Mon. Aug 8th, 2022

Jenis Kertas Cetak Buku – Dalam dunia percetakan terdapat beberapa jenis kertas yang sering digunakan. Meskipun pemilihan kertas ini menjadi salah satu tanggung jawab divisi percetakan, tidak ada salahnya untuk para calon penulis mengetahuinya.

Jenis Kertas Cetak Buku

Alasan Mengenal Jenis Kertas dalam Percetakan Buku

Kertas menjadi salah satu bagian vital dalam mencetak sebuah buku. Hal ini karena dapat menentukan hasil dan kualitas dari cetakan buku nantinya. Tidak hanya itu saja, ini juga dapat mempengaruhi keawetan dari buku tersebut.

Ketika ingin mencetak sebuah buku biasannya terdapat unsur yang harus diperhatikan seperti front, desain cover, layout dan jenis kertas. Jenis kertas memiliki dampak signifikan dalam menentukan tampilan naskah tulisan menjadi lebih baik.

Ada beberapa jenis kertas yang dapat dipilih. Tentu saja ini setiap kertas memiliki kualitas yang berbeda satu sama lain. Ini juga menjadi salah satu hal yang mempengaruhi harga cetak.

3 Jenis Kertas Cetak Buku

Dalam dunia percetakan buku, jenis kertas umumnya digunakan untuk 2 tujuan utama yakni, mencetak isi dan sampul atau cover. Tidak jarang beberapa jenis kertas tertentu dipilih untuk mendukung tampilan buku, berikut beberapa jenis kertasnya :

  • Kertas Hvs : Jenis HVS pertama kertas HVS, kertas ini termasuk jenis yang paling populer di masyarakat. Hal ini lantaran sering digunakan dalam berbagai hal. Gramatur yang tersedia antara 60 hingg 120 gram. Percetakan biasannya menggunakan yang 70 gr.
  • Kertas Art Carton : Selanjutnya ada jenis kertas art carton. Varian kertas yang satu ini kerap kali digunakan untuk pembuatan sampul buku. Gramatur art carton lebih tinggi mulai dari 190 sampai dengan 400 gram.
  • Kertas Vory : Berikutnya ada jenis kertas ivory. Memiliki gramtur 210 gr sampai dengan 400 gr. Umumnya varian kertas ini sering digunakan untuk mencetak katalog adu packaging beberapa produk seperti kosmetik. Untuk pilihan lain langsung ke cetak buku murah

Demikian informasi mengenai beberapa jenis kertas yang kerap kali digunakan oleh produsen buku untuk menghasilkan dan mencetak sebuah buku yang sering kita baca selama ini.

By doni