Jenis Manajemen

Jenis-Jenis Manajemen

Jenis Manajemen
Berdasarkan bidang organisasi, jenis manajemen dibagi menjadi beberapa kategori. Berikut ini adalah beberapa jenis manajemen dan pengertian singkatnya.

1. Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan berfokus pada fungsinya untuk memastikan bahwa operasi bisnis bisnis dapat terus berjalan sesuai target dengan biaya ekonomi.
Tugas terpenting manajer keuangan antara lain merencanakan asal usul pembiayaan operasional usaha, serta bagaimana permodalan dialokasikan untuk dapat menjalankan kegiatan usaha.

 

2. Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran menganalisis kebutuhan konsumen dan menentukan strategi yang tepat untuk diterapkan pada konsumen sasaran.
Keterampilan umum yang harus dimiliki staf manajemen pemasaran meliputi manajemen merek, pemasaran internet, dan manajemen pembelian dan penjualan.

3. Manajemen SDM

Manajemen sumber daya manusia dilakukan atas dasar fungsinya untuk memperoleh sumber daya manusia yang memiliki kemampuan terbaik untuk melaksanakan tugas-tugas di perusahaan.
Mereka yang duduk di manajemen SDM wajib memastikan bahwa orang yang dipilihnya memiliki kemampuan sesuai dengan peraturan yang diusulkan.

4. Operasi / Manajemen Operasi

Manajemen operasi berfokus pada kegiatan manufaktur barang dan jasa. Selain itu, manajemen operasi juga bertanggung jawab atas terselenggaranya operasi bisnis secara efektif dan efisien.
Manajer operasi memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengelola bahan, tenaga kerja dan energi dalam output atau hasil berupa barang dan jasa.

 

5. Manajemen Strategis / Strategis

Manajemen stratejik berkaitan dengan struktur manajemen puncak yaitu pemimpin atau biasa disebut manajer.
Tugas manajemen stratejik adalah menentukan perencanaan, pembinaan dan pengawasan terhadap seluruh kegiatan operasional.

6. Manajemen Pendidikan

Manajemen pendidikan adalah proses pelaksanaan fungsi perencanaan, bimbingan, dan pengawasan dalam pengelolaan sumber daya yang terkait dengan bidang pendidikan.
Tujuan pengelola pendidikan adalah untuk mencapai terselenggaranya kegiatan pendidikan yang efektif dan sesuai dengan sasaran.

 

7. Manajemen produksi

Meskipun namanya manajemen produksi, bidang ini tidak bertanggung jawab atas produksi barang dan jasa industri. Sumber Artikel: https://www.seputarpengetahuan.co.id/ Manajemen produksi bertanggung jawab atas hasil produk yang sesuai dengan standar pasar dan selera konsumen.