Mon. Feb 6th, 2023

Selain berpikir kritis, ada cara berpikir lain yang perlu diperbaiki, yaitu berpikir strategis. Pola pikir ini mengajak Anda untuk mengatasi masalah dengan membuat beberapa rencana kemudian menganalisisnya sebelum akhirnya mengimplementasikannya di dunia kerja.

 

Pemikiran strategis berlaku tidak hanya untuk manajemen puncak tetapi juga untuk bawahan, membuatnya lebih mudah untuk mencapai tujuan.

 

Bisakah Anda berpikir secara strategis? Atau mungkin masih ada ruang untuk perbaikan? Berikut adalah beberapa langkah untuk meningkatkan pemikiran strategis yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Bagi kamu yang ingin mendirikan PT kamu bisa langsung kunjungi Jasa Pembuatan PT dan Biaya Pembuatan PT

 

1. Temukan masalah yang ingin Anda selesaikan

 

Keterampilan berpikir strategis dapat dilatih ketika masalah muncul. Cobalah untuk memikirkan kembali masalah yang Anda alami baru-baru ini, tetapi belum dapat Anda selesaikan. Anda dapat menggunakan ini sebagai contoh untuk mengasah pemikiran strategis Anda.

 

Solusinya tentu bukan dengan berpikir keras, melainkan mencari jalan menuju penyebab masalah. Anda kemudian dapat meringkas strategi resolusi Anda dengan meluruskan utas.

 

Anda dapat mengembangkan berbagai strategi penagihan. Jika satu strategi tidak berhasil, Anda dapat mencoba yang lain hingga masalah teratasi sepenuhnya dan hasil yang diinginkan tercapai.

 

2. Mencoba hal baru

 

Dalam pemikiran strategis, Anda perlu berpikir di luar kotak. Mau tidak mau, Anda harus mencoba hal-hal baru, yang juga dapat menambah wawasan Anda tentang hal-hal baru. Anda dapat langsung mengembangkannya untuk menyempurnakan pemikiran strategis Anda.

 

Saat mencoba hal baru, ada resikonya. Namun yakinlah, risiko ini tidak akan merugikan Anda secara permanen. Karena risiko itulah Anda bisa lebih berhati-hati saat merencanakan sesuatu.

 

Anda bisa memulai dari yang kecil, seperti mencoba menerapkan rumus baru untuk menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan angka. Siapa tahu, formula yang Anda temukan bisa mempercepat pekerjaan Anda.

 

3. Tetapkan tujuan jangka panjang

 

Pemikiran strategis terkait erat dengan perencanaan. Dalam perencanaan, usahakan untuk memiliki tujuan jangka panjang agar Anda terbiasa berpikir strategis. Mulailah dengan mengidentifikasi sebab dan akibat dari masalah, kemudian kembangkan solusi dengan memperhatikan dampak jangka panjang.

 

Jika solusi berdampak negatif pada masa depan, Anda dapat menemukan solusi yang memprediksinya sehingga pekerjaan Anda tidak terganggu.

 

Kuncinya jangan takut. Biasakan sekarang merencanakan berbagai hal dalam jangka panjang sehingga Anda tidak membuat keputusan acak.

 

4. Prioritaskan

 

Memprioritaskan pemecahan masalah akan membantu Anda meningkatkan pemikiran strategis Anda. Karena ada banyak pertanyaan, Anda harus memilih yang paling penting. Misalnya dalam hal meningkatkan penjualan, fokusnya adalah bagaimana menciptakan teknik pemasaran yang baik.

 

Prioritas tersebut tentu saja yang paling mendesak saat ini. Jika Anda tidak segera menyelesaikannya, saya khawatir itu akan mempengaruhi pekerjaan Anda yang lain.

 

Selain meningkatkan pemikiran strategis, hal ini akan meningkatkan fokus pemecahan masalah untuk hasil yang efektif dan efisien.

 

5. Libatkan orang lain

 

Idealnya, pemikiran strategis dapat ditingkatkan dengan melibatkan orang lain dalam prosesnya. Kehadiran orang baru akan memberi Anda inspirasi tertentu yang dapat Anda gunakan untuk menciptakan ide-ide baru untuk menyelesaikan pekerjaan.

 

Bukan hanya rekan kerja, tetapi Anda juga bisa melibatkan orang lain dalam komunitas yang penuh dengan orang-orang yang bekerja di bidang yang sama dengan Anda. Jadi akan menarik untuk membahas prosesnya.

 

Cobalah untuk tidak menutup diri agar Anda dapat mengambil apa yang telah dibahas dan mencoba menerapkannya di tempat kerja. Berhasil tidaknya, progres dan hasil akhir bisa dilihat kemudian,

 

6. Jangan puas dengan hasil

 

Apakah pola pikir Anda menjadi lebih strategis akhir-akhir ini? Selamat, upaya Anda untuk meningkatkan pemikiran strategis Anda tidak sia-sia. Namun, jangan langsung puas dengan hasil yang sudah didapatkan, karena itu tidak seberapa.

 

Ingatlah bahwa masalah yang Anda hadapi sekarang adalah hal yang sepele dibandingkan dengan masalah yang akan Anda hadapi besok. Padahal, Anda masih perlu belajar lebih banyak lagi agar bisa memaksimalkan pemikiran strategis Anda dan merasakan manfaatnya dalam skala yang lebih luas. Tidak hanya di tempat kerja, tetapi juga dalam urusan pribadi.

 

Latih dan asah serta pertahankan kerja otak. Dan istirahatlah yang cukup agar kinerja otak Anda kembali maksimal esok hari.

By roket