Cara Mengatasi Anemia Pada Anak

Anemia atau kurangnya sel darah merah ternyata tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, namun hal ini juga terjadi anemia pada anak. Hal ini perlu diperhatikan secara jelas, karena akan mempengaruhi tumbuh kembang si buah hati. Biasanya anak-anak sering mengalami lesu dan tidak begitu bersemangat dalam menjalani kegiatan sehari-harinya.

Gejala ini sangat sering ditemui pada orang dewasa, tetapi tidak menutup kemungkinan bisa terjadi kepada anak-anak dan Anda selaku orang tua perlu mewaspadainya. Karena mengalami kurang darah akan menyebabkan berbagai permasalahan dan perlu diatasi dengan cepat. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasinya, perhatikan pembahasannya secara lengkap.

Mengatasi Anemia Anak

Dalam hal ini sangat penting untuk diatasi secara cepat, karena jika tidak akan berpengaruh pada si anak dan mempengaruhi pertumbuhannya. Tentunya hal ini jangan sampai terjadi dan langsung diselesaikan secara cepat. Berikut ini beberapa cara untuk dapat menyelesaikan dan mengatasinya, yaitu :

1. Melihat Faktor Penyebabnya

Ketika Anda sudah memperhatikan dalam beberapa waktu anak Anda mengalami kondisi yang berbeda dengan sebelumnya Anda perlu memperhatikan dan melihatnya. Karena gejala anemia perlu diperhatikan penyebab yang terjadi. Dalam hal ini Anda harus sigap dan membawa anak Anda ke pusat kesehatan untuk cek tekanan darahnya.

Karena ketika Anda melakukan pengecekkan dan hasilnya mengalami anemia,pihak kesehatan akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan memberikan diagnosisnya. Dengan begitu Anda dapat mencegahnya dan anemia yang terjadi pada anak Anda akan dapat segera diatasi.

2. Pola Makan yang Sehat

Menerapkan makanan yang sehat dan penuh dengan gizi akan membantu anak-anak Anda tumbuh dengan sehat dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Apabila anak Anda sering mengalami anemia, pastikan memberikan makanan yang mengandung banyak zat besi yang dapat membantu meningkatkan kadar darah dalam tubuh.

Ada banyak makanan yang dapat Anda perhatikan untuk diberikan pada si kecil, baik itu mengolah hati ayam, jenis kacang-kacangan, sayur brokoli dan bayam, serta daging merah. Hal itu penting untuk diberikan dan menerapkan pola makan yang sehat dan teratur, supaya gejala anemia dapat diatasi.

3. Berikan Vitamin dan Suplemen

Untuk mengatasi gejala anemia tersebut Anda dapat memberikan vitamin c dan suplemen yang mengandung zat besi yang tinggi. Karena hal tersebut dapat memberikan dampak yang baik dan mencegah anak terkena anemia. Untuk vitamin c sendiri dapat memberikan buah-buahan seperti jeruk, jambu, dan stroberi.

Pada pemberian suplemen sendiri harus memperhatikan aturan langsung dari dokter dan tidak bisa sembarangan memberikannya. Kebutuhan suplemen ini untuk meningkatkan kandungan hemoglobin dalam tubuh dan mempunyai manfaat yang baik. Namun Anda tetap terus memperhatikan kadar dosis dan kandungannya.

Nah, semoga informasi mengenai info bayi dan anak dalam menghadapi anemia dapat menjadi pembelajaran dan manfaat kedepannya.