Produk UMKM Indonesia Yang Populer Di Malaysia

Indonesia dan Malaysia merupakan negara yang tergabung dalam satu benua yaitu benua Asia, maka dari itu banyak produk Indonesia yang di jual ke Malaysia begitu juga sebaliknya (Cek ongkir ke Malaysia disini). Hal ini dikarenakan banyaknya kemiripan yang ada di dua negara ini dari etnis dan bahasa melayu, kuliner dan masih banyak lagi. Walaupun dua negara ini memiliki banyak kemiripan ada beberapa hal yang tidak dimiliki satu dengan yang lainnya. Hal ini yang menjadikan dua negara tersebut bekerja sama dalam transaksi dagang untuk memenuhi kebutuhan masing-masing negara. Kira-kira apa saja produk UMKM dari Indonesia yang cukup populer di Malaysia?

  1. Sayur

Sayur merupakan salah satu produk agraris unggulan Indonesia, pasalnya Indonesia sering disebut sebagai negara dengan tanah yang sangat subur, maka dari itu tidak heran apabila hasil tani atau hasil bumi dari negara Indonesia cukup populer di luar negeri termasuk di Malaysia. Beberapa sayur yang berasal dari Indonesia adalah kubis, kembang kol, daun singkong, kangkung dan lain sebagainya.

 

  1. Buah

Buah juga merupakan produk unggulan Indonesia karena banyak sekali buah-buahan di Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain termasuk di Malaysia diantaranya adalah Buah manggis, buah lobi-lobi, buah matoa, buah bisbul dan masih banyak lagi. Buah-buahan ini digunakan sebagai camilan, pelengkap makanan atau juga bisa digunakan sebagai bahan baku jus untuk diminum. Akan tetapi pengiriman buah ke luar negeri memerlukan sedikit usaha yang lebih mengingat banyak buah yang memiliki permukaan yang lembek dan juga gampang busuk.

 

  1. Kopi dan Teh

kopi dan teh

Bijih kopi dan juga daun teh dari Indonesia cukup bersaing di pasar luar negeri terutama di Asia dan di Malaysia. Walaupun banyak pemain kopi dari negara lain seperti brazil, Ethiopia dan lain sebagainya, akan tetapi kopi dari Indonesia memiliki ciri khas tersendiri dan digunakan banyak brand ternama seperti starbucks dan J.co. Biji kopi dan teh dari Indonesia juga cukup populer di Malaysia karena dapat digunakan sebagai varian yang berbeda.

 

  1. Furniture

Indonesia dan Malaysia memiliki hutan yang cukup luas, hal ini yang menjadikan furniture mereka cukup populer di pasar dunia. Beberapa kayu terkenal seperti kayu jati yang memiliki kualitas dan dikenal sangat awet menjadi salah satu produk unggulan Indonesia di luar negeri termasuk Malaysia. Selain furniture Indonesia juga kerap mengirimkan kayu mentah untuk di jual ke luar negeri sebagai bahan baku furniture mereka.

4 produk di atas merupakan produk unggulan Indonesia di negara lain termasuk di Malaysia. Maka dari itu untuk kamu yang ingin memiliki bisnis atau usaha ekspor bisa melirik beberapa bahan di atas. Untuk para pengusaha kamu juga harus memperhatikan pembukuan yang baik untuk hasil yang maksimal. Kamu bisa menggunakan jasa akuntan publik apabila kamu tidak memiliki keahlian di bidang tersebut.