Desain Rumah Tropis Minimalis – Rumah tropis adalah rumah-rumah di mana bentuk atau komponen pembentuknya direncanakan agar sesuai dan nyaman untuk area iklim tropis.
Gagasan desain rumah tropis akan memaksimalkan kekuatan iklim tropis dan mengurangi efek / dampak iklim tropis yang jelek. Dengan kata lain ide desain rumah tropis adalah ide desain yang dapat menyesuaikan dengan iklim tropis.
Sebelum meninjau selanjutnya tentang gagasan desain rumah tropis yang perlu kita ketahui terlebih dahulu apa dan bagaimana wilayah dengan iklim tropis. Wilayah iklim tropis adalah area yang ada antara garis 23 derajat garis lintang utara dan selatan selatan dan berada di sekitar khatulistiwa.
Situasi iklim di daerah tropis benar-benar dikendalikan oleh pencahayaan matahari terus menerus setiap hari selama setahun.
Elemen surya berikut sebagai kekuatan maupun masalah iklim tropis. Sinar matahari adalah salah satu kekuatan iklim tropis yang melimpah selama setahun. Rata-rata daerah tropis menerima sinar matahari hampir serta 12 jam sehari.
Tetapi wilayah dengan iklim tropis memiliki masalah, yaitu situasi udara panas karena suhu udara dan kelembaban udara tinggi. Situasi udara panas dirasakan melalui tingkat kenyamanan.

Prinsip desain rumah tropis
Seperti yang telah dijelaskan pada awalnya menurut jasa interior jogja jika masalah penting di daerah iklim tropis adalah masalah suhu udara yang cukup panas. Oleh karena itu dalam gagasan desain rumah tropis, itu membutuhkan pengaturan suhu udara di rumah. Pengaturan suhu udara dapat dilakukan oleh:

Memperbesar volume ruang atap
Jadi itu adalah pembukaan ventilasi besar sehingga volume angin yang masuk ke luar angkasa lebih banyak
Pengaturan kamar terbuka sampai angin meningkat dengan mudah bergerak di ruang angkasa
Masukkan faktor air berbentuk air akan mengurangi suhu udara
Tingkatkan faktor tanaman / kebun

Desain rumah tropis minimalis
Desain rumah adalah salah satu desain yang terus beralih ke perubahan pada saat. Pengembangan tren desain rumah dikendalikan oleh beberapa elemen.
Salah satu elemen yang mempengaruhi pengembangan tren desain rumah adalah pengembangan skema dan gaya hidup manusia bagi mereka yang tinggal di rumah.
Demikian juga, tren desain rumah pada tahun 2019, akan dikendalikan oleh pengembangan gaya hidup. Desain rumah yang dirancang minimalis tampaknya disukai oleh penduduk.
Gaya hidup sekarang yang menuntut segalanya untuk dikonsentrasi benar-benar benar dengan gagasan desain rumah minimalis.
Selain itu, kesadaran manusia selalu kembali di alam, tampaknya meningkat. Ini tercermin dalam desain gaya rumah yang dipilihnya. Desain hijau akan lebih trendi dalam desain rumah. Desain rumah akan lebih responsif dengan situasi iklim tropis Indonesia.
Topik desain rumah tropis minimalis dapat menjadi salah satu tren desain rumah pada tahun 2019.
Kombinasi antara gagasan rumah tropis dengan ide rumah minimalis dapat menjadi kombinasi yang menarik. Implikasi dari ide-ide desain rumah tropis minimalis dapat dijelaskan termasuk yang berikut:

Bentuk sederhana
Bentuk massa sederhana adalah akar dari ide desain rumah minimalis. Bentuk massa adalah minimum kemungkinan menggunakan komponen dekoratif. Penggunaan Beton Tritis adalah contoh sederhana dari gagasan rumah tropis minimalis.

Pemanfaatan potensi alami
Kekuatan alam di daerah tropis seperti Indonesia cukup berlimpah. Sinar matahari adalah salah satu kekuatan alam tropis yang banyak dalam gagasan desain rumah tropis.
Selain itu, penggunaan bukaan jendela lebar sederhana adalah contoh dari implikasi desain rumah tropis minimalis. Contoh lain adalah pengaturan ruang sederhana dan terbuka sampai sangat mungkin untuk bergerak bebas di rumah. Info selengkapnya di Kontraktor Jogja

Penggunaan warna alami dan cerah
Salah satunya adalah peran mewarnai di gedung rumah untuk mengkonfirmasi gagasan desain rumah. Pada gagasan desain rumah tropis minimalis, warna alami banyak digunakan. Warna – Krim – Cokelat dengan beberapa gradasi akan memperkuat gagasan desain rumah tropis minimalis.

By Drajad