Thu. Sep 29th, 2022
Domain Name System (DNS)

Mengenal lebih jauh mengenai Domain Name System (DNS) serta bagaimana cara kerja DNS dalam jaringan. Pada bagian ini, kita akan mempelajari Domain Name System dan perannya dalam menerjemahkan nama domain ke alamat IP yang sesuai untuk menyediakan halaman web.

Definisi Domain Name System (DNS)

Domain Name System (DNS) adalah sistem Internet untuk menerjemahkan nama domain menjadi alamat Internet Protocol (IP) numerik. Dengan kata lain, adalah buku telepon di internet. Manusia mengakses informasi secara online menggunakan nama domain, seperti nytimes.com atau sports.com. Web browser berinteraksi menggunakan alamat Internet Protocol (IP). Server DNS menerjemahkan nama domain ke alamat IP sehingga browser dapat memuat sumber daya Internet.

Setiap perangkat yang terhubung ke Internet memiliki alamat IP unik yang dapat digunakan perangkat lain untuk menemukan perangkat tersebut. Server DNS menghilangkan kebutuhan manusia untuk menghafal alamat IP seperti 192.168.1.1, atau alamat IP alfanumerik baru yang lebih kompleks, seperti 2400: cb00: 2048: 1:: c629: d7a2.

Bagaimana cara kerja DNS?

Server DNS mengubah nama host (seperti www.netersave.com) ke alamat IP yang didukung oleh komputer (seperti 192.168.19.1). Alamat IP diberikan ke setiap perangkat di Internet, dan alamat itu akan diperlukan untuk menemukan perangkat Internet yang sesuai, sama seperti alamat jalan yang digunakan untuk menemukan rumah pribadi. Saat pengguna ingin memuat halaman, apa yang diketik pengguna di browser web example.com mereka harus diterjemahkan ke dalam alamat yang dapat dipahami komputer untuk menemukan halaman web netersave.com.

Kita dapat menghargai proses ini dalam gambar di bawah ini.

Domain Name System (DNS)

By arief