Nutrisi dan Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Kacang hijau sebagai satu jenis kacang-kacangan yang mudah diketemukan di Indonesia. Kacang hijau bisa juga dikreasikan jadi bermacam jenis makanan. Tetapi tahukah Anda? Selain rasanya yang nikmat, kacang hijau memiliki kandungan nutrisi baik. Kita dapat mendapati banyak manfaat kacang hijau untuk Ibu hamil.

Kacang hijau memiliki kandungan Vitamin A yang tinggi, Vitamin B kompleks yang menolong metabolisme dan meningkatkan daya tahan badan, dan sebagai sumber serat. Kacang hijau memiliki kandungan folat, zat besi, dan thiamin.Semua nutrisi ini ialah zat yang diperlukan wanita sepanjang kehamilan. Konsumsi makanan sehat tiap hari menjadi sebuah keperluan yang wajib.

Apa lagi di saat kehamilan, kebiasaan makan makanan sehat ini agar lebih dipertingkat, karena nutrisi yang dimakan benar-benar berperan besar dalam menolong perkembangan janin dan pertumbuhan.

Untuk lebih memahaminya, berikut kami sajikan info tentang nutrisi dan manfaat kacang hijau untuk ibu hamil.

1. Thiamin
Thiamin atau zat yang dikenal juga sebagai vitamin B1. Perlu Anda kenali jika ada 14 % kandungan thiamin dalam 100 g kacang hijau yang telah direbus, atau sama dengan 0,164 miligram. Thiamin ini berperan dalam mengganti karbohidrat jadi energi. Ini dapat memberinya Anda energi untuk jalani rutinitas di periode kehamilan.

Thiamin berperan untuk membuat peranan otot, mekanisme saraf, dan jantung supaya sanggup bekerja secara normal. Pada saat Anda hamil, faedahnya akan bertambah lagi. Thiamin sebagai nutrisi penting yang berperan dalam perkembangan otak janin sang Ibu. Karenanya, saat sedang hamil dan menyusui, Anda harus penuhi keperluan thiamin minimum 1,4 miligram setiap hari.

2. Folat

manfaat kacang hijau untuk ibu hamil 1

Dalam 100 g kacang hijau yang telah direbus, memiliki kandungan 40 % folat. Folat terhitung kelompok vitamin B. Tetapi, ada pula wujud sintetis folat sebagai hasil bikinan manusia yang disebutkan asam folat, yang dapat bisa kita peroleh berbentuk suplemen.

Sebelumnya, sudah pernahkah Anda dengar begitu keutamaan folat dan asam folat sepanjang kehamilan? Bahkan juga, folat dan asam folat kerap disebut sebagai zat pahlawan untuk ibu hamil. Karena ke-2  zat ini berperan dalam produksi sel darah merah dan menolong otak dan sumsum tulang belakang janin untuk tumbuh berkembang dari susunan neural tube.

Dengan konsumsi sekitar 400 mikrogram asam folat setiap hari sebelum dan sepanjang kehamilan akan menolong sang Ibu dalam mencegah bayi lahir dengan kelainan di otak dan sumsum tulang belakang.

3. Zat besi
Dalam tiap 100 g kacang hijau rebus memiliki kandungan 1,4 miligram atau 11 % zat besi. Nah, zat besi ini berperan dalam membuat hemoglobin pada proses pembentukan sel darah merah.

Yang perlu diketahui ialah Anda memerlukan sekitaran 27 miligram zat besi setiap hari sepanjang kehamilan. Karena perlu kita ingat jika sepanjang periode kehamilan, kita memerlukan 50 % lebih banyak darah dibanding saat tidak hamil. Dan keadaan ini dapat dipenuhi oleh asupan zat besi yang cukup.

Anda memerlukan zat besi tambahan untuk pertumbuhan plasenta dan perkembangan janin, khususnya pada umur kehamilan trimester ke-3  dan ke-2 .Maka jangan dibiarkan diri Anda kekurangan zat besi sepanjang kehamilan ya! Karena kekurangan zat besi akan meningkatkan resiko bayi lahir dengan berat tubuh rendah, kelahiran prematur, bahkan juga kematian pada bayi.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui nutrisi apa yang perlu Anda penuhi sepanjang kehamilan. Dari info di atas, kita telah mengetahui nutrisi dan manfaat kacang hijau untuk ibu hamil.