Mon. Feb 6th, 2023

Persyaratan Melamar Kerja Yang Harus Ditolak

Persyaratan Melamar Kerja Yang Harus Ditolak – Melamar pekerjaan menjadi hal penting dalam kehidupan seseorang, sebab moment ini merupakan yang membuat nervous. Bahkan tak jarang banyak orang yang negatif thinking, dalam menghadapinya. Banyak sekali persyaratan melamar kerja yang biasa dilalui oleh pejuang lowongan kerja.

3 Persyaratan Melamar Kerja Yang Harus Ditolak

Persyaratan melamar kerja merupakan salah satu syarat untuk memenuhi persyaratan yang kosong dan membutuhkan pegawaii pada posisi tersebut. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus diabaikan dalam memberikan persyaratan melamar suatu pekerjaan.

1. Menahan Ijazah

Terkadang banyak perusahaan yang memberikan aturan menahan Ijazah, hal ini dibuat sebagai jaminan agar pegawai tidak sesuka hati resign dari tempat kerja. Kejadian ini bukanlah hal yang asing lagi, sebab sudah banyak tempat kerja  menerapkan cara ini. Serta banyak yang tidak paham, bahwa hal ini dilarang.

Akan tetapi, hal ini sebenarnya tidak diperbolehkan. Sebab penahanan ijazah yang dilakukan oleh perusahaan merupakan perbuatan  bertentangan dengan hukum. Selain itu hal ini tidak diperbolehkan, sebab ijazah merupakan dokumen penting yang tidak diperjual belikan.

2. Menahan Kartu Tanda Penduduk atau KTP

Memberikan jaminan berupa ktp saat bekerja, sudah sering dilakukan. Hal ini dianggap lumrah sebab sudah banyak tempat-tempat kerja  menerapkan cara ini, akan tetapi hal ini tidak dibenarkan sebab ktp merupakan dokumen yang menunjukkan identitas seseorang secara detail.

Menurut Dirjen Dukcapil Kemendagri, Prof Dirjen Arif Fakrulloh, identitas kependudukan atau ktp tidak boleh diberikan kepada sembarangan orang. Sebab hal ini berkaitan tentang identitas pribadi seseorang, selain itu ktp merupakan dokumen yang wajib dimiliki oleh warga negara Indonesia.

3. Menahan raport

raport merupakan salah satu dokumen yang berisi tentang rekapan nilai yang diperoleh selama menjadi pelajar dan mahasiswa. raport sendiri merupakan hal yang penting, sebab di dalamnya bisa diketahui tingkat kecerdasan yang dimiliki oleh masing-masing individu.

Oleh karena ini banyak perusahaan yang menggunakan raport sebagai persyaratan melamar kerja,sebenarnya hal ini umum terjadi. Akan tetapi jika perusahaan meminta agar raport ditinggal, jangan turuti perintah ini sebab raport merupakan dokumen yang tidak bisa dibuat dua kali.

Dalam mendapatkan pekerjaan pastikan menghindari meninggalkan jaminan berupa dokumen diatas, sebab dokumen diatas merupakan dokumen penting yang tidak bisa dibuat lebih dari satu kali. Usahakan mengetahui dokumen-dokumen yang tidak boleh dijadikan jaminan dalam bekerja.

Menahan dokumen penting merupakan tindakan yang bertentangan dengan hukum, oleh karena itu pastikan untuk menghindari hal-hal tersebut. Pastikan dokumen yang digunakan terjamin keamanan pada saat mengirimkan persyaratan melamar kerja.

By roket