Selanjutnya catatan langkah- langkah simpel– tetapi kerap dibiarkan– yang wajib dicoba saat sebelum kepergian. Untuk mempermudah libura, dapat dengan mencoba sewa bus pariwisata cikarang.

Satu Minggu Saat sebelum Keberangkatan Angin- anginkan koper.

Sediakan kantung buat beberapa barang kecil, semacam perkakas mandi, perkakas renang, serta perlengkapan, alhasil beberapa barang itu tidak berhamburan di dalam koper.

3 Hari Saat sebelum Keberangkatan

Kosongkan kartu ingatan serta isi balik baterai kamera. Sediakan pula charger, baterai ekstra, serta adaptor umum yang bisa dipakai di 150 negeri.

Sediakan obat- obatan individu.

Scan akta berarti, semacam paspor, izin, serta konsep ekspedisi, dan memasok salinannya ke email.

Sediakan travel wallet yang sudah diisi akta yang dibutuhkan, semacam permisi mengemudi, kartu asuransi kedokteran, paspor, serta kartu angsuran. Beritahukan bank pencetak kartu angsuran terlebih dulu hal bertepatan pada kepergian, lama di luar negara, dan negeri tujuan alhasil bank tidak hendak memblokir bisnis. Lihat pula batas serta era legal kartu angsuran.

Satu Hari Saat sebelum Keberangkatan

Tulis isi koper. Jika butuh, ambil gambar busana, sepatu, serta perhiasan yang hendak bermanfaat bagaikan pemilihan bila koper lenyap ataupun dicuri.