Cara Membangun Karakter Anak Yang Baik

Setiap anak membawa kepribadian yang berbeda dan unik. Kita tidak bisa menyamakan satu sama lain. namun kita sebagai orang tua, tetap bisa membentuk karakternya menjadi pribadi yang baik. orang tua, guru, saudara dan lingkungan memiliki peran penting dalam membangun karakter tersebut. kepribadian yang sudah ada bisa dibangun menjadi lebih baik lagi. berikut ini cara membangun karakter anak menjadi pribadi yang baik.

Jangan Suka Melabeli Anak

Banyak orang tua disekitar kita yang masih suka melabeli anak. Padahal ini tidak baik untuk perkembangan karakternya. Ini akan membuat anak percaya bahwa dia memang memiliki sifat seperti itu. Misalnya seperti kata anak nakal, kamu bodoh, anak keras kepala dan lainnya. melabeli anak akan membuat dia malas bereksplorasi dan menutup diri. Bahkan bisa membuat dirinya rendah diri. Oleh karena itu jangan suka melabeli anak, ucapkan dengan kata yang baik. bila anak salah, perbaiki kesalahannya bukan melabelinya.

Biarkan Anak Bermain

Masa anak-anak memang waktunya untuk bermain. Anda bisa membiarkan anak bermain sesukanya. Anda juga bisa bemain bersama anak-anak, ini akan menumbuhkan kedekatan dan kepercayaan diri anak. Pilihlah permainan yang bisa mengembangkan kepribadian dan keterampilannya. Jangan berikan anak mainan di gadget terus menerus. biarkan dia mengeksplor lingkungan sekitar. Sehingga fisik dan mentalnya berkembang dengan baik.

Jangan Membandingkan Anak

Jangan suka membandingkan anak, karena ini tidak baik untuk pertumbuhan karakternya. Entah itu membandingkan dengan saudara kandungnya, kerabat, teman atau tetangga lain. ini akan membuat rasa percaya dirinya turun dan berpikir bahwa dia tidak cukup baik. dia akan bingung dengan karakternya sendiri dan mulai meniru orang lain. anda harus memahami kepribadian anak, dengan begitu bisa membangun kepercayaan dirinya. Anda harus ingat, bahwa anak memiliki kepribadian yang berbeda dan unik.

Berikan Contoh Yang Baik

Anak-anak suka mencontoh atau meniru apa yang dilakukan orang tua dan lingkungan sekitarnya. Mereka akan belajar lebih cepat dengan melihat langsung contoh disekitarnya. Jika anda ingin membangun karakter yang baik, berikan contoh yang baik pula. Jadilah role model yang baik untuk anak anda. mulailah dari hal kecil. Seperti mengembalikan barang yang sudah dipakai ke tempatnya, bersikap ramah dengan tamu, mengucapkan terima kasih dan maaf serta lainnya. Dengan begitu anak akan mencontoh apa yang dilakukan orang tuanya.

Masih banyak cara membangun karakter anak yang baik. paling penting anda harus memahami kepribadian anak terlebih dahulu. Jangan tuntut dia untuk jadi seseorang yang seperti anda inginkan. Biarkan dia berkembang menjadi pribadi yang baik, anda hanya cukup membimbingnya saja. jadilah pendengar yang baik bagi anak, sehingga dia akan selalu merasa aman di rumah.