ciri sel kanker

Bagaimana sebuah sel dapat dikatakan sudah berubah menjadi sel kanker? Apa Sebenarnya ciri sel kanker yang membuatnya berbeda dari sel normal? Mengutip dari informasi yang termuat dalam deherba.com, berikut adalah jawabannya.

Ciri Sel Kanker

Sel kanker memiliki banyak perbedaan dari sel normal dalam tubuh. Sel kanker memiliki sifat unik merusak dan mendominasi. Bahkan dapat menyebabkan kerusakan organ hingga kematian.

Apa sebenarnya yang terjadi? Bagaimana sebenarnya karakteristik dari sel kanker? Berikut adalah 5 gambarannya untuk Anda.

Sel kanker tidak mengenal diferensiasi

Sebenarnya sel dalam tubuh manusia ini sangat beragam karakternya. Dalam satu organ saja mungkin terdapat sejumlah jenis sel yang berbeda, baik itu bentuk, fungsi dan sifatnya. Sementara berbeda organ sudah pasti akan memiliki beda sel yang berfungsi dan bekerja dalam cara berbeda pula.

Sel sel ini sendiri terbentuk dengan mengacu pada DNA dalam tubuh. Setiap sel memiliki DNA dan RNA khusus yang meski memiliki kesamaan namun bekerja dengan cara masing masing. DNA akan mengatur kode kode tiap sel, bagaimana sel bekerja, mati dan beregenerasi.

Sel kanker sendiri adalah sel yang sudah mengalami kerusakan DNA. Kerusakan ini menyebabkan sel membentuk sel baru yang tidak bekerja secara normal. Yang unik, sementara sel normal memiliki ciri masing masing justru sel kanker bekerja, beregenerasi, melindungi diri dengan cara yang serupa. Ini karena kode dari sel asli yang rusak, hingga sel kehilangan identitas khasnya.

Sel kanker tidak membaca kode dari sel induk

Sel induk merupakan sel utama yang menentukan perkembangan setiap sel dalam tubuh. Menentukan kapan sel akan mati atau apoptosis atau kapan sel harus membentuk sel baru atau regenerasi.

Masalahnya, sel kanker gagal merespon kode dari sel induk. Sehingga sel kanker yang sebenarnya sudah terbaca sebagai sel rusak, tidak bisa mengalami apoptosis atau kematian. Sedang sel juga tidak dapat merespon perintah untuk menghentikan pembentukan sel baru. Sehingga sel kanker akan terus proliferasi atau memperbanyak diri dan mitosis secara berketerusan.

Sel Kanker memiliki nukleus yang berbeda

Nukleus dari sel kanker berbeda dari nukleus pada sel normal. Ini menjadi salah satu ciri sel kanker lainnya. Nukleus ini memiliki sistem unik yang membentuk sistem selubung proteksi. Ini menyamarkan sel kanker dari sel normal hingga sulit bagi imunitas tubuh mengenali keberadaannya.

Nukleus dari sel kanker juga sifatnya mandiri, tidak terikat dengan kawanan. Karena setiap sel kanker memiliki pembuluh darah mandiri (angiogenesis) yang membuatnya dapat berkembang dengan menyerap langsung nutrisi dalam darah, tanpa melalui sel sel normal di sekitarnya.

Kemandirian nukleus ini pula yang menyebabkan sel kanker dapat bertahan meski telah melepaskan diri dari koloni massanya. Sel mampu bertahan dan menyerap nutrisi dari darah atau cairan getah bening, bahkan masuk dan berenang di dalamnya. Ini disebut metastasis, ketika sel kanker lepas dari koloni utamanya dan masuk ke dalam sirkulasi darah. Kemudian menyerang organ lain dalam tubuh.

Sel kanker memiliki metabolisme unik

Keunikan dari ciri sel kanker lain adalah metabolismenya yang berbeda. Sel kanker tidak hidup dengan mengandalkan oksigen. Justru ekosistem tubuh yang kaya oksigen bisa mejadi zona tidak nyaman untuk sel kanker. Sementara sel sehat dalam tubuh kita justru sangat membutuhkan oksigen untuk hidup.

Metabolisme dari sel kanker membuatnya lebih haus akan gula. Sel kanker akan menyerap gula dalam darah secara berlebihan. Menyebabkan penderitanya mengalami kekurangan energi.

Sel kanker bersifat invasif

Keunikan sekaligus bagian terburuk dari ciri sel kanker adalah sifat invasif di dalamnya. Sel kanker memiliki kemampuan merusak DNA dari sel sel sehat di sekitarnya. Sel kanker juga menyebabkan sel sel sehat sekitarnya mengalami kerusakan lebih cepat dari seharusnya.

Ciri sel kanker lain adalah sifatnya yang membantuk peradangan. Hingga sel sel sehat akan mengalami kerusakan dan berubah menjadi sel kanker. Ini merupakan proses dari pembentukan massa kanker. Massa ini terbentuk dari perkembangan sel sehat yang telah menjadi kanker dan sel kanker yang memperbanyak diri.

By Nurul K