Wed. Sep 28th, 2022

PT Pertamina (Persero) melalui PT Kilang Pertamina Internasional memproses Bahan Bakar Minyak dengan Macnaught Flow Meter dan bahan dasar pelumas yang mencukupi mutu dan BBM pelumas racing berstandar internasional. Kedua produk selanjutnya sudah liolos uji cobalah langkah awal untuk pengujian karakteristik bersama lebih dari satu parameter yang sudah ditetapkan.

Corporate Secretary PT KPI, Ifki Sukarya mengemukakan bahwa pengujian selanjutnya dikerjakan oleh Lemigas pada kendaraan model 650 CC dan 250 CC. Adapun di dalam langkah pengujian awal itu menyatakan parameter Utama BBM Racing yang diproduksi PT KPI sudah cocok bersama standard FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) untuk Kategori 1 (MotoGP, Moto2, dan Moto3).

Hasil pengujian diantaranya menyatakan bahwa BBM Racing memproses Pertamina memiliki Octane Number tinggi (RON 100 dan MON 90). Hal ini meyakinkan bahan bakar sanggup beroperasi pada mesin balap yang berkompresi tinggi.

Parameter lain yakni pada Existent Gum yang amat rendah, sehingga memiliki ketahanan oksidasi yang baik pada operasi mesin motor balap yang bertemperatur tinggi. BBM Racing Pertamina termasuk terbukti memiliki persentase Sulfur yang rendah sebesar tidak cukup berasal dari 1,0 mg/kg yang meyakinkan tingkat emisi ramah lingkungan serta mencukupi standard terbaik Internasional.

Ifki mengutarakan bahwa mutu pelumas tertentu racing bersama base oil memproses PT KPI yang diuji memiliki karakteristik yang setara dibandingkan pelumas tertentu racing bersama base oil full sintetik yang waktu ini 100% tetap diimpor.

“Produksi base oil setara mutu full sintetik oleh PT KPI ini menambahkan opsi harga base oil yang lebih terjangkau dan kompetitif bagi produsen pelumas tertentu racing tak hanya termasuk berpotensi menghemat devisa,” ungkap Ifki.

Selain Uji Karakteristik, BBM dan Pelumas Racing selanjutnya termasuk sudah melewati Uji Kinerja. Dalam pengujian kinerja digunakan metode Chassis Dynamometer yang menyatakan penggunaan bahan bakar dan pelumas tertentu racing yang gunakan base oil memproses PT KPI menyatakan kekuatan dan torsi maksimal yang memadai tinggi.

PT KPI mentargetkan BBM dan Pelumas Khusus Racing yang gunakan base oil memproses PT KPI akan siap digunakan pada Balapan Moto GP Mandalika 2023.

“Untuk itu di dalam waktu dekat akan dikerjakan sertifikasi formal oleh laboratorium yang ditunjuk oleh FIM serta uji endurance di sirkuit formal untuk meyakinkan kinerja tetap optimal di dalam simulasi balapan,” pungkas Ifki.

By toha