Thu. Sep 29th, 2022
Domain names dan ICANN

Di halaman ini, kita akan membahas nama domain fungsinya, dan perannya dalam internet, juga kita akan berbicara tentang ICANN, organisasi yang bertanggung jawab atas akreditasi pendaftar untuk menjual nama domain.

Adapun biasanya nama domain premium biasanya sudah di beli untuk di jual kembali, untuk itu jika menginginkan nama domain yang bagus pastikan untuk menjari tempat jual beli domain terpercaya.

Definisi Domain names

Domain names atau Nama domain adalah string identifikasi yang mendefinisikan wilayah otonomi administratif, otoritas atau kontrol dalam Internet. Lebih khusus lagi, nama domain adalah nama situs web Anda dan merupakan alamat di mana pengguna Internet dapat mengakses situs web Anda.

Nama domain dapat berupa kombinasi huruf dan angka apa saja, dan dapat digunakan dalam kombinasi berbagai ekstensi nama domain, seperti .com, .net, dan lainnya seperti yang dapat kita lihat pada gambar.

Nama domain harus didaftarkan sebelum Anda dapat menggunakannya. Setiap nama domain adalah unik, dan tidak dapat digunakan untuk mengidentifikasi lebih dari satu situs web secara bersamaan.

Harga nama domain biasanya berkisar antara $15-25 per tahun.

…Mengapa menggunakan nama domain?

Nama domain digunakan untuk menemukan dan mengidentifikasi komputer di Internet. Komputer menggunakan alamat IP, yang merupakan rangkaian angka. Namun, sulit bagi manusia untuk mengingat deretan angka. Karena itu, nama domain dikembangkan dan digunakan untuk mengidentifikasi entitas di Internet daripada menggunakan alamat IP.

Contoh nama domain

Dalam daftar di bawah ini Anda dapat menemukan beberapa contoh nama domain yang saat ini digunakan.

Apa itu ICANN

ICANN adalah singkatan dari “Internet Corporation of Assigned Names and Numbers”. Tujuan ICANN adalah untuk mengawasi penetapan penomoran IP, sistem nama domain, dan untuk mengatasi masalah resolusi kepemilikan nama domain untuk gTLD.

ICANN adalah perusahaan nirlaba publik yang terdaftar di California yang telah menetapkan kebijakan untuk Domain Name System (DNS) global sejak tahun 1998. ICANN beroperasi di bawah kontrak dari Administrasi Telekomunikasi dan Informasi Nasional Amerika Serikat (NTIA), bagian dari Departemen Perdagangan. Sejak 2016, secara resmi independen dari pemerintah AS. Dengan nama yang berbeda, Internet Assigned Numbers Authority (IANA), ICANN juga memelihara registri yang berisi basis data DNS root dan berbagai protokol Internet dan penetapan nomor lainnya.

By arief