Mon. Feb 6th, 2023

Ini 15 Panduan Gaya Smart Casual untuk Pria

 

Panduan berpakaian smart-casual yang keren (Foto: Shutterstock)

Ada kalanya ketika kamu hanya ingin menggunakan pakaian kasual untuk sehari-hari, tapi mendadak harus menghadiri agenda yang diwajibkan berpenampilan rapi. Daripada pria kalang kabut dihadapkan dengan kondisi semacam itu, gaya penampilan smart-casual dapat menjadi pilihan paling aman.

 

Smart-casual sendiri adalah penampilan menggunakan pakaian yang lebih formal dibanding tracksuit, tapi tidak seformal menggunakan setelan jas. Cara menerapkan penampilan ini pun terbilang mudah. Sebelumnya, kamu tinggal simak soal panduan gaya busana smart-casual yang dapat jadi inspirasi penampilan sehari-hari berikut ini.

 Kunjungi Website kami disini !!

Apa Maksud Smart Casual?

Smart casual merupakan gaya berpakaian profesional memadukan tren terkini. Dengan begitu, bisa dibilang akan terlihat seperti semi formal. Tidak terlalu formal, tapi juga bukan casual. 

Pakaian smart casual pada dasarnya  harus mencakup beberapa jenis pakaian yang nyaman dan bervariasi. Dengan demikian, kamu dapat memadukan jenis pakaian yang nyaman dan formal dengan melihat tren terkini.

Karena itulah gaya smart casual menjadi pilihan para para pekerja milenial akhir-akhir ini. Selain terlihat profesional, pakaian smart casual juga memberikan rasa nyaman dan trendy yang bisa dikenakan sepanjang hari.

Jadi, secara singkat gaya pakaian smart casual adalah jenis pakaian yang memadukan berbagai pakaian terkini yang menarik dan juga nyaman tetapi tanpa meninggalkan kesan profesional. Dengan begitu, bisa digunakan sebagai pakaian untuk bekerja di kantor.

 

Perbedaan Pakaian Formal dan Casual

Formal dan casual adalah jenis gaya berpakaian. Banyak orang yang tidak bisa membedakan keduanya. Padahal, ada perbedaan jelas di antara dua jenis gaya tersebut.

Pakaian formal adalah gaya berpakaian yang biasanya digunakan dalam acara-acara penting dan resmi. Umumnya, bersifat seremonial. Itu. Sebabnya, pakaian formal identik dengan jas dan dasi untuk laki-laki, dan blazer untuk perempuan.

Sedangkan pakaian casual lebih sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Meski sama-sama terkesan rapih, gaya casual tidak identik dengan dasi. Bagi laki-laki, gaya casual bisa menggunakan kemeja dan celana denim, bukan celana bahan seperti gaya formal.

Pakaian Formal Membuat Anda Berpikir Lebih Kreatif

Selama bertahun-tahun, perusahaan teknologi mencoba membujuk orang-orang di dunia, bekerja dengan celana pendek dan kaus adalah cara terbaik meraih keberhasilan.

Namun, sebuah penelitian mengungkap, mengenakan setelan rapi, dapat membantu seseorang berpikir lebih kreatif. Para psikolog menemukan, berpakaian formal dapat meningkatkan pemikiran abstrak dan kemampuan memecahkan masalah.

Meski begitu, dasi dan kaku juga bisa membuat seseorang tampak kurang bisa didekati dan berjarak. Ini berarti pada hari Jumat, karyawan bisa memakai pakaian yang kurang formal untuk mengurangi kesan berjarak.

Para psikolog, yang temuan mereka diterbitkan dalam jurnal Psikologi Sosial dan Ilmu Kepribadian, sudah lama tertarik tentang arti pakaian. Slepian dan timnya melakukan lima percobaan. Mereka menguji bagaimana seseorang merasa dan bereaksi ketika mengenakan berbagai jenis pakaian.

Mereka meminta mahasiswa membawa dua set pakaian. Salah satu pakaian formal yang dipakai untuk wawancara kerja, dan yang lain dipakai ketika kuliah. Para peserta kemudian menjawab serangkaian tes saat mengenakan pakaian, baik yang formal atau kasual.

Para ilmuwan melaporkan, mengenakan setelah jas memberikan mereka jarak sosial dan perasaan pemberdayaan. Hal itu membuat para mahasiswa merasa lebih kompeten dan rasional. Mereka tampil lebih baik dalam tes berpikir abstrak.

itu lah salah satu kelebihan berpakaian formal.

 

 

By roket