Mon. Feb 6th, 2023

Anda yang baru saja berkenalan dengan industri pengisi daya DC mungkin penasaran mengenai serba-serbinya lebih jauh bukan? Selain itu, pastinya Anda juga ingin tahu tentang bagaimana cara kerja dari DC power supply, kan?

Untuk menjawab rasa penasaran Anda tersebut, Kami akan bahas disini. Terdapat 4 prinsip dasar kerja dari DC power supply yaitu transformator, rectifier, filter dan pengatur tegangan. Berikut pembahasannya.

·         Transformator

Cara kerja yang pertama dari DC power supply adalah transformator. Transformator atau kerap juga disebut dengan trafo memiliki fungsi untuk menurunkan tegangan listrik. Listrik akan diturunkan sesuai dengan kebutuhan dari komponen elektronika yang ada di DC power supply.

Prinsip dasar kerja transformator adalah induksi elektromagnetik yang terbagi menjadi dua bagian utama lilitan yang disebut lilitan primer dan juga lilitan sekunder.

·         Rectifier

Rectifier merupakan sebutan untuk penyearah gelombang yang fungsinya adalah mengubah gelombang AC menjadi gelombang DC.

Komponen yang umum ada pada rectifier adalah komponen Dioda. Di dalam power supply, terdapat 2 jenis dari rectifier yaitu half wave rectifier dan juga full wave rectifier.

·         Filter

Cara kerja yang ketiga adalah dengan memakai filter. Filter yang ada di dalam rangkaian power supply akan berfungsi untuk membuat rata sinyal arus yang dikeluarkan oleh rectifier. Umumnya, filter terbagi atas komponen kapasitor yang berjenis elektrolit.

·         Pengatur Tegangan

Dalam industri pengisi daya DC , supaya bisa menghasilkan tegangan dan arus DC yang tetap stabil akan diperlukan pengatur tegangan. Alat ini bertugas untuk mengatur tegangan supaya output tidak akan terpengaruh oleh suhu maupun arus beban dan beberapa faktor lainnya. 

Sebagai informasi, pada alat DC yang sudah canggih, akan dilengkapi juga dengan pembatas arus. Perlindungan atas hubungan singkat dan juga perlindungan atas hubungan tegangan supaya Anda bisa menggunakannya dengan aman.

Itulah informasi tentang cara kerja DC power supply untuk Anda yang tertarik dengan industri pengisi daya DC. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda dan memberi manfaat.

Untuk informasi yang lebih lengkap tentang pengisi daya DC, Anda bisa coba kunjungi website https://pmienergyindonesia.com/

By roket