Mon. Feb 6th, 2023

Kambing boer merupakan salah satu jenis kambing pedaging yang sangat dikenal peternak di seluruh Indonesia. Tapi, Kambing Boer bukan berasal dari Indonesia, melainkan asli dari Afrika Selatan. Namun, nama Boer sendiri berasal dari bahasa Belanda yang berarti petani. Ini karena peternak Belanda pertama kali memelihara sapi Boer ini di Afrika Selatan. Trah ini sangat terkenal, terkenal dengan sifatnya yang ramah dan lucu. Sosoknya hampir seperti kambing, siap untuk berperang. Tubuhnya yang besar dan berotot menciptakan penampilan seekor kambing raksasa. Mamalia ini sangat lembut dan aman di dekat anak-anak, serta mudah dirawat. Sistem kekebalan tubuhnya yang kuat membuat kambing ini sangat sulit untuk sakit. Kambing Boer mampu bertahan pada suhu yang sangat dingin, seperti suhu di bawah -24 derajat Celcius dan suhu tinggi 42 derajat Celcius atau lebih, sehingga sangat cocok untuk dibudidayakan di semua area.

 

Anda akan sangat mudah mengenalinya sebagai Kambing Boer karena ciri khasnya. Ia memiliki bentuk tubuh yang lebar, dengan panjang dan lebar yang seluruhnya ditutupi dengan bulu dan kulit berwarna putih. Kambing ini hadir dengan keunikan kepala yang persis seperti warna coklat kemerahan, telinga panjang yang menjuntai ke bawah, dan hidung yang memanjang. Kambing Boer ini berkaki besar dan pendek. Mantel coklat dan kulit di kepala berfungsi untuk melindungi dari panas matahari langsung yang dapat menyebabkan kanker kulit. Salah satu ciri kambing Boer adalah mereka suka berjemur dan bermain di padang rumput terbuka. Kambing Boer adalah jenis yang bagus. Kambing Boer adalah salah satu kambing yang tahan cuaca apapun, dan mahir dalam beradaptasi dengan kondisi yang berbeda seperti di lereng gunung berbatu dan padang rumput. Makanan kesukaan Kambing Boer adalah daun-daunan.

 

Kambing Boer jantan memiliki tubuh fisik yang kuat dan tegap, mulai dari bahu hingga punggung yang dipenuhi otot dan daging. Sebagai induk yang unggul, kambing Boer jantan itu mampu mengawini 30 sampai 40 ekor betina dan kawin setiap bulannya. Jantan mulai aktif kawin sekitar umur 7-8 bulan. Karena itu, perputaran garis keturunannya cukup cepat. Selain itu, Kambing Boer Betina di bagian kepala dan leher tampak lebih ramping. Induk betina tercantik dapat dikawinkan pada umur 10-12 bulan, sesuai dengan berat badannya. jarak kehamilan adalah 5 bulan. Dalam 2 tahun betina dapat memiliki anak minimal 3 kali. Seumur hidupnya, ia diyakini akan melahirkan anak sebanyak 6 hingga 12 kali karena masa produktifnya bisa bertahan hingga 5-8 tahun.

 

Harga kambing boer mahal, harga kambing dewasa bisa mencapai Rp. 9 juta menjadi Rp. 12 juta, dalam rentang usia satu tahun hingga 2 tahun. Prospeknya menarik bagi Anda yang ingin memulai bisnis peternakan kambing. Seekor kambing Boer terus-menerus dibeli karena jumlah dagingnya lebih tinggi dari rata-rata kambing, Raja negeri itu. Daging adalah istilah yang perlu diberikan pada kambing Boer ini. Harga didasarkan pada kualitas apa yang terbaik yaitu broiler.

 

Di musim Kurban, Kambing Boer banyak diminati saat Kurban. Kambing Boer seri F sangat diminati oleh beberapa organisasi untuk kurban karena daging yang mereka panen sangat tinggi. Kambing Boer ini merupakan salah satu jenis kambing yang paling populer untuk dijadikan kurban. Selama masa Qurban, harga kambing jantan Boer F2 mencapai Rp. 12 juta per ekor. Ini adalah harga yang sangat mahal untuk kambing pedaging pada umumnya. Daging yang dihasilkan kambing ini bisa berkisar antara 40 hingga 50 persen dari bobot tubuhnya.

 

Selain itu, tujuan utama dari peternakan Kambing Boer adalah untuk produksi daging, yaitu untuk memenuhi kebutuhan pasar akan daging. Permintaan untuk membeli Kambing Boer selalu ada karena kuantitas dan kualitas dagingnya disukai konsumen. Hal ini sangat disarankan bagi mereka yang ingin memulai perusahaan peternakan kambing yang berkonsentrasi pada produksi daging sapi untuk memilih Kambing Boer untuk dikembangbiakkan. Mereka menghasilkan putaran cepat dan nilai jual untung tinggi.

 

Kambing Boer memiliki bentuk tubuh yang unik yaitu memanjang. Peternak mana yang tidak tertarik dengan peternakan kambing boer? Khususnya perawatan dan pemberian asupan pakan yang ditambahkan dalam pakan akan mempercepat penggemukan kambing Boer. Beternak kambing Boer sangatlah mudah karena Anda hanya perlu fokus pada porsi pakan yang Anda berikan dan kesehatan lingkungan Anda. Pertumbuhan kambing Boer ini terbilang cepat karena baru berumur 5-6 bulan. Sekarang sudah bisa naik 35-45 kg.

By roket