Mon. Dec 5th, 2022

Cara Membuat Roti Pisang Coklat Keju, kamu kembali mencari gagasan olahan roti yang dipanggang buat kegiatan minggu ini? Yok dalami resep roti pisang dengan kombinasi coklat dan keju di bawah ini.

Saya tahu untuk yang hoby baking tentu selalu ingin berkreatifitas untuk isi waktu diakhir minggu.

Sama seperti dengan saya yang kebenaran punyai stock pisang Raja Nangka pemberian dari mertua. Kelihatannya pas nih kalau dibuat menjadi isian roti.

Kita tahu jika pembikinan roti itu cukup memerlukan waktu di saat resting adonan supaya megar. Keseluruhan waktu ini kali lebih kurang 150 menit dimulai dari pembikinan adonan sampai memanggang.

Jika disaksikan dari prosesnya sebetulnya tidak sulit. Saya pun tidak gunakan mixer dan milih gunakan hand whisk saja tetapi hasilnya masih tetap halus dan memiliki serat.

Di sini kita mengoseng pisang lebih dulu dengan margarin supaya wewangiannya makin keluar, renyah dan tidak begitu benyek.

Berkenaan adonan kuncinya berada pada ragi yang dipakai. Make sure untuk ragi memang sungguh masih aktif ya bun.

Bekasnya tinggal kita aduk-mengaduk bahan adonan dan uleni sesaat lalu resting selanjutnya uleni kembali kemudian resting kembali. Janganlah bingung ya, karena tahap demi tahapnya dapat kamu dalami berikut ini.

Jika adonan telah maka karena itu tinggal filling saja dengan pisang, selai coklat dan parutan keju. Resting dahulu agar megar lalu panggang hingga masak dech. Gampang kan?

Cara Membuat Roti Pisang Coklat Keju

Roti dengan isian pisang yang dipadankan bersama coklat dan keju yang dipanggang sampai halus, empuk dan memiliki serat. Bahan dan Bumbu

12 buah pisang (Raja Nangka, Ambon)

1 sdm margarin

350 g tepung terigu (protein tinggi)

200 mililiter susu cair

40 gr kental manis

20 gr gula pasir

6 gr ragi instant

1 butir telur

3 gr garam

40 gr margarin cair

Langkah Membuat Roti Pisang Coklat Keju

Lelehkan margarin di atas wajan lalu oseng pisang yang telah dikupas sekalian dibalik-balik sampai warna kecoklat-coklatan setiap seginya. Kerjakan untuk semuanya buah pisang lalu pinggirkan.

Persiapkan mangkok besar atau baskom lalu masukan susu cair, kental manis, gula pasir, ragi instant dan telur selanjutnya aduk sampai tercampur rata memakai hand whisk.

Tambah tepung terigu ke adonan lalu aduk memakai spatula sampai jadi adonan yang gampang dibuat.

Tambah garam dan margarin cair ke adonan lalu aduk kembali secara rata dan tidak ada minyak yang terendap.

Bulatkan adonan memakai tangan lalu istirahatkan sepanjang 20 menit sekalian ditutup dengan kain atau plastik wrap.

Membuka adonan lalu uleni atau bolak-balik memakai tangan sepanjang 1 menit. Kemudian istirahatkan sepanjang 20 menit sekalian ditutup kembali.

Membuka kembali adonan lalu uleni sepanjang 1 menit sampai halus dan memiliki serat. Kemudian oleskan adonan dengan minyak secara rata lalu istirahatkan sepanjang 1 jam sampai megar 2x lipat.

Membuka adonan lalu pukul-pukul untuk keluarkan udara yang ada di adonan.

Alihkan ke meja yang telah dialasi lalu potong jadi 12 sisi atau seberat 50 gr.

Bulatkan adonan yang telah dipotong lalu tutup dengan kain dan istirahatkan sepanjang 1 menit.

Mengambil adonan lalu gilas dengan rolling pin sampai gepeng dan rata. Berikan isian berbentuk pisang yang telah ditumis, selai coklat atau parutan keju.

Gulung adonan dan lipat untuk mengamankan isian roti. Sisi bawah adonan dikasih pola bolong-bolong memakai pisau lalu merapatkan kembali.

Atur adonan yang telah dikasih isian di atas loyang selanjutnya tutup dengan kain dan istirahatkan sepanjang 1 jam sampai megar 2x lipat.

Di saat ke 40 menit panasi oven dengan temperatur 200° api atas bawah.

Membuka kain lalu oleskan adonan dengan susu cair dan tabur dengan messes dan keju parut.

Masukan loyang ke oven lalu panggang dengan temperatur 180° api atas bawah sepanjang 20 menit sampai masak.

Angkat lalu mengeluarkan loyang dari oven dan roti pisang dengan coklat dan keju siap disajikan.

Panduan Mengolah :

Yakinkan memakai ragi yang aktif dan dilihat dengan menambahkan ragi sama air di gelas dan nantikan 5 menit sampai berbusa.

Yakinkan selalu untuk tutup adonan saat diistirahatkan supaya adonan tidak kering yang mengakibatkan roti tidak berhasil megar.

Pertanda adonan diuleni secara baik yakni teksturnya yang kalis dan tidak sobek saat diambil.

Demikian resep Cara Buat Roti Pisang yang khusus karena gunakan coklat dan keju hingga pas untuk jamuan tamu saat ada keluarga besar atau arisan.

Jika kamu ingin menjadikan resep ini sebagai gagasan berjualan bisa juga sekali kok! Tetapi, karena beberapa bahannya cukup spesial karena itu nilai jualnya sedikit tinggi dari roti pisang yang dipasarkan di beberapa warung, ya! Selamat mempraktikkan!

 

By roket