Tue. Nov 29th, 2022

Didalam pengujian sampel kami mesti mengenal dan mengerti prinsip kerja berasal dari bermacam alat atau instrument yang menolong di laboratorium. Tidak benar satu alat yang mesti dikenal dan diketahui prinsip kerjanya didalam pengujian sampel adalah spektrofotometer.

Mengenal spektrofotometer tentu akan bersinggungan bersama dengan metode kimia analisis. Spektrofotometri adalah tidak benar satu metode kimia analisis yang digunakan untuk menentukan komposisi sebuah sampel baik secara kuantitatif maupun kualitatif yang didasarkan terhadap hubungan antara materi bersama cahaya. Nah, alat yang digunakan di dalam spektrofotometri inilah yang kami kenal bersama nama spektrofotometer.

Berkenalan bersama dengan Spektrofotometer

Spektrofotometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur absorbansi bersama dengan cara melewatkan cahaya bersama dengan panjang gelombang eksklusif terhadap sebuah obyek kaca atau kuarsa yang disebut kuvet. Beberapa berasal dari cahaya akan diserap dan sisanya akan dilewatkan.

Alat atau instrument yang satu ini dilengkapi bersama dengan sumber cahaya (Gelombang elektromagnetik), baik cahaya UV (Ultra violet) ataupun cahaya tampak (Visible). Masing-Masing cahaya terhadap alat ini berfungsi untuk menangkap objek bersama dengan panjang gelombang yang berbeda.

Sinar UV digunakan untuk mengukur sampel yang terbaca bersama panjang gelombang di bawah 400 nano meter (Nm). Sedangkan visible light untuk mengukur sampel bersama panjang gelombang 400-700 nm. Sebagian contoh sampel yang sanggup dibaca bersama alat yang berorientasi terhadap pengukuran kepekatan rona bersama dengan panjang gelombang ini adalah Dna/Rna (260 nm), protein (280 nm), kultur sel bakteri, ragi/yeast (600 nm) dan lain-lain.

 

 

Baca juga : Mikrometer

 

Mengenal Spektrofotometer dan Prinsip Kerjanya

Penyerapan sinar UV dan sinar tampak oleh molekul akan lewat 3 proses yaitu penyerapan oleh transisi elektron ikatan dan elektron anti ikatan, penyerapan oleh transisi elektron d dan f berasal dari molekul kompleks, dan paling akhir penyerapan oleh perpindahan muatan.

Prinsip Spektrofotometer
Terhadap prinsipnya, alat ini adalah hasil penggabungan berasal dari alat spektrometer dan fotometer. Spektrometer adalah alat yang menghasilkan sinar berasal dari spektrum bersama dengan panjang gelombang eksklusif. Spektrometer mempunyai alat pengurai layaknya prisma yang bisa menyeleksi panjang gelombang berasal dari sinar putih.

Sedangkan fotometer adalah alat pengukur intensitas cahaya yang ditransmisikan atau diabsorbsikan. Terhadap fotometer terdapat filter berasal dari beragam rona yang punyai spesifikasi melewatkan trayek panjang gelombang eksklusif.

By Drajad