Mon. Aug 8th, 2022

perbandingan tcp dan udp

Belajar tentang Perbandingan TCP dan UDP serta Penjelasannya Secara Lengkap yang hendak kami ulas di halaman ini. apabila dilihat kedua protokol tersebut bersama buat melakukan komunikasi, yang jadi pembeda ialah dari sisi orientasinya saja. Apabila TCP berorientasi pada koneksi, tidak sama halnya dengan UDP yang yakni protokol Internet tanpa koneksi yang lebih sederhana di mana pengecekan kesalahan dan layanan pemulihan tidak dibutuhkan. Kalian yang belum menguasai apa itu TCP dan UDP pasti kebingungan apa perbandingan dari 2 protokol komunikasi tersebut, kami hendak menarangkan sepenuhnya.

Pengertian UDP?

User Datagram Protocol( UDP) ialah protokol Internet tanpa koneksi yang lebih sederhana di mana pengecekan kesalahan dan layanan pemulihan tidak perlu dicoba. Dengan UDP, tidak ada resource bonus buat membuka koneksi, memelihara koneksi, maupun mengakhiri koneksi; data terus dikirim ke penerima, apakah mereka menerimanya maupun tidak.

Meski UDP tidak sempurna buat mengirim email, memandang halaman web, maupun mengunduh file, UDP lebih disukai buat komunikasi waktu nyata semacam transmisi jaringan streamming ataupun televisi.

Contoh Kasus TCP dan UDP?

Contoh pendek buat memahami perbandingan dengan jelas. Misalkan ada 2 rumah, RUMAH A dan RUMAH B dan pesan harus dikirim dari RUMAH A ke RUMAH B. Namun ada sungai di antara kedua rumah itu. Dikala ini gimana kita bisa mengirim pesan itu?

Pemecahan 1: Buat jembatan di atas sungai dan sehabis itu bisa diantar.

Pemecahan 2: Dikirimkan melalui burung merpati.

Pertimbangkan pemecahan dini sebagai TCP. Koneksi harus dibuat( jembatan) buat mendapatkan data( pesan) yang dikirimkan. Data tersebut dapat diandalkan karena hendak langsung mencapai ujung yang lain tanpa kehilangan data maupun kesalahan.

Dan pemecahan kedua ialah UDP. Tidak diperlukan koneksi maupun jembatan buat mengirim data. Prosesnya lebih kilat dibandingkan dengan TCP, di mana kita perlu mengatur koneksi( jembatan). Tetapi datanya tidak dapat diandalkan. Kita tidak menjamin apakah burung merpati hendak berangkat ke arah yang benar, maupun hendak menjatuhkan pesan di jalan, maupun ada kasus yang dirasakan di tengah ekspedisi. jenis

Kesimpulan

Sehabis menekuni Perbandingan antara TCP dan UDP, jelas jika apa pula yang mengenakan komunikasi virtual dapat memperoleh banyak manfaat dari UDP. UDP tidak hanya menghindari jebakan transport dan tabrakan data yang umum dengan TCP, tetapi pula menawarkan kecepatan luar biasa buat segala kebutuhan streaming. Kebalikannya pada TCP, protokol ini lebih cocok buat jenis komunikasi yang dapat diandalkan misalnya Video Call.

Nah demikianlah penjelasan mengenai Perbedaan TCP dan UDP serta Penjelasannya mudah- mudahan dapat membantu teman teman segala.