Mon. Aug 8th, 2022

99 Asmaul Husna Beserta Artinya dan Manfaat Menghafalkannya

Anak memang merupakan salah satu amanah atau titipan yang paling berharga yang Allah berikan kepada pasangan yang telah menikah. Tidak jarang kelak anak jugalah yang bisa mejadi salah satu pembuka jalan agar orang tuanya bisa masuk ke surgaNya Allah, namun tentu dengan syarat jika orang tuanya mengajarkan hal – hal baik pada anaknya. Jika tidak maka justru itu bisa menjadi boomerang untuk orang tua.

Maka dari itu penting untuk mengajarkan hal – hal baik dan juga bekal ilmu agama yang baik kepada anak sejak dini. Hal tersebut penting dilakukan karena jika sejak dini anak sudah terbiasa diajarkan hal dan ilmu yang baik maka ketika dewasa anak akan sadar dan tahu tentang Batasan mana yang boleh dan mana yang tidak dengan sendirinya.

Banyak yang bisa diajarkan kepada anak mulai dari anak kecil, salah satu yang bisa anda sebagai arang tua ajarkan yaitu mengajarkan anak bacaan dan gerakan sholat, membaca iqro, dan juga mengajarkan dan membuat anak hafal Asmaul husna dan artinya agar kedepannya anak mengerti bahwa Allah adalah Zat yang Maha atas segalanya.

Dengan mengajarkan ibadah sholat kepada anak itu akan membuat anak mengathui bahwa sebagai seorang muslim kita memiliki kewajiban untuk melaksanakan ibadah sholat karena kelak ibadah yang paling pertama di hitung dan dipertanyakan amalannya yaitu adalah sholat 5 waktu.

Sedangkan jika kita mengajarkan anak untuk mulai mengenal huruf – huruf yang ada didalam alquran sejak dini. Hal tersebut dilakukan agar ketika anak besar nanti anak sudah bisa membaca alquran dan memahami kandungan dari ayat yang ada didalam alquran. Akan lebih bagus lagi jika anak juga mendapatkan bekal ilmu tajwid.

Selanjutnya jika kita sebagai orang tua mengajarkan dan memperkenalkan anak dengan Asmaul Husna maka anak akan tahu bahwa Allah memiliki 99 sifat baik yang membuat Allah menjadi satu – satunya Tuhan yang layak untuk disembah. Dari nama – nama didalam Asmaul Husna anak akan belajar bahwa tidak ada yang tidak bisa Allah kendalikan di alam semesta ini.

Dengan begitu anak akan mengerti bahwa ia bisa hadri di dunia dengan keadaanya seperti sekarang ini karena Allah SWT. Jika nanti semasa hidupnya ada peristiwa atau kejadian yang menurutnya ada diluar kendalinya pun anak akan mengerti bahwa semua itu datangnya dari Allah dan tidak mungkin Allah memberikan sesuatu tanpa memberikan jalan keluarnya.

Dari Asmaul Husna saja anak sudah belajar bahwa Allah itu memiliki sifat yang Maha segalanya, sehingga anak akan terbiasa sejak dini jika sesuatu terjadi pada dia maka ia akan memohon kepada Allah untuk mengeluarkannya dari kondisi tersebut. Contoh sederhana ilmu tauhid yang bisa diajarkan kepada anak.

Saat anak terjatuh atau sedang sakit maka kita sebagai orang tua harus mengajarkan bahwa sehat dan sakit itu datangnya dari Allah, Allah yang memberikan maka Allah pula yang akan mencabutnya. Dari situ anak akan terbiasa untuk memohon segala sesuatunya pertama pada Allah SWT.

Ilmu seperti itu yang diberikan kepada anak mungkin terlihat sepele, padahal jika hal seperti itu terus diterapkan maka selama itu pula pahala akan terus mengalir kepada anda orang tua yang mengajarkan hal tersebut pada anak. Jadi sebagai orang tua sudah semestinya memberikan ajaran yang memberi manfaat bukan hanya pada anak tapi juga untuk diri sendiri kedepannya.

 

By sartika