Gunung Gede Pangrango dari Jakarta Menuju Jalur Pendakian

Kamu berasal dari Jakarta atau berencana untuk melakukan pendakian gunung gede pangrango dari Jakarta menuju jalur pendakian…?

Gunung gede pangrango Jawa Barat memiliki tiga jalur pendakian resmi yang dapat kamu pilih yaitu via Cibodas, via Gunung Putri dan via Selabintana.

Gunung yang berada di tiga kabupaten di provinsi Jawa barat ini bisa di daki melalui tiga jalur pendakian gede pangrango tersebut.

Gunung Gede Pangrango dari Jakarta Menuju Jalur Pendakian

Untuk menuju titik pendidikan gunung gede pangrango dari Jakarta, berikut cara menuju jalur pendakian gede pangrango via Jakarta ke jalur pendakian gede pangrango.

1. Menuju Jalur Pendakian Cibodas

Naik kendaraan pribadi

Jakarta – Cibodas berjarak sekitar 100 kilometer untuk sampai ke titik jalur pendakian gunung gede pangrango di Cibodas, untuk sampai ke sana menggunakan kendaraan pribadi bisa melalui tol Jagorawi dan keluar di tol Ciawi.

Setelah sampai di pertigaan Ciawi selanjutnya pilih jalur ke Puncak Bandung dan melanjutkan perjalanan sekitar 7,6 kilometer untuk sampai Puncak Pass Hotel.

Setalah melewati Outlet DSE, selanjutnya ambil jalur ke kanan di pertigaan Paragajen berjarak sekitar 3 Km untuk sampai ke pintu masuk Cibodas “titik awal pendakian gede pangrango”.

Naik bus

Cari bus jurusan Jakarta ke Bandung via puncak Bogor. biasanya harga tiket sekitar 30-60 ribu per orang dan turun di pertigaan Paragajen atau di pertigaan Cibodas yang terdapat papan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di sebelah kiri jalan.

Lanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum jurusan Cibodas Rarahan dengan tarif sekitar 5 ribu dan turun di gerbang kantor Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, selain angkutan umum kamu juga bisa naik ojek.

2. Menuju Jalur Pendakian Gunung Putri

Jalur pendakian gede pangrango yang kedua adalah via Gunung Putri.

Kendaraan Pribadi

Jika menggunakan kendaraan pribadi kamu bisa mengandalkan Google map lewat tol Jagorawi ke tol Ciawi ke arah puncak Bandung sekitar 120Km untuk sampai ke Kantor Resort Gunung Putri “pintu masuk menuju jalur pendakian gunungnung Gede Pangrango Via Putri.

Naik Angkot

Atau kamu bisa menggunakan angkutan umum, cari bus jurusan Jakarta – terminal cipanas, selanjutnya naik angkot 03 warna kuning jurusan gunung putri yang berjarak sekitar 7 kilometer dari terminal cipanas.

Naik Kereta “KRL”

Untuk sampai gunung gede pangrango dari Jakarta menuju jalur pendakian kamu juga bisa naik KRL.

Ambil KRL jurusan Stasiun Bogor dilanjutkan dengan naik angkot 03 dan turun di halte Damri untuk melanjutkan perjalanan menuju Pasar Ciawi dengan naik angkot 01.

Dari Pasar Ciawi selanjutnya naik elf warna putih dan turun di pasar Cipanas.

Cari angkot kuning di sebrang pertigaan jurusan Gunung Putri, untuk sampai pintu masuk gunung putri biasanya sekitar 2 sampai 3 jam.

3. Menuju Jalur Pendakian Via Selabintana

Jarak Sukabumi – Jakarta sekitar 120 KM, untuk menunjukkan jalur pendakian gunung gede pangrango dari Jakarta silahkan cari jalur menggunakan Google map jika menggunakan kendaraan pribadi menuju alun-alun suka bumi dan melanjutkan perjalanan ke Selabintana.

Pintu masuk pendakian Gunung Gede Pangrango via Selabintana yaitu di Pondok Halimun tepatnya Cipelang.

Jika naik kendaraan umum, kamu bisa naik bus jurusan Sukabumi. Turun di Alun-alun Sukabumi dan lanjut naik angkot ke Selabintana.

Jarak dari Alun-alun hingga sampai di pintu masuk Selabintana sekitar 6 kilometer.

Jadi jika kamu berniat untuk mendaki gunung gede pangrango dari Jakarta menuju titik pendidikan, ada baiknya pilihan jalur pendakian gunung gede pangrango terlebih dahulu sebelum memutuskan.