Thu. Sep 29th, 2022

Meski mempunyai peran yang penting dalam mengupayakan kesejahteraan masyarakat, masih banyak yang asing dengan lembaga pembiayaan pembangunan Indonesia. Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini anda akan diajak mengenal lebih dekat terkait lembaga pembiayaan tersebut. Mulai dari pengertian, tujuan, serta perbedaannya dengan lembaga keuangan.

Pengertian Lembaga Pembiayaan

Sesuai dengan namanya, lembaga pembiayaan yaitu badan usaha yang didirikan untuk melakukan kegiatan pembiayaan. Jadi peran perusahaan nantinya adalah menyediakan dana ataupun modal dalam bentuk barang. Di Indonesia sendiri, lembaga pembiayaan terbagi menjadi tiga jenis.

Selain lembaga pembiayaan pembangunan infrastruktur, ada juga perusahaan pembiayaan dan perusahaan modal ventura. Perusahaan pembiayaan yaitu badan usaha yang dibentuk untuk melakukan leasing hingga usaha kredit. Melihat dari kegiatan usahanya, anda pasti sudah familiar untuk jenis lembaga pembiayaan satu ini.

Sementara lembaga pembiayaan pembangunan Indonesia yaitu badan usaha yang menyediakan dana untuk pembiayaan proyek proyek infrastruktur. Selain itu perusahaan juga dapat melakukan kegiatan jasa konsultasi dan lain sebagainya yang mendukung proyek. Sedangkan perusahaan modal ventura menitikberatkan pada penyertaan modal suatu perusahaan.

Tujuan Lembaga Pembiayaan

Adanya lembaga pembiayaan tentu bukan tanpa tujuan. Karena berbagai badan usaha sengaja dibentuk untuk melakukan pembiayaan yang memudahkan masyarakat. Banyak yang salah kaprah mengenai hal ini. Dimana ada yang beranggapan keberadaan lembaga pembiayaan adalah untuk bersaing dengan lembaga keuangan.

Padahal lembaga pembiayaan dibentuk sebagai pelengkap layanan seperti perbankan. Tujuannya sama sama ingin meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan kesempatan kerja. Terlebih sumber dana yang ditawarkan cukup beragam, sehingga dapat menjadi alternatif selain dari lembaga keuangan.

Perbedaan Lembaga Pembiayaan dan Keuangan

1. Dana Kegiatan Usaha

Melihat dari tujuan lembaga pembiayaan yang tidak bermaksud menjadi pengganti maupun bersaing dengan lembaga keuangan, anda mungkin bertanya tanya lantas apa perbedaan di antara keduanya. Adapun perbedaan yang paling kentara bisa dilihat dari kegiatan usaha. Karena dana lembaga keuangan dihimpun dari masyarakat, sementara dana aktivitas lembaga pembiayaan tidak berasal dari masyarakat.

2. Produk yang Disediakan

Melihat dari produk yang disediakan, lembaga pembiayaan pembangunan Indonesia tentu sangat berbeda dari lembaga keuangan seperti layanan perbankan. Karena lembaga pembiayaan tidak hanya dapat menyediakan dana saja. Contohnya perusahaan dapat menawarkan jasa konsultasi untuk suatu proyek infrastruktur.

3. Jaminan

Jika anda harus memberikan jaminan apabila ingin meminjam dana di bank, maka lain halnya dengan lembaga pembiayaan. Untuk lembaga pembiayaan bahkan bisa tidak memerlukan jaminan sama sekali. Tapi biasanya proyek yang akan ditangani harus dianalisis terlebih dahulu, apakah layak mendapat pendanaan atau tidak.

Jadi, sudah jelas bukan mengenai apa itu lembaga pembiayaan pembangunan ? Lembaga ini punya peranan penting dalam upaya meningkatkan pembangunan di Indonesia. Salah satunya yaitu PT SMI (Sarana Multi Infrastruktur) yang berada langsung di bawah Menteri Keuangan. Anda bisa melihat produk produk yang ditawarkan dengan klik link ini.