Mon. Feb 6th, 2023

Dulu beroleh tagihan PDAM yang tiba-tiba membengkak? Rasanya pasti kesal karena harus mengeluarkan uang untuk perihal yang tidak diprediksi sebelumnya.

Hal ini sebenarnya tidak harus berjalan kembali di era depan, asalkan Toppers memahami langkah gunakan air yang benar.

Selain dapat menghemat ongkos tagihan air PDAM, dengan menghemat air, kamu juga berkontribusi melestarikan sumber kekuatan alam yang terlampau bernilai ini.

Cara menghemat air tidak sulit, kok. Kamu juga tidak harus alat-alat yang canggih untuk menghemat air. Jika kamu mendambakan menghemat air, kuncinya tersedia pada model hidup yang tepat dengan menggunakan Water Meter Amico.

Masih bingung? Kalau begitu, yuk, kita menyaksikan 20 tips kreatif untuk menghemat air tersebut ini.

 

1. Ganti Bak dengan Ember

Banyak tempat tinggal tangga gunakan bak mandi untuk menampung air. Masalahnya, saat tengah isikan air seringkali orang lupa mematikannya.

Akibatnya air banyak mengalir terbuang ke selokan. Untuk menyiasati perihal ini caranya mudah.

Toppers dapat tampung air di ember kecil. Jadi, keran baru dibuka saat Toppers senang mandi atau keperluan MCK lainnya.

 

2. Daur Ulang Air Bekas Cucian

Daur kembali di sini maksudnya bukan produksi air kotor menjadi air bersih dengan bantuan filter, Toppers.

Namun, dengan gunakan air bekas untuk keperluan lain. Contohnya air cucian busana bilasan cucian piring dapat kita tampung dan gunakan untuk keperluan lain layaknya menyiram toilet.

 

3. Matikan Keran Saat Mencuci Tangan

Saat tengah menggosok tangan dengan sabun, kamu nggak butuh air, kan? Hemat air selagi membersihkan tangan dengan menutup keran selagi menyabuni tangan, dan membukanya saat mendambakan membilas.

 

4. Gunakan Gayung untuk Menyiram

Asal memahami saja, volume air yang dikeluarkan selagi kamu menekan tombol flush seringkali jauh lebih banyak daripada yang dibutuhkan.

Untuk menghemat air, lebih baik gunakan gayung untuk menyiram. Saat kamu terburu-buru, barulah gunakan flush untuk menyiram toilet.

 

5. Matikan Keran Saat Menyikat Gigi

Fakta membuktikan, kebayakan orang menggosok gigi dengan posisi keran terbuka. Jangan biarkan seluruh air mengalir percuma selagi kamu menyikat gigi. Buka dan matikan keran air seperlunya saja.

 

6. Cek dan Perbaiki Pipa yang Bocor

Kamu sudah berusaha untuk hemat tetapi tagihan air PDAM tetap tinggi? Jangan-jangan tersedia pipa air yang bocor.

Cobalah memanggil tukang ledeng untuk memeriksa seluruh pipa air di tempat tinggal kamu. Memperbaiki pipa atau keran air yang bocor dapat banyak menghemat air, lho Toppers.

 

7. Gunakan Air Sisa Masak untuk Menyiram Tanaman

Selesai memasak makanan, jangan langsung melenyapkan air sisa yang tidak terpakai. Sebab, air tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan lain layaknya menyiram tanaman.

Daripada gunakan air bersih untuk menyiram tanaman, lebih hemat kalau kamu gunakan air bekas masak.

 

9. Pilih Perlengkapan Rumah Tangga Hemat Air

Gunakan peralatan tempat tinggal tangga yang sebenarnya hemat air. Contohnya layaknya mesin cuci, atau pipa air dengan kualitas lebih baik.

Kamu sebenarnya bakal menginvestasikan uang lebih banyak. Tapi, yakin deh Toppers, di kemudian hari pengeluaranmu menjadi lebih sedikit.

 

8. Pergi ke Tempat Cuci Mobil

Jika kamu mulai harus membersihkan mobil, bawalah ke tempat cuci mobil daripada kamu membersihkan di tempat tinggal gunakan selang.

Cara ini jauh lebih hemat ketimbang kamu gunakan air PDAM yang harganya lebih mahal.

 

10. Panen Air Hujan

Kamu tinggal di Indonesia, negara dengan curah hujan yang terlampau baik. Kamu dapat gunakan air hujan untuk keperluan di luar mandi cuci kakus, Toppers. Contohnya layaknya membersihkan kendaraan, menyiram tanaman dan lain sebagainya.

Untuk memanen air hujan, kamu cuma harus tong air besar yang ditaruh di halaman. Buka tong tersebut selagi hujan, dan tutup saat hujan reda untuk menghindari nyamuk bertelur. 

By roket