Cara Pembuatan Barcode Yang Bisa Discan, Bisa Lewat HP dan Laptop

Cara Pembuatan Barcode – Ketika Anda berbelanja ke supermarket pastinya saat proses transaksi barang yang Anda beli di scan terlebih dahulu untuk tahu berapa harga barangnya.

Nah, yang di scan itu adalah barcode yang ada di barang. Barcode merupakan kumpulan-kumpulan data optic yang bisa dibaca atau di scan oleh mesin. Sebuah barcode terdiri dari kumpulan-kumpulan data yang dijadikan simbol dengan bentuk spasi garis paralel dan lebar garis.

Barcode pun sering dikenal sebagai kode batang, satu dimensi atau simbologi linear. Jika Anda seorang pebisnis, cocok sekali menggunakan barcode yang memiliki banyak fungsi. Contohnya untuk mengetahui jumlah stok dan harga barang tanpa perlu mengeceknya lagi. Saat Anda scan barcode tersebut semua datanya akan muncul.

Lalu bagaimana sih cara pembuatan barcode? Membuat barcode sendiri bisa dengan melewati 2 alat, yaitu melalui HP dan laptop. Simak cara lengkapnya di bawah ini.

Cara Pembuatan Barcode Melalui HP

Cara yang pertama ini terbilang sangat mudah dan praktis. Anda hanya perlu mengunduh satu aplikasi yaitu Barcode Generator di HP.

1. Install aplikasi Barcode Generator.

Aplikasi Barcode Generator ini sangat direkomendasikan. Selain ukuran aplikasinya yang kecil, rating aplikasi ini pun juga tinggi.  Barcode tentunya mempunyai antarmuka yang sederhana dan mudah dipahami oleh orang-orang.

2. Jalankan Aplikasinya

Setelah proses pemasangan dilakukan, buka aplikasi tersebut lalu tetak atau klim tanda + yang letaknya di lingkaran merah. Kemudian pilih saja Add Code.

3. Pilih jenis barcode yang akan digunakan.

Jenis barcode memang ada banyak. Umumnya yang ditawarkan pada aplikasi Barcode Generator seperti QR Code, DataMatrix, Codabar, Aztec Code, Code 128, Code 39, dll. Selanjutnya lengkapi data-data informasi yang dibutuhkan dan akan dimasukkan ke dalam barcode.

4. Simpan Gambar Barcode

Data-data informasi yang Anda masukkan akan menjadi sebuah gambar barcode. Gambar barcode yang telah jadi pun dapat Anda simpan dalam format PNG atau JPG. Selanjutnya, Anda juga dapat langsung membagikan barcode tersebut ke sosial media yang Anda punya seperti Whatsapp, Line, Facebook, dll.

Melalui Laptop atau PC/Laptop

Selanjutnya, cara pembuatan barcode yang bisa Anda lakukan melalui laptop atau PC. Anda tetap bisa membuatnya dengan gratis dengan mengikuti langkah di bawah ini.

  1. Yang pertama, buka situs www.barcode-generator.org. Situs tersebut memfasilitasi Anda membuat barcode secara gratis.
  2. Setelah itu, pilih lah tipe barcode yang ingin dibuat dengan memilih menu Create Free
  3. Kemudian, Anda perlu mengisi data-data informasi yang diperlukan untuk membuat sebuah barcode
  4. Tahap terakhir yaitu pilih tombol Create QR Code.
  5. Selesai! Anda bisa menyimpannya dengan format JPG, EPS, dan SVG.

Barcode sendiri terdiri dari beberapa jenis: barcode 1 dimensi dan 2 dimensi. Barcode 1 dimensi pun masih mempunyai beragam jenis seperti Code 39, Code 128, Universal Product Code (UPC), dll. Sementara barcode 2 dimensi biasa banyak ditemukan pada perusahaan manufaktur.

Nah, untuk Anda yang sedang mencari mesin kasir yang bisa menscan barcode-barcode model tersebut, Anda bisa menggunakan mesin kasir dari iMin. Keunggulan yang didapat dari produk tersebut pun sangat banyak, seperti membuat laporan keuangan, memanage inventory barang, bahkan bisa dijadikan sebagai alat absensi perusahaan. Multifungsi bukan?

Perangkat Kasir iMin sudah dilengkapi pemindai wajah yang bisa mendeteksi siapa saja karyawan yang keluar-masuk toko, siapa saja pelanggan yang datang. Jadi sangat cocok digunakan pada bisnis Anda.