Wed. Jan 19th, 2022

Banyak memiliki follower merupakan tanda positif untuk suatu account sosial media bisnis atau merek. Dengan adanya banyak follower, karena itu memiliki arti lingkup audiens dari account merek Anda pun makin meluas.

Tetapi berapa banyak juga follower account Anda, tidak ada maknanya bila Anda gagal membuat relasi dan interaksi yang bagus sama mereka. Lalu bagaimanakah cara ketahui tingkat kesuksesan account Anda dalam berinteraksi dengan audiens? Jawabnya dengan memakai metrik engagement rate.

Engagement rate sebagai salah satunya metrik yang terpenting untuk jadi perhatian dalam menjalankan sosial media marketing. Tanpa pengukur tingkat engagement, akan cukup susah untuk Anda untuk meningkatkan taktik Anda dalam membuat interaksi dengan follower Anda.

Untuk membantu Anda mempunyai pengetahuan lebih bagus sekitar metrik engagement rate, di artikel ini kami akan mengikutkan beberapa ulasan berkaitan hal -hal tersebut.

Apa Itu Engagement Rate?

Engagement rate ialah sebuah metrik atau formulasi yang menghitung rasio interaksi yang didapatkan oleh content tertentu dalam jumlah reach atau jangkauannya. Interaksi dalam konteks ini bisa berbentuk reactions, likes, komentar, membagi content, simpan content, direct message, mentions, dan ada banyak lagi.

 

Metrik Engagement yang Paling Umum

Beberapa metrik yang dapat digunakan sebagai referensi engagement account atau content Anda sudah sedikit disinggung di atas. Untuk lebih detilnya, berikut sejumlah metrik yang lain yang dapat digunakan untuk menghitung interaksi di antara merek dan audience-nya.

Reactions

Likes

Komentar

Shares

Saves

Direct messages

Mentions

Click

Retweet

Call

Texts

Sticker taps

E-mail

Memakai branded hashtags

 

Tersedianya tiap feature interaksi di atas akan tergantung pada masing-masing basis sosial media yang dipakai. Misalkan saja, retweet sebagai hubungan yang khusus ada di Twitter saja, begitu juga dengan sticker taps yang disebut feature dari Instagram.

 

3 Langkah Hitung Engagement Rate

Seperti sudah disinggung awalnya, ada beberapa langkah untuk hitung engagement rate pada account sosial media. Tiap hitung engagement rate ini dapat Anda pakai sesuai arah khusus dari media sosial pemasaran Anda.

1. Engagement Rate by Reach (ERR)

Engagement rate by reach (ERR) ialah langkah yang terpopuler dalam menghitung engagement rate. ERR menghitung prosentase dari orang yang berinteraksi dengan content Anda berdasar dari jumlahnya reach dari content itu. Anda dapat memakai rumus engagement rate ini untuk menghitung rasio interaksi pada satu posting.

 

ERR = keseluruhan interaksi per posting / reach per posting x 100

 

Untuk cari nilai rata-rata dari beberapa posting, pakai rumus ini.

 

Average ERR = keseluruhan ERR / keseluruhan posting

 

2. Engagement Rate by Post (ERP)

Secara tehnis, rumus ini menghitung interaksi follower pada posting tertentu. Metrik ini nyaris sama dengan ERR, tetapi ERP memakai posting sebagai patokan pengukurnya, bukan reach sebagaimana pada ERR. Berikut rumus yang dipakai dalam mengalkulasi ERP.

 

ERP = Keseluruhan interaksi pada suatu posting / Keseluruhan follower *100

 

3. Daily Engagement Rate (Daily ER)

Ada baiknya untuk Anda untuk mengetahui berapa sering follower Anda berinteraksi dengan account Anda sehari-harinya. Dengan menghitung Daily ER, Anda kemungkinan bisa menemukan jika ada beberapa hari tertentu di mana follower Anda lebih aktif berinteraksi dengan account Anda, dan bisa lakukan penyesuaian strategi berdasar penemuan itu. Untuk hitung Daily ER, pakai rumus ini.

 

Daily ER = Keseluruhan interaksi sehari / Keseluruhan follower *100

 

Pakai rumus di bawah bila Anda ingin ketahui rata-rata engagement yang Anda terima tiap harinya.

 

Average Daily ER = Keseluruhan interaksi untuk X hari / (X hari * follower) *100

 

Janganlah lupa untuk memperhatikan factor frekuensi posting Anda sehari-harinya dalam 1 minggu atau bulan dalam menghitung Daily ER.

Mengetahui bagaimana kondisi engagment rate dari konten social media yang anda miliki tentunya akan mempermudah anda untuk melakukan strategi konten kedepannya. Jika anda masih kekurangan waktu dalam hal konten, mungkin ada baiknya dengan social media agency terdekat di kota anda.