Mon. Aug 8th, 2022

Ada banyak jenis beasiswa yang menargetkan berbagai jenis siswa. Beberapa beasiswa berlaku untuk semua orang (seperti NMSQT) sedangkan yang lain berlaku untuk kelompok minat khusus (atletik, STEM, dll). Berikut ini adalah berbagai jenis beasiswa yang perlu diketahui.

Beasiswa Berdasarkan Basis Kebutuhan

Mengajukan permohonan beasiswa ekonomi berdasarkan kebutuhan cukup umum. Jenis dana ini hanya ditawarkan kepada mereka yang dapat menunjukkan kesulitan keuangan. Jumlah uang keseluruhan yang mereka hasilkan atau yang mereka miliki aksesnya tidak terlalu memprihatinkan. Ini umumnya bermuara pada apakah mereka akan dapat menghadiri perguruan tinggi yang telah mereka terima tanpa dana. Proses memutuskan siswa mana yang akan mendapatkan beasiswa perguruan tinggi seperti itu lebih sulit ditentukan daripada beasiswa yang berbasis prestasi saja. Biasanya ada beberapa persyaratan lain juga, untuk membuat proses lebih mudah. Misalnya, seseorang mungkin memerlukan IPK tertentu atau keinginan untuk mengejar gelar di bidang tertentu.

Bagaimana perguruan tinggi memutuskan siapa berhak mendapatkan Beasiswa Tersebut

Jawabannya terletak pada formula yang dicoba dan diuji yang digunakan sebagian besar perguruan tinggi dan universitas. Menentukan kebutuhan adalah persamaan matematika sederhana yang menghitung perbedaan antara biaya kehadiran perguruan tinggi dan kontribusi keluarga yang diharapkan. Mungkin lebih mudah untuk memahami melalui penggambaran berikut. Proses penghitungan kebutuhan siswa dimulai dengan siswa mengisi formulir FAFSA (Aplikasi Gratis untuk Bantuan Siswa Federal). Formulir ini menanyakan semua pertanyaan yang relevan tentang pendapatan dan aset keluarga siswa dan kemudian menggunakan rumus untuk menghitung kontribusi keluarga yang diharapkan. Nilai itu kemudian dikirim ke perguruan tinggi yang diminati siswa untuk hadir.

Baca Juga : ATTITUDE DALAM KERJA UNTUK DUNIA KERJA

Biaya kehadiran adalah lump sum yang mengambil uang sekolah, perumahan, buku, makanan, persediaan, transportasi, dan bahan lain-lain menjadi pertimbangan. Kantor bantuan keuangan perguruan tinggi kemudian menerapkan perhitungan yang disorot di atas dan menghasilkan jumlah yang dibutuhkan siswa. Siswa untuk siapa jumlah ini adalah maksimum mendapatkan jumlah uang paling banyak. Dengan cara ini, peninjau aplikasi beasiswa dapat memiliki bukti yang mereka butuhkan bahwa Anda sesuai dengan kriteria itu. Terkadang Anda harus memberikan informasi itu saat mendaftar. Di lain waktu mereka hanya akan membutuhkannya dari pesaing teratas yang tersisa. Anda ingin memastikan bahwa Anda mengajukan permohonan beasiswa berbasis kebutuhan yang sah. Banyak penipuan di luar sana akan berada di bawah kepura-puraan benar-benar menawarkan untuk mendanai untuk kuliah. Mereka kemudian akan meminta informasi keuangan untuk mengekspos data pribadi, yang mereka cari.

Beasiswa Berbasis Prestasi

Ada beberapa beasiswa akademik di luar sana bagi mereka yang telah memperoleh nilai bintang di sekolah. Jika Anda yakin Anda menonjol dari keramaian, Anda dapat mengajukan permohonan beasiswa berbasis prestasi ke perguruan tinggi yang terbuka untuk itu. Kebutuhan keuangan tidak perlu ditunjukkan di sini.  Beasiswa ini mungkin termasuk perumahan dan materi kursus serta biaya kuliah, atau hanya biaya kuliah. Ini mungkin juga hanya persentase dari pendidikan. Apa yang dicakup oleh beasiswa tergantung pada syarat dan ketentuannya dan penawarannya. Ini dapat berlangsung selama tahun akademik atau durasi program gelar Anda. Namun, itu akan selalu memiliki kondisi yang melekat, yang kemungkinan besar akan berhubungan dengan (IPK)  atau Grade Point Average Anda. Untuk memenuhi syarat untuk beasiswa berbasis prestasi, Anda harus mempertahankan IPK yang berada di atas tingkat tertentu. Formulir aplikasi beasiswa biasanya cukup luas dan bisa memakan waktu berjam-jam untuk diisi dengan benar. Beasiswa berbasis prestasi biasanya akan memiliki kriteria kelayakan khusus yang harus Anda penuhi agar aplikasi Anda dapat diterima sebagai berikut :

Baca Juga : PENTINGNYA MEMILIKI SKILL DALAM DUNIA KERJA

  1. IPK: Beberapa beasiswa akademik bergengsi hanya ditawarkan kepada mereka yang memiliki IPK 4,0. Dan ini berarti catatan sempurna di sekolah menengah. Persentase siswa tersebut akan sangat kecil, sehingga Anda tidak akan memiliki banyak kompetisi. Orang lain hanya akan membutuhkan IPK 3,0 atau lebih tinggi, jadi pastikan Anda dengan hati-hati melihat ini. Sayangnya, jika Anda memiliki IPK rendah, Anda harus berhenti memikirkan beasiswa perguruan tinggi akademik, dan sebaliknya, fokus pada orang-orang yang mementingkan bidang lain.
  2. Jenis kelas yang diambil selama sekolah: Jenis kelas yang Anda ambil akan dipertimbangkan dan dievaluasi ketika Anda mengajukan permohonan beasiswa akademik. Misalnya, mendapatkan nilai A dalam matematika dasar dipandang berbeda dari mengamankan A dalam Trigonometri Tingkat Lanjut. Ingatlah semua itu ketika Anda memilih jadwal kelas Anda di sekolah menengah juga. Namun, jangan memaksakan diri untuk melakukannya jika Anda tahu Anda tidak dapat melakukannya dengan baik dalam kursus tertentu.
  3. Kegiatan tambahan yang telah Anda ikuti: Anda akan menemukan bahwa banyak beasiswa akademik menginginkan lebih dari hal-hal biasa. Tidak cukup hanya memiliki nilai tinggi dalam kursus yang menantang. Peninjau beasiswa juga ingin melihat bahwa Anda telah terlibat dalam beberapa jenis kegiatan yang tidak akademis. Pastikan Anda melakukan yang terbaik untuk menemukan beberapa kegiatan tambahan untuk melibatkan diri.
  4. Jika Anda memiliki nilai yang sangat tinggi, kemungkinan Anda tidak akan memiliki masalah masuk ke perguruan tinggi pilihan Anda. Pastikan Bahwa Anda hati-hati mengevaluasi beban keuangan pergi ke sana, meskipun. Beberapa sekolah top sangat mahal sehingga bahkan dengan beasiswa akademik, Anda harus mengambil pinjaman atau mendapatkan dana dengan cara lain. Tetapi hindari membiarkan masalah seperti itu mencegah Anda mendapatkan pendidikan perguruan tinggi yang Anda inginkan. Ini akan menjadi bagian besar dari masa depan Anda, jadi pastikan Anda membuat pilihan yang baik sekarang.

Beasiswa Dari Hasil Tes

Sebagian besar siswa sekolah menengah mengambil banyak tes sebelum lulus. Dan itu adalah kemungkinan yang pasti bahwa di tahun junior atau sophomore Anda jika Anda tinggal di Amerika Serikat, Anda kemungkinan besar akan mengambil tes yang disebut PSAT (juga disebut NMSQT). Tes ini membantu Anda mempersiapkan diri tetapi juga membantu siswa memenuhi syarat untuk beasiswa. Setiap tahun sekitar 3,5 juta siswa mengikuti tes ini. PSAT mengukur keterampilan membaca kritis kandidat, kemampuan matematika, dan keterampilan menulis. Ini disebut sebagai PSAT karena ini adalah tes awal yang terkait dengan pengambilan SAT. PSAT dilakukan pada bulan Oktober setiap tahun, dan banyak siswa muncul untuk tes di kedua kelas 10 dan 11. Tes ini terdiri dari tiga bagian utama – Membaca berbasis Bukti, Menulis dan Bahasa, dan Matematika. Skor PSAT adalah skor komposit, yang merupakan kombinasi dari skor Anda dari setiap bagian, membuat 1520 skor sempurna untuk tes. Anda akan disajikan dengan dua peringkat persentil yang memberikan gambaran tentang kinerja Anda dibandingkan dengan peserta tes lainnya di kelas Anda.

By skyweb