Mon. Feb 6th, 2023

Pantai ini adalah salah satu dari andalan pariwisata di kota Banyuwangi. Masih termasuk ke dalam kawasan Taman nasional Meru Betiri, Pantai Sukamade adalah rumah bagi ribuan telur penyu. Selama ratusan tahun, pantai ini dikenal sebagai lokasi penyu bertelur di Banyuwangi. Daya tarik utama objek wisata Pantai Sukamade adalah melihat proses penyu bertelur serta pelepasan tukik ke laut. Pengunjung akan di ajak menyusuri pesisir pantai saat malam hari untuk melihat apabila ada penyu yang mendarat dari laut dan melakukan proses bertelur. Taman Blambangan merupakan alun-alun di kota Banyuwangi. Biasanya Taman Blambangan ini sering dijadikan tempat event acara besar seperti acara kuliner Banyuwangi yang dinamai Kuliner Pintar. Meski selama pandemi Covid-19 tidak ada acara yang digelar di Taman Blambangan, dan Kuliner Pintar pun ditutup, namun bisa dipastikan kalau taman ini akan kembali ramai dan jadi pusat kegiatan masyarakat Banyuwangi setelah pandemi usai nanti. Sementara di lokasi lain yang tak jauh dari Taman Blambangan terdapat juga Taman Sritanjung, Bedanya, jika Taman Blambangan lebih sering menjadi tempat event, Taman Sritanjung adalah lokasi terbaik untuk bersantai di Banyuwangi karena taman ini mempunyai trek untuk berjalan kaki dan juga paket wisata banyuwangi terdapat air mancur yang indah.

 

Kamu bisa berlari santai mengitari taman yang rindang. Fasilitas lapangan basket dan area skateboarding juga tersedia. Ada juga beberapa fasilitas fitness sederhana. Di tengah-tengah taman adalah hamparan hijau yang luas. Lapangan ini biasanya digunakan sebagai lokasi upacara bendera 17 Agustus. Di hari-hari biasa, lapangan tersebut jadi lokasi bersantai para warga. Ada yang bermain badminton, sepakbola, futsal, atau bahkan berpiknik ria. Di bagian ujung terdapat bangunan tugu yang terlihat sangat keren di malam hari. Kamu bisa berteduh di gazebo yang cukup luas jika terjebak hujan. Setelah lelah berolahraga, ada sentra kuliner yang bisa kamu kunjungi. Fasilitas toilet yang ada di sini juga cukup terjaga kebersihannya. Dengan julukan Sunrise of Java, sudah pasti Banyuwangi punya banyak sekali sunrise spot. Salah satunya yang paling populer adalah Pantai Cacalan. Pantai yang berlokasi di ujung Timur Banyuwangi ini memang dikenal dengan pemandangan sunrise yang cantik. Baik sepeda motor maupun mobil bisa mengakses lokasi wisata ini dengan mudah.

 

Ada banyak tempat-tempat yang bisa terjangkau misalnya Kawah Ijen. Tersedia setidaknya tersedia 4 macam pilihan sehingga dapat menyesuaikan kebutuhan. Menggunakan paket wisata satu ini bisa memilih mengunjungi banyak destinasi wisata eksotis sesuai pilihan. Mengenai harganya berbeda-beda, oleh karenanya pastikan menyesuaikan budget. Para pengguna paket ini akan dapat menikmati keindahan Banyuwangi secara lebih leluasa. Anda bisa mengunjungi tempat-tempat wisata terkenal mulai dari Kawah Ijen, Taman Nasional Baluran, melihat blue fire, serta menikmati keindahan bawah air dengan snorkeling. Bagi Anda yang ingin menikmati sensasi berkunjung ke taman nasional serta hutan-hutan, bisa memilih paket ini. Salah satunya yaitu dapat berkunjung ke Alas Purwo sehingga memberikan pengalaman tidak terlupakan namun tetap patuhi segala aturan dari pihak pengelola. Tempat-tempat kunjungan pada paket ini lebih bervariasi mulai dari Hutan De Djawatan, Pantai Pulau Merah, Baluran, dan lainnya. Anda juga diizinkan mengambil gambar dengan catatan tetap mematuhi peraturan dari pengelola sebab beberapa wilayah masih kental dengan aroma mistis. Pada paket ini akan memberikan pengalaman berbeda untuk para pengunjungnya yaitu melepaskan tukik ke habitat alaminya tepatnya di daerah Pantai Sukamade.

 

Selain itu, bahasa Bali di kedua daerah tersebut memiliki ciri yang sama baik secara fonologis maupun sintaksis. Terdapat perbedaan yang cukup kentara dari bahasa Bali yang dituturkan di luar Bali dengan yang dituturkan di daerah Bali dan dari dialek Bali Aga dengan dialek Bali Dataran. Berdasarkan perhitungan dialektometri, persentase perbedaan yang terukur antara dialek Bali Aga dengan dialek Bali Dataran adalah sebesar 60%. Jika ditinjau lebih luas lagi terhadap daerah luar Bali, isolek Bali yang berada di pulau Bali memiliki perbedaan sebesar 71,75% dengan bahasa Bali di Nusa Tenggara Barat; sebesar 69,5% jika dibandingkan dengan bahasa Bali di Jawa Timur; sebesar 77,5% jika dibandingkan dengan bahasa Bali di Lampung; dan sebesar 76,75% jika dibandingkan dengan bahasa Bali di Sulawesi Tenggara. Tiga dekade lalu, perekonomian Bali sebagian besar mengandalkan dan berbasis pada pertanian baik dari segi output dan kesempatan kerja. Sekarang, industri pariwisata menjadi objek pendapatan terbesar bagi Bali. Hasilnya, Bali menjadi salah satu daerah terkaya di Indonesia.

 

Meski tidak lagi menjadi mayoritas, agama Hindu dan Buddha tetap memiliki pengaruh besar pada budaya Indonesia. Pada sebagian besar perkembangannya, Islam mengalami pencampuran dan saling memengaruhi budaya yang ada sehingga menghasilkan bentuk Islam dengan ciri tersendiri, seperti adanya pesantren. Perdagangan dan aktivitas dakwah seperti yang dilakukan oleh Wali Songo dan penjelajah Tiongkok Cheng Ho, serta kampanye militer oleh beberapa kesultanan membantu mempercepat penyebaran Islam. Agama Katolik dibawa oleh para pedagang dan misionaris Portugis seperti Yesuit Fransiskus Xaverius, yang mengunjungi dan membaptis beberapa ribu penduduk setempat. Penyebarannya menghadapi kesulitan karena kebijakan Perusahaan Hindia Timur Belanda yang melarang agama dan permusuhan oleh Belanda sebagai akibat dari Perang Delapan Puluh Tahun melawan pemerintahan Katolik Spanyol. Protestantisme, sebagian besar, merupakan hasil dari upaya misionaris Calvinis dan Lutheran selama era kolonial Belanda. Meskipun keduanya merupakan cabang Kekristenan yang paling umum, ada banyak denominasi lain di negara ini. Jumlah penganut agama Yahudi cukup besar di Nusantara setidaknya sampai tahun 1945, yang kebanyakan merupakan orang Belanda dan orang Yahudi Baghdadi.

By roket