya, tempat ini sebagai salah satu lokasi  perang besar antara umat  muslim  serta pasukan Quraisy. Di seputarnya tampak rumah ibadat Al-Fash, peristirahatan terakhir para syuhada, serta lokasi  Rasulullah SAW salat  sesudah Perang Uhud.

 

3. Masjid Quba

Masjid yang dibangun Nabi Muhammad ini dibangun pertama kali pada 1 Hijriah atau 622 Masehi di Quba. ada tiga  pintu yang menjadi keluar masuknya para jemaah.

Di tengah ruangan masjid tampak sahn,  yang sebagai asal muasal air guna wudhu. Sementara itu di area luar, kalian dapat belanja  bermacam jenis kurma.

 

4. Gua Hira

Gua Hira sebagai saksi bisu saat Nabi Muhammad menerima wahyu pertama dari Allah. Pastikan tubuhmu kokoh saat berekreasi religi ke sini. Posisinya terletak di tebing menanjak yang sedikit curam .

 

5. Masjidil Haram

Masjidil Haram  sebagai salah satu tujuan penting saat di Makkah. Di sini lah pusat gerakan umroh dilakukan , mulai dari tawaf memutari  Kabah sampai tahalul. Beribadah di sini terasa sekali perbedaannya, malahan saat itikaf, serasa tidak mengenal  waktu .

6. Pasar Zakfariah

Sebenarnya mencari buah tangan saat sebelum pulang ke Indonesia sungguh mudah. Alasannya, Mekkah memiliki Pasar Zakfariah yang berjarak satu km dari Masjidil Haram. Kalian dapat membeli bermacam hal, serupa perlengkapan ibadah, perhiasan, jam tangan, kurma, barang  elektronik, serta sejenisnya.

 

7. Masjid Nabawi

Sama situasinya dengan Masjidil Haram, Masjid Nabawi sebagai pusat orang beribadah sepanjang di Tanah Suci. Masjid terbesar di Madinah ini dapat menampung sampai 1 juta jamaah.

Sebelum semegah saat ini, tempat ini yaitu bekas rumah Nabi Muhammad pada 622 Masehi. Kalian dapat melihat makam utusan Tuhan Muhammad di sini.

Ada pula Raudlah maupun halaman surga yang sebagai gedung masjid. Yang setidaknya ikonik, ada parasut hidrolik yang mulai diimplementasikan di banyak langgar-masjid di bumi, paling utama Indonesia.

 

8. Jannatul Baqi

Objek rekreasi religi satu ini cukup sentimental. Jannatul Baqi yaitu pemakaman utama di Madinah. Keluarga, saudara, dan juga  Nabi  Muhammad banyak yang dimakamkan di sini.

Dulu, orang-orang yang wafat masa haji maupun umroh tahu dikuburkan di sini. Tapi, karna keterbatasan tempat, peraturan itu tidak diberlakukan lagi.

 

9. Jabal Tsur

Jabal Tsur berada di salah satu gunung paling tinggi di Makkah, yang sempat dijadikan tempat perlindungan Nabi  Muhammad serta Abu Bakar. Mereka dikejar suku kafir  Quraisy saat akan mengungsikan ke Madinah sepanjang 3 hari.

 

10. Masjid Jawatha

Masjid Jawatha memanglah tidak semegah Masjid Nabawi maupun Masjidil Haram . tapi, masjid ini serta mempunyai sejarah  berguna serta sebagai yang tertua di Arab Saudi. beberapa bentuk  aslinya  hilang , namun masih  digunakan  sebagai  tempat ibadah.

 

Itulah 10 tempat rekreasi yang dapat didatangi saat umroh di Tanah Suci. Semoga ibadah kalian fasih dan jadi berkah ya.

By roket