Manfaat dan Pemanfaatan Produk Bank

Manfaat dan Pemanfaatan Produk Bank

Manfaat dan Pemanfaatan Produk Bank

Dalam kehidupan modern seperti sekarang ini, peran bank tidak dapat dipisahkan dari seluruh gerak kehidupan ekonomi. Dengan fungsi dan produk yang berbeda-beda, bank ibarat urat nadi perekonomian di semua negara, terutama di negara-negara industri. Oleh karena itu wajar jika mahasiswa yang nantinya akan berperan sebagai pelaku ekonomi menggunakan produk perbankan dan produk lembaga keuangan lainnya.

Manfaat dan penggunaan produk perbankan

Ada beberapa alasan kami dapat mendorong penggunaan produk perbankan dan lembaga keuangan lainnya, antara lain:
1. Hidup hemat
Untuk hidup hemat, kita bisa menghindari atau mengurangi pengeluaran yang tidak perlu dengan cara menabung (menabung) uang di bank. Karena uang biasanya lebih cepat habis daripada yang ada di tangan kita.
2. Meningkatkan pendapatan
Kita dapat meningkatkan pendapatan kita dengan menabung di bank atau berinvestasi di pasar uang dan modal karena kita mendapatkan bunga untuk menabung.
3. Untuk keamanan
Dengan menyimpan uang di bank, kita dapat terhindar dari resiko pencurian, perampokan, perampokan dan kebakaran.
4. Meningkatkan produktivitas
Dengan menyimpan uang di bank, uang tersebut dapat dipinjamkan kembali kepada nasabah lain untuk memulai bisnis baru atau membangun bisnis yang sudah ada. Oleh karena itu, produktivitas dapat ditingkatkan.
5. Lakukan pembayaran lebih mudah
Adanya layanan transfer (transfer uang) dapat memberikan kemudahan bagi setiap orang terutama merchant yang harus melakukan pembayaran antar kota maupun antar negara.
6. Perencanaan masa depan (misalnya dengan mengambil asuransi pendidikan).

 

Peranan Pemanfaatan Bank

Peran yang dapat dimainkan oleh mahasiswa dalam penggunaan produk perbankan dan lembaga keuangan lainnya adalah:

  • Penghematan
    Siswa dapat menyimpan uang dalam bentuk tabungan di bank. Tabungan adalah simpanan pada bank untuk masa depan.
  • Transfer (transfer)
    Adanya layanan pengiriman uang sangat bermanfaat bagi siswa yang tinggal jauh dari orang tua. Siswa tidak perlu pulang untuk mengambil uang, cukup mengambil uang yang dikirimkan oleh orang tuanya di bank terdekat.
  • Pertanggungan
    Dengan mengikuti program asuransi, khususnya asuransi beasiswa atau asuransi pendidikan, biaya pelatihan siswa ditanggung oleh perusahaan asuransi pada waktu yang ditentukan. Asuransi pendidikan sangat berguna bagi siswa untuk melanjutkan pendidikannya. Program asuransi ini mengharuskan orang tua siswa untuk menandatangani kontrak dengan perusahaan asuransi.

Sumber Rangkuman Terlengkap : SeputarIlmu.Com