Ingkung Sambilegi Bu Yadi: Wajib Cicip Ingkung Areh & Ingkung Lodho

Bagi masyarakat Jogja, Ingkung adalah makanan dengan citrasa tradisional yang sampai saat ini masih terjaga. Anda pun pasti penasaran, apa itu Ingkung? Ya, Ingkung adalah salah satu jenis masakan berupa ayam kampung utuh yang dimasak dengan menggunakan bumbu opor. Biasanya Ingkung ini dimasak saat memperingati sesuatu menurut adat Jawa. Namun, Anda jangan khawatir, jika penasaran dengan Ingkung, Anda bisa ke Ingkung Sambilegi Bu Yadi.

Lokasi Ingkung Sambilegi Bu Yadi

Lokasi rumah makan ini tidak terlalu jauh dari pusat kota. Anda bisa datang ke Jalan Solo Bandara Adisucipto. Tepatnya berada di Jl Rambutan, Sambilegi Kidul, rt.03 rw.56. Anda bisa mengikuti petunjuk arah yang mengarah ke pasar Sambilegi. Dari pasar Sambilegi Anda tinggal belok kiri, kemudian masuk gang kecil yang searah dengan Hotel UIN SUKA. Dari sana sudah ada plang menuju Ingkung Sambilegi Bu Yadi. Lokasi ini memang tak terlalu jauh, namun bagi wisatawan seperti anda pasti akan jauh lebih nyaman bila menggunakan mobil sewaan yang telah anda sewa dari agen sewa mobil Jogja. Mengapa? Usai lelah berkunjung ke sejumlah tempat wisata, badan yang lelah pasti memerlukan kendaraan yang nyaman yang siap antarkan anda dan rombongan ke resto yang suguhkan menu-menu lezat seperti Ingkung Sambilegi Bu Yadi. Anda hanya perlu bilang saja kepada sang driver.

Namun jika sebelumnya anda sudah hafal dengan area atau kawasan lokasi resto ini berada karena mungkin anda telah berkali-kali liburan di Jogja, tak ada salahnya untuk mendatangi resto terkenal ini dengan menyetir mobil sewaan sendiri. Sekedar info, di Jogja ada banyak sekali pilihan agen sewa mobil Jogja lepas kunci yang bisa jadi referensi untuk anda.

Jika dari pusat Jogja, Anda hanya butuh waktu sekitar 30 menit jika tidak macet. Lokasinya yang dekat dengan persawahan, membuat suasana di rumah makan ini nampak nyaman dan ramah lingkungan. Saat Anda makan di sini pun, bisa sembari menikmati pemandangan sawah yang hijau membentang.

Menu Makan di Ingkung Sambilegi Bu Yadi

Soal menu, Resto Ingkung Sambilegi Bu Yadi menyuguhkan aneka jenis menu andalan yang rasanya sungguh lezat dan mampu membuat anda ketagihan. Berikut menu-menunya.

Ingkung Areh & Ingkung Lodho

Sesuai dengan namanya menu andalan di rumah makan ini adalah Ingkung. Ingkungnya pun ada banyak macam, ada Ingkuh Areh yang dimasak dengan santan special, ada juga Ingkung Lodho yang dimasak sedikit pedas. Keduanya memang mempunyai rasa yang berbeda namun semua rasanya khas. Bahkan agingnya pun empuk dan tidak alot. Meresap sampai ke dalam daging.

Ayam dan Beragam Olahan Ikan Air Tawar

Selain menu Ingkung. Di rumah makan ini juga mempunyai beberapa menu lain. Anda pun bisa memesan ayam goreng bumbu rempah, iwak wader, bandeng, gurame, dan masih banyak lagi. Untuk menu sayur ada terancam, gudeg manggar, dan lain sebagainya. Semuanya adalah menu khas Jogja.

Menu-menu yang disajikan pun beralaskan daun pisang yang akan menambah kenikmatan. Ditambah lagi, ada semerbak angin yang datang dari persawahan. Dijamin, rasanya ingin tambah terus. Apalagi, Ingkung yang disajikan di Ingkung Sambilegi ini sangat mantap, dengan bumbu rempah yang lumer di mulut. Soal harga tidak akan membuat Anda mundur teratur, tapi justru semakin ingin menambah menu. Karena harga di sini cukup terjangkau dan sepadan dengan menu Ingkung yang disajikan. Sangat ramah dikantong.

Dengan citarasa tradisional di Ingkung Sambilegi Bu Yadi ini, pada nantinya akan membuat liburan Anda nampak berkesan. Pasalnya rasa lokal dan tradisional seperti ini akan sangat jarang Anda ditemui di kota lain. Bagi Anda yang kangen kampung halaman pun sangat cocok makan di sini saat liburan nanti.

Suasana Balai Makan di Ingkung Sambilegi

Persawahan memang menjadi aset tempat yang cocok untuk membuka kedai makan. Dan, Ingkung Sambilegi Bu Yadi ini pun juga tak mau ketinggalan. Sebab, makan di pinggir sawah dengan pemadangan padi yang menguning akan menambah citarasa makanan. Makan pun semakin nikmat dan lezat.

Maka dari itu, lokasi Ingkung Sambilegi yang terletak di pinggir sawah ini pun sangat banyak dikunjungi pemburu kuliner yang menginginkan kedamaian saat makan. Suasana yang sejuk, damai, jauh dari kebisingan dan hiruk pikuk kemacetan akan Anda temui saat berkunjung ke sini.

Konsep Bali-Jawa

Tak hanya itu, rumah makan ini pun mengusung konsep Bali-Jawa. Saat Anda masuk, Anda akan disambut dengan paying-payung lipat yang dibiarkan menggantung di udara. Lalu, untuk menuju pondok makan, Anda harus melewati jembatan bambu kecil. Dan di beberapa tiang, ada sarung bali yang dibiarkan membalut kaki tiang.

Tak lupa pula, Anda akan mendengar alunan lagu Bali atau sesekali lagu Jawa. Entah itu Jawa Tengah, atau Barat. Lagu-lagu syahdu itu lah yang akan menemani Anda makan dan bercengkerama dengan kerabat. Alunan musik tersebut akan membuat Anda jauh lebih nyaman, tenang dan semakin lahap menyantap makanan.

Rumah makan ini pun juga cukup luas. Ada banyak tempat duduk yang bisa Anda pilih. Suasana malam pun sangat hangat ditambah dengan lampu-lampu kecil bewarna kuning di ruang depan. Gemerisik angin, dan suara jangkrik pun semakin memberi suasana seperti berada di kampung halaman nenek. Begitulah rumah makan ini. Selain menu yang bisa mengingatkan Anda akan kehangatan keluarga di kampung halaman, Anda juga akan mendapatkan itu dari suasana lokasi di sini. Benar-benar sangat cocok untuk santap kuliner bersama keluarga.