Mon. Dec 5th, 2022

Efikasi masker bedah dalam mencegah penyebaran dan penularan bakteri maupun virus memiliki efektivitas proteksi di atas 90%. Sehingga, penggunaan masker lebih direkomendasikan untuk digunakan selama masa pandemi.

Apalagi, mengingat pabrik masker bedah menawarkan harga lebih bersahabat. Berbeda dengan masker medis jenis lain, masker bedah memang sedikit lebih longgar dan nyaman digunakan.

Sehingga ada kemungkinan terjadi kebocoran udara. Di samping itu, surgical mask juga bersifat sekali pakai.

Saat kondisi masker sudah mulai basah dan rusak, maka harus segera dibuang.

Efektivitas Masker Bedah dalam Menyaring Virus

Sebelum membeli surgical mask pilihan, Anda mungkin pernah mempertanyakan kemampuan produk tersebut dalam menyaring virus dan bakteri, bukan? Berikut adalah pendapat ahli mengenai efektifitas masker bedah:

1.   Derek, 2020

Studi yang dilakukan Derek menyebutkan, bahwa masker bedah bisa mengurangi risiko penularan ifeksi dalam rentang aOR 0.07–0.34 dan RR 0.26–0.45.

2.   Jefferson, 2011

Penggunaan masker bedah dapat memberikan perlindungan yang baik dan cukup efektif dalam menghambat infeksi virus penyebab penyakit.

Anjuran Menggunakan Masker Bedah

Penggunaan masker di luar rumah disebutkan lebih efektif dalam membatasi penyebaran virus yang bisa ditularkan melalui droplet dan aliran udara. Oleh sebab itulah, masyarakat dihimbau untuk menggunakan masker bedah yang dianggap lebih efektif dalam menghambat penularan virus.

Khususnya masker bedah tiga lapisan yang bersifat sebagai anti air dan berfungsi untuk menyaring kuman, bakteri, dan virus. Akan tetapi, bagi orang yang sehat dan memiliki sistem imun tinggi, WHO merekomendasikan untuk memakai masker bedah 2 lapis.

Untuk memaksimalkan kegunaan masker tersebut, Anda bisa memakai tambahan masker lain.

Lantas, apakah semua orang diharuskan mengenakan masker bedah? Sebenarnya tidak. Di bawah ini adalah beberapa kriteria yang direkomendasikan menggunakan surgical mask:

· Tenaga kesehatan.

· Orang dengan gejala Covid-19.

· Lanjut usia.

· Penderita penyakit kronis tertentu, seperti infeksi saluran pernapasan.

· Orang yang merawat pasien terkonfirmasi Covid-19.

Efikasi masker bedah dalam mencegah penyebaran virus memang cukup mumpuni, sehingga wajar apabila diminati oleh banyak pihak. Bila Anda yang tertarik membeli atau menjadi reseller masker bedah bersertifikasi, pastikan hanya beli produk di Medika Maesindo Global (MMG).

By roket