Mon. Feb 6th, 2023

Berikut Ini Merupakan Jenis Jenjang Pendidikan Menengah Atas

 

Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah jenjang pendidikan menengah pada pendidikan formal di Indonesia setelah lulus dari sekolah menengah pertama. Program SMA berlangsung selama 3 tahun, dimulai dari kelas 10 sampai dengan kelas 12.

Cek Juga SMA Di Bali

Bagi siswa yang telah menamatkan sekolah menengah pertama (SMP), mungkin bingung memilih SMA mana untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Ada 10 tips memilih SMA yang tepat, namun sebelumnya kita juga perlu mengetahui jenis SMP.

 

Tipe Sekolah Menengah

Ada dua jenis sekolah menengah yang bisa menjadi pilihan setelah sekolah menengah pertama (SMP), yaitu sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) (SMK).

 

A. Sekolah Menengah Atas (SMA)

Sekolah Menengah Atas biasanya mengutamakan penyiapan siswa untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi atau universitas tertentu.

Ada tiga program pengajaran SMA (jurusan), yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Bahasa. Masing-masing program ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa memasuki perguruan tinggi yang terkait dengan program tersebut.

Program Pengetahuan Alam (IPA) bertujuan untuk mempersiapkan siswa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi terkait IPA. Sementara itu, Program IPS bermanfaat untuk mempersiapkan mahasiswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang berkaitan dengan IPS.

Kemudian, bahasa berguna untuk mempersiapkan siswa memasuki pendidikan tinggi yang berkaitan dengan Sastra.

 

B. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah jenis sekolah menengah atas yang bertujuan untuk:

Mampu mempersiapkan peserta didik memasuki dunia kerja dan mengembangkan sikap profesional.

Mempersiapkan siswa untuk memilih karir.

Dapat menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah dan mengisi kebutuhan dunia usaha.

Siswa yang nantinya belajar di sekolah menengah kejuruan lebih dibekali keterampilan untuk memasuki dunia kerja.

SMK memiliki jurusan yang lebih beragam dibandingkan SMA. Ada beberapa sekolah menengah kejuruan yang khusus mempelajari ilmu teknik, pertanian, ilmu kelautan, ilmu farmasi, dan lain-lain.

 

Tips Memilih SMA yang Tepat dan Tepat

Dalam memilih SMA, ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih kelas SMA terbaik.

 

1. Memahami Jurusan di SMA

Sebelum kamu menentukan SMA terbaik yang ingin kamu masuki, pahami dulu jurusan yang ada di SMA. Ini penting karena di SMA tentunya tidak ada jurusan kuliner, tata rias, administrasi, atau lainnya.

Jurusan yang sudah ada di SMA seperti IPA, IPS, atau bahasa. Jika ingin masuk kelas unggulan di SMA, Anda harus mempersiapkan diri untuk memilih salah satu jurusan tersebut.

 

2. Faktor Lokasi

Lokasi juga menjadi salah satu pertimbangan Anda dalam memilih SMA yang tepat. Hal ini berkaitan dengan sarana transportasi untuk pergi dan pulang sekolah.

Jika Anda memilih SMA di luar kota, maka Anda harus mempertimbangkan tempat tinggal, apakah itu kost atau tinggal di rumah kerabat.

 

3. Fasilitas Bakat dan Minat

Anda juga perlu mengasah soft skill, pilihlah SMA yang memberikan fasilitas bakat dan minat yang sesuai dengan kemampuan Anda.

 

4. Ekstrakurikuler

Selain fasilitas bakat dan minat, kamu juga perlu memperhatikan ekstrakurikuler di SMA. Siapa tahu dengan kegiatan ekstrakurikuler, kamu bisa mendapatkan berbagai prestasi tambahan lainnya.

 

5. Persiapkan Mental

Banyak yang bilang, SMA itu paling indah, kata-kata seperti ini bisa jadi ada benarnya. Sebagai siswa SMA, selain harus berhadapan dengan berbagai rutinitas belajar, Anda juga akan menghadapi berbagai pengaruh dari lingkungan sekitar.

Oleh karena itu, persiapkan diri Anda untuk menghadapinya, bijaklah dalam memilih pergaulan dan aktivitas. Jika tidak mendukung proses pembelajaran, maka sebaiknya dihindari.

 

6. Jenis pekerjaan yang ingin Anda pilih

Masih berkaitan dengan tips sebelumnya yaitu mengetahui jenis pekerjaan atau profesi apa yang ingin Anda jalankan kedepannya. Jika ingin menjadi seorang dokter, tentunya SMA jurusan IPA adalah pilihan yang paling tepat.

 

Lain halnya jika Anda ingin menjadi seorang ahli akuntansi, maka jurusan IPS cocok untuk Anda pilih.

By roket