Beberapa manfaat tanaman bangle

Sebagai campuran dalam minyak astiri

Beberapa komponen aktif ditemukan di dalam tanaman ini. Salah satunya berupa minyak astiri yang mengandung terpenoid. Minyak ini memiliki sifat antioksidan dan anti-peradangan, juga berpotensi sebagai obat cacing karena memiliki sifat anthelmintik.

Mengatasi Sakit Perut

Mengalami sakit perut bisa membuat siapa saja menjadi sangat tidak nyaman dan sulit untuk melakukan aktivitas secara normal dan tenang. Kondisi sakit perut bisa terjadi karena banyak hal seperti mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Anda bisa mengatasi perasaan sakit perut yang mengganggu dengan memanfaatkan campuran rimpang bangle dan rimpang jahe yang sudah diparut.

Campurkan parutan rimpang jahe dan bangle ke dalam satu gelas air bersih, lalu tambahkanlah perasan air jeruk nipis dan satu sendok makan madu, aduk hingga merata. Minumkan larutan campuran ini secara rutin hingga rasa sakit perut mereda.

Obat demam

Kandungan yang menghasilkan rasa pedas dalam rimpang bangle dipercaya dapat menghangatkan tubuh dan mengatasi demam. Caranya dengan merebus 20 gram rimpang bangle yang telah diparut dan telah dicuci bersih dengan 1 gelas air, tambahkan perasan 1 buah jeruk nipis dan 1 sendok makan madu lalu minum sebanyak 2 kali sehari.

Cara mengolah bangle lainya kamu bisa langsung menyedu dengan air panas setelah di kupas.

Sakit kepala

Untuk menggunakan manfaat tanaman herbal bangle dalam mengatasi sakit kepala, caranya agak berbeda, bangle dijadikan krim dengan menghaluskan bangle dan mencampurnya dengan sedikit air hingga membentuk krim dan dipijatkan di bagian kepala yang terasa sakit. Cara ini tidak memberikan khasiat tertentu bagi tubuh, namun rasa hangat yang dihasilkan oleh bangle akan membuat otot menjadi rileks dan mengurangi sakit kepala.

Sebagai Obat Cacingan

Penyakit cacingan bisa menyerang siapa saja dan kondisi cacingan tersebut harus dengan cepat diatasi. Salah satu cara terbaik untuk mengatasi cacingan adalah dengan menumbuk bangle secukupnya, lalu tambahkan sedikit ketumbar dan beberapa lembar daun sirih. Campurkan adonan ke dalam air lalu rebuslah air tersebut hingga mendidih. Saring terlebih dahulu air campuran lalu minum selagi masih hangat.

Sebagai penekan kerusakan hati

Ekstrak bangle juga berpotensi menjadi pilihan untuk dijadikan obat kerusakan hati. Senyawa bioaktif kurkumin dan kasumunin ternyata mampu menekan kerusakan hati. Hal ini ditandai dengan menurunnya kadar SGOT dan SGPT keduanya merupakan enzim yang akan hadir jika sel-sel dalam hati mengalami kerusakan.Studi mengenai khasiat bangle ini baru dilakukan pada tikus. Karena itu, masih perlu riset lebih lanjut untuk memperkuat temuan ini. Diharapkan, penelitian pada manusia bisa dilakukan guna hasil yang lebih optimal. Beberapa manfaat tanaman bangle.

By laurel