Apa Itu Espresso Coffee?

Espresso coffee adalah kopi yang dibuat dengan menyemprotkan air bersuhu tinggi dan bertekanan tinggi ke atas bubuk kopi. Nama espresso berasal dari bahasa Italia yang artinya express atau cepat. Kopi espresso hanya disajikan dalam gelas kecil 30-45 ml dengan crema  khas di atas permukaan kopi.

Awal Mula Espresso Coffee

Popularitas espresso bermula dari maraknya kedai kopi yang ada di dunia (khususnya Eropa). Pelanggan harus mengantri untuk memesan kopi di kedai kopi karena proses penyeduhan kopi yang memakan waktu cukup lama.

Orang-orang kemudian mulai mencari solusi untuk masalah ini. Seorang pria bernama Angelo Moriando dari Turin, Italia menemukan sebuah mesin seduh pembuat kopi. Kemudian, ia mengajukan hak paten mesin yang disebut new steam machinery for the economic and instantaneous confection of coffee beverage.

Mesin buatan Moriondo ini merupakan pionir mesin espresso modern yang ada saat ini. Orang-orang seperti Desiderio Pavoni, Luigi Bezzerra, Achille Gaggia, dan lainnya yang kemudian mengubah mesin ciptaan Moriondo menjadi mesin espresso modern yang lebih praktis.

Kemunculan kopi espresso menjadi dorongan atas awal kemunculan varian minuman kafe modern. Rasa pahit dan rasa espresso yang kuat membuat orang memodifikasinya. Hasilnya, lahirlah minuman espresso yang dicampur dengan susu steamed, seperti mocaccino, latte, cappucino, dll.

Cara Membuat Kopi Espresso

Untuk membuat kopi espresso yang enak, bubuk kopi harus disemprot dengan suhu air 90-98 °C dan tekanan tinggi 4-9 bar. Volume satu cangkir espresso single shot biasanya sekitar 30-45 mililiter. Sebanyak 12-18 gram bubuk kopi dipadatkan dengan portafilter. Jika dibuat dengan benar, secangkir espresso akan memiliki lapisan busa emas yang disebut crema.

Kopi espresso juga hadir dalam berbagai ukuran dan bukan hanya one shot saja. Pertama, ada double shot atau doppio yang merupakan dua kali semburan espresso. Doppio biasanya memiliki takaran 60ml dalam satu cangkir.

Selain one shot, minuman ini juga hadir dalam berbagai ukuran. Pertama, ada double shot, atau doppio, yaitu dua kali semburan espresso. Doppio biasanya memiliki takaran 60 ml dalam satu cangkir. Ristretto adalah varian lain yang hanya berukuran setengah dari espresso jadi hanya sekitar 15 ml.

Tidak ada ketentuan biji kopi apa yang diperlukan untuk membuat minuman kental ini. Anda dapat bereksperimen sendiri baik itu menggunakan house blend ataupun single origin. Namun, kebanyakan orang suka lebih suka berkreasi dengan menggunakan pilihan biji kopi terbaik baik itu satu jenis saja atau dicampur agar rasanya lebih kaya.

Apabila anda ingin mencoba espresso coffee yang lebih praktis, bisa mencoba mesin dan kapsul kopi dari Nescafe Dolce Gusto. Proses pembuatannya sangat mudah dengan cita rasa dan aroma yang khas. Nescafe Dolce Gusto telah melewati proses medium roast yang sempurna.