Thu. Sep 29th, 2022

Cara Membuat Surat Perjanjian Antara Suami dan Istri

Apakah Anda pernah mendengar orang-orang melakukan pembuatan dari surat perjanjian antara suami dan istri? Biasanya hal ini akan dilakukan pranikah. Tentunya ini memiliki beberapa fungsi karena menjadi informasi hukum, namun sebelum itu pahami dulu penjelasan berikut.

Apa Sebetulnya Surat Perjanjian Suami dan Istri?

Surat perjanjian diantara suami ataupun istri biasanya akan dipakai untuk kesepakatan pribadi yang memang konteksnya dalam keluarga. Sebetulnya untuk isinya juga beraneka ragam. Contohnya saja tentang perceraian, pembahasan dari harta gono gini, pembelian tanah, kekerasan rumah tangga.

Karena tentu dengan adanya hal seperti itu, tujuan dari dibuatnya surat ini akan berbeda-beda. Biasanya aku disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Sebagaimana yang telah diketahui, setelah menikah nantinya suami istri bisa jadi mengalami beberapa hal di masa depan.

Misalnya saja hal-hal positif sampai negatif. Jika muncul pro dan kontra mampu diatasi dengan adanya surat perjanjian tersebut. Tapi perlu diingat ya, biasanya bukan hanya digunakan untuk konteks buruk saja.

Perjanjian Pasca Nikah atau Post Nuptial

Perjanjian yang dilakukan pasca nikah atau disebut sebagai postnutial, menjadi surat khusus dibuat oleh suami ataupun istri dalam bentuk akta notaris selama masih berada dalam ikatan perkawinan. Mengenai tujuan utama dari pembuatannya untuk memisahkan harta bersama.

Karena jika berdasarkan dari undang-undang Nomor 1 tahun 1974 pasal 35 ayat 1 mengenai perkawinan. Harta benda yang diperoleh saat ikatan pernikahan itu masih berlangsung merupakan milik bersama.

Alhasil ketika salah satu di antara suami ataupun istri menjual atau mengalihkan harta perlu adanya kesepakatan bersama. Dengan dibuatnya perjanjian seperti ini tentu akan bisa mendapatkan kejelasan tentang kepemilikan harta dari masing-masing.

Inilah Tujuan Utama Dibuatnya Perjanjian Kawin

Meskipun menjadi pro dan kontra tapi sebetulnya ini adalah informasi hukum yang sangat penting dipahami oleh pasangan. Baik itu dalam perjanjian pranikah ataupun pasca nikah. Sebab akan ada beberapa keuntungan serta memiliki tujuan positif kedepannya. Yakni:

  • Kejelasan dari pemisahan harta milik masing-masing, sehingga jika terjadi perceraian proses pembagian pun akan lebih mudah dan mampu meminimalisir konflik.
  • Mampu memisahkan tanggung jawab dari masing-masing pihak atas hutang yang telah dibuat selama masa perkawinan.
  • Jika saja salah satu pihak ingin menjual harta kekayaannya, perlu sekali meminta persetujuan dari pasangan terlebih dahulu.
  • Bagi WNI yang menikah dengan WNA maka warga negara Indonesia memiliki hak untuk mendapatkan tanah dengan sertifikat hak milik karena adanya pemisahan harta tersebut.
  • Mengenai kebutuhan anak akan jauh lebih terjamin karena utang dari salah satu pihaknya tidak akan memberikan pengaruh ke pihak lain.

Cara Membuat Surat Perjanjian Antara Suami dan Istri

Perihal isi paling inti dalam surat perjanjian antara suami dan istri itu sebetulnya hampir sama dengan beberapa kesepakatan lain. Namun mungkin saja akan ada perbedaan sedikit dan tentunya tidak boleh dilanggar oleh sema masing-masing. Berikut ini merupakan bentuknya:

  • Dalam poin persyaratan suami dan istri sebagai pasangan mampu menuliskan apa saja keinginannya. Kemudian hak beserta kewajiban yang perlu dipenuhi ketika masa perkawinan tengah berlangsung.
  • Agar bisa menghindari perselisihan dari ekonomi, langkah baiknya pasangan pun turut beserta menuliskan perihal pembagian harta ataupun hutang masing-masing. Dengan demikian mampu menghilangkan kewajiban nafkah dari suami kepada mantan istri.
  • Perihal merawat anak, tentu akan ada biaya-biaya yang akan ditanggung, semisal kesehatan ataupun pendidikan. Dalam surat perjanjian ini harus ada kesepakatan bersama di antara pasangan untuk bisa membuat tabungan bersama bagi masa depannya.

Itulah sekilas info tentang bagaimana cara pembuatan surat perjanjian di antara suami dan juga istri. Informasi hukum ini patut dipahami sebelum proses pernikahan berlangsung dan perlu diketahui oleh kedua belah.

By doni