Mon. Aug 8th, 2022

Sebuah pesta pernikahan sudah pasti kurang komplet tanpa cincin. Awalnya kamu coba memahami dengan tips daftar persiapan pernikahan.

Arti Cincin Untuk Sebuah Hajatan Pernikahan

Cincin kawin sebetulnya bukan cuma untuk pengikat untuk pasangan yang telah dalam jalinan pernikahan. Bukan sebagai lambang atau perhiasan yang dapat semaunya dilepaskan demikian saja.

Budaya Dalam Penggunaan Cincin Pernikahan

Riwayat memakai cincin diawali semenjak 4800 tahun lalu. Ada banyak budaya yang tersebar dalam penggunaan cincin nikah ini. Apa sajakah? Baca di bawah ini.

  1. Budaya Mesir

Mesir kuno dan bangsa Romawi sudah terlebih dahulu menggunakan cincin nikah di jemari manis tangan kiri. Filosofi cincin di jemari manis ini, karena dipercaya karena ada pembuluh darah yang sejajar dengan letak jantung.

  1. Budaya Cina

Di Cina cincin nikah ditempatkan di jemari manis tangan kiri. Dalam budaya ini tiap jemari mempunyai makna dan pertandaan tertentu yang berbeda.

  1. Budaya Yunani

Budaya Yunani berpedoman penempatan cincin yang berbeda dengan bangsa Mesir kuno atau Romawi. Di Yunani saat sebelum menikah cincin nikah ditempatkan di jemari samping kiri, tetapi apabila sudah usai upacara pernikahan karena itu dipindah ke tangan kanan.

  1. Budaya Yahudi

Berlainan dengan budaya yahudi, mengikat pasangan dengan cincin untuk digunakan di jemari telunjuk sepanjang upacara pernikahan. Kemudian karena itu cincin itu akan dipindah ke jemari manis.

  1. Budaya Indonesia

Indonesia sendiri lebih ikuti budaya Yunani. Yakni, cincin pertunangan di jemari manis kiri lalu cincin nikah di jemari samping kanan. Atau bahkan juga ada pula yang kebalikannya, yang ikuti bangsa Mesir kuno dan Romawi.

Arti Cincin Pernikahan Yang Keramat

Berkenaan wujud dan penempatan cincin di jemari manis terdapat arti yang cukup dalam. Apa arti dari sebuah cincin nikah.

  1. Wujud Lingkaran

Wujud lingkaran ini diputuskan pasti bermakna tertentu. Lambang cincin nikah yang berwujud lingkaran, mengisyaratkan sebuah jalinan yang tak pernah usai.

  1. Lambang Untuk Sama-sama Terlilit

Arti dari sebuah cincin nikah itu ialah lambang untuk sama-sama mengikat dan terlilit. Maknanya, kamu dan pasangan sudah diikat dalam loyalitas dan mengikat kalian untuk selalu setia pada loyalitas itu.

  1. Pertandaan Cinta

Arti cincin dalam perkawinan itu ialah pertandaan dari kemampuan cinta. Batu mulia dan emas diputuskan sebagai bahan intinya bukan tanpa argumen. Memiliki arti tidak ada yang dapat memutus cinta di antara kamu dan pasangan seperti batu mulia yang kuat dan keras.

  1. Pengingat Diri

Untuk terawatnya loyalitas dan cinta perlu kesetiaan yang kuat. Kemungkinan ada satu waktu kamu lakukan tindakan yang hendak membuat pasanganmu bersedih. Karena ada cincin nikah karena itu kamu dapat untuk selalu ingat loyalitas diri dan pasangan dalam pernikahan.

Arti yang terdapat di dalam cincin nikah ialah pertandaan cinta yang kuat dan besar. Cari info melalui tips daftar persiapan pernikahan yang bagus dan terbaik buat kamu.

By Drajad